Kagami mochi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kagami mochi

Kagami mochi (鏡餅?, arti harfiah: mochi cermin) adalah hiasan tahun baru Jepang berupa mochi yang dijadikan sajen untuk dewa tahun yang merangkap dewa padi-padian. Kagami mochi biasanya terdiri dari dua mochi berbentuk bundar. Mochi berukuran lebih kecil berada di atas mochi berukuran lebih besar.

Kagami mochi diletakkan di atas nampan yang disebut sanpō (三宝?). Kertas alas mochi berupa kertas putih dengan tepian berwarna merah yang disebut shihō beni (四方紅?). Di atas mochi yang berukuran lebih kecil diletakkan daidai (sebuah jeruk pahit) berikut daunnya.[1]

Makanan ini diberi nama kagami mochi karena berbentuk bundar mirip cermin dari perunggu yang juga digunakan dalam upacara keagamaan di Jepang. Hiasan tahun baru Jepang berupa kagami mochi, jeruk pahit daidai dan kesemek kering merupakan perlambang dari Tiga Mustika Suci Kekaisaran Jepang. Kagami mochi melambangkan cermin Yata no Kagami; jeruk pahit daidai melambangkan permata Yasakani no Magatama, dan kushigaki (setusuk kesemek kering) dipakai sebagai perlambang pedang Kusanagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "鏡餅". Digital Tamagoya. Diakses 2012-12-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]