Kabel telegrafi trans-Atlantik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kabel telegrafi trans-Atlantic adalah kabel telegraf yang menyeberangi samudera Atlantik dari pulau Valentia, di barat Irlandia menuju Trinity Bay, di timur Newfoundland, Kanada. Kabel trans-Atlantic yang menjembatani Amerika Utara dengan benua Eropa ini telah mempercepat hubungan komunikasi antar kedua benua.

Selama 8 tahun pengerjaan proyek ini, tiga kali upaya telah dilakukan yakni pada tahun 1858, 1865 dan 1866. Tambahan berupa 8 buah kabel yang dibentangkan mulai tahun 1866 hingga pergantian abad. Di penghujung abad ke-19, kabel yang menghubungkan Irlandia dan Newfoundland telah mampu menghubungkan secara langsung antara Amerika Serikat dengan Perancis.

Cyrus Field merupakan tokoh dibalik proyek pemasangan kabel telegrafi trans-Atlantik antara Amerika Utara dan Eropa yang rampung pada tanggal 5 Agustus 1858. Meski tidak terlalu sukses karena tidak mampu bertahan lama, proyek kabel telegrafi trans-Atlantik ini tercatat sebagai proyek perdana dengan hasil yang baik. Telegram pertama yang dikirimkan antar kedua benua adalah sebuah surat ucapan selamat dari Ratu Victoria kepada Presiden Amerika Serikat James Buchanan pada tanggal 16 Agustus 1858.

Peta rute kabel trans-Atlantik tahun 1858

Kabel telegrafi tersebut mengalami kerusakan sebulan kemudian ketika Wildman Whitehouse menggunakan voltase berlebihan untuk mencoba pengiriman telegrafi yang lebih cepat. Singkatnya masa penggunaan kabel telegrafi menyebabkan berkurangnya kepercayaan masyarakat dan investor terhadap proyek ini sehingga menunda upaya perbaikan hubungan telekomunikasi tersebut.

Upaya kedua kemudian dilakukan pada tahun 1865 dengan banyak perbaikan pada penggunaan bahan. Pengerjaan pemasangan kabel telegrafi ini akhirnya rampung dan mulai bekerja dengan baik pada tanggal 28 Juli 1866. Hubungan telekomunikasi melalui kabel telegrafi trans-Atlantik ini berjalan lebih tahan lama dan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.