Kabhi Khushi Kabhie Gham...

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kabhi Khushi Kabhi Gham)
Langsung ke: navigasi, cari
Kabhi Khushi Kabhie Gham...
KabhiKhushiKabhiGham Poster.jpg
Sutradara Karan Johar
Produser Yash Johar
Cerita Karan Johar
Pemeran Amitabh Bachchan
Jaya Bachchan
Shahrukh Khan
Kajol
Hrithik Roshan
Kareena Kapoor
Musik Jatin-Lalit
Sandesh Shandilya
Aadesh Shrivastav
Sinematografi Kiran Deohans
Penyunting Sanjay Sankla
Distributor Dharma Productions
Tanggal rilis 14 Desember 2001
Durasi 211 men
Negara India
Bahasa Hindi
Inggris
Anggaran Rupee India ₹42 crore (US$7,94 million)[1]
Pendapatan kotor Rupee India ₹117,29 crore (US$22,17 million)[2]

Kabhi Khushi Kabhie Gham (Kadang Senang, Kadang Sedih) adalah sebuah film Bollywood yang dirilis di India dan negara-negara dengan populasi warganegara Republik India (NRI / National Republic of India) terbanyak lainnya pada 14 Desember 2001.

Film ini berkaitan dengan kekeluargaan dan percintaan yang dibintangi oleh Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Shahrukh Khan, Kajol, Hrithik Roshan, Kareena Kapoor dan Rani Mukerji. Ini adalah film kedua yang disutradarai oleh Karan Johar (setelah Kuch Kuch Hota Hai).

Kabhi Khushi Kabhie Gham... adalah film India terlaris dalam pemasaran internasional hingga tahun 2006. Rekor tersebut dikalahkan oleh film ketiga Karan Johar, Kabhi Alvida Naa Kehna. Film Kabhi Khushi Kabhie Gham meraih peringkat 3 di box office Inggris hanya dalam waktu dua minggu semenjak dirilis, dan tetap bertahan selama lebih dari 3 minggu. Film ini meraih peringkat ke-32 di box office Amerika, semenjak dirilis pada 4 Januari 2002 di Amerika. Film ini adalah film Bollywood pertama yang dirilis oleh bioskop Jerman (dengan subtitle Jerman, versi dubbing Jerman diproduksi juga).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Latarnya di MAN Insan India. Dalam film ini Nasrullah Amir (Shah Rukh Khan) adalah seorang anak tiri yang dipungut oleh ayah dan ibunya, sedangkan Miftahussurur (Hritik Roshan) adalah anak kandung mereka. Mereka semua saling sayang menyayangi. Di suatu hari Rahul bertemu dengan Putri Anjani (Kajol) Miftahussurur sangat tertarik dengan Anjani, tetapi di saat ia bicara dengan ibunya. Ayahnya telah menjodohkan Miftahussurur dengan Viky Wulansari (Rani Mukherjee). Hati ibunya menjadi serba salah. Suatu saat berterus terang dengan Ayahnya bahwa dia sangat mencintai Anjali, tetapi ayahnya tidak setuju karena Anjali tidak pantas untuk menjadi menantunya dikarenakan status dan derajat yang berbeda, dan tanpa habis pikir Rahul diam-diam telah menikahi Anjali. Ayahnya sangat marah padanya dan tanpa kata Ayahnya mengatakan bahwa Rahul menunjukkan dirinya bahwa dia bukan anak dari keluarganya, Rahul mengalirkan air matanya dengan terkejutnya dia mendengar perkataan itu, dan betapa sakitnya hati dan Ibunya mendengarnya.akhirnya Rahul Raichand Shahrukh khan),Poja(Kareena Kapoor) Anjali Sharma (Kajol) pergi.dan saat menginjak masa kuliah Rohan(Hritik Roshan) ia bertanya kepada tetangganya dan tetangganya bilang kalau Rahul(Shahrukh Khan) dan keluarga nya ada di london.dan ia bilang pada ayahnya akan kuliah di london.selain sekolah ia akan membawa kakakknya kembali kerumah.tetapi keinginan itu tidak ia bicarakan pada ayahnya.dan ia pergi ke London.sesampainya di London ia bertemu dengan Poja.dan Rohan berkata ia akan membawa kembali kerumahnya lagi.dan dia menyamarkan nama agar Rahul tidak mengetahui namanya.dia mau tinggal dirumah Rahul.awalnya Rahul menolak karena dipaksa oleh Poja dan Anjali akhirnya dia mau memberi tumpangan.sebelumnya ia membuat peraturan agar bisa diterima dirumah itu.hingga saat pesta keluarga Rahul melihat pertunjukan anaknya bernyanyi dan anaknya memberitahu bagaimana dia bisa menyanyi sangat indah.Rohan memohon agar Rahul ingin pulang.tetapi rencana itu tidak berhasil.akhirnya Poja dan Rohan membuat rencana.hasilnya mereka berdua akan mempertemukan Anjali dan Rahul dengan ayah dan ibu rahul di sebuah mall.tetapi Rohan dimarahi dan ditampar oleh ayahnya karena mempertemukan mereka.akhirnya ayah dan ibunya bertengkar.dan Rohan mempertemukan Rahul dan ayahnya.dan Ayahnya menitihkan air mata. akhirnya Poja dan Rohan dinikahkan oleh ke2 orang tua tersebut

Musik[sunting | sunting sumber]

[sunting | sunting sumber]

[sunting | sunting sumber]

Kabhi Khushi Kabhie Gham...
Album soundtrack oleh Jatin Lalit
Dirilis
Genre Hindi Film Soundtrack
Label
Produser Jatin Lalit
Kronologi Jatin Lalit
Censor
(2001)
Kabhi Khushi Kabhie Gham
(2001)
Aankhen
(2002)
Track # Lagu Penyanyi Durasi
1 "Kabhi Khushi Kabhie Gham" Lata Mangeshkar 7:55
2 "Bole Chudiyan" Alka Yagnik, Sonu Nigam, Udit Narayan, Kavita Subramaniam, Amit Kumar 6:50
3 "You Are My Soniya" Alka Yagnik, Sonu Nigam 5:45
4 "Suraj Hua Madham" Alka Yagnik, Sonu Nigam 7:08
5 "Say Shava Shava" Alka Yagnik, Udit Narayan, Sudesh Bhonsle, Aadesh Shrivastava, Sunidhi Chauhan, Amitabh Bachchan 6:50
6 "Yeh Ladki Hai Allah" Alka Yagnik, Udit Narayan 5:28
7 "Kabhi Khushi Kabhie Gham - Sad (Part 1)" Sonu Nigam 1:53
8 "Deewana Hai Dekho" Alka Yagnik, Sonu Nigam, Kareena Kapoor 5:46
9 "Kabhi Khushi Kabhie Gham - Sad (Part 2)" Lata Mangeshkar 1:53
10 "Soul of K3G" Instrumental 2:18
11 "Vande Mataram" Usha Uthup, Kavita Subramaniam 4:15

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kabhi Khushi Kabhie Gham". Diakses 26 December 2010. 
  2. ^ "Top Lifetime Grossers Worldwide". Boxofficeindia.com. Diarsipkan dari aslinya tanggal 25 May 2012. Diakses 26 December 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]