KRI Teluk Mentawai (959)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

KRI Teluk Mentawai (959) adalah salah satu kapal yang tergabung dalam Komando Lintas Laut Militer, dalam jajaran TNI Angkatan Laut yang berpangkalan di Tanjung Priok, Jakarta. Kapal dengan jenis Coaster berbentuk Cargo dengan bobot mati 1350 ton mempunyai tugas pokok sebagai kapal angkut logistik dalam tugasnya sebagai unsur pendukung angkutan laut militer.Kapal ini juga di lengkapi crane sebagai alat untuk bongkar muat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

KRI Mentawai dibuat di Bukares, Hungaria pada tahun 1964. Telah melaksanakan perbaikan terakhir pada tahun 2005 di Dok Kodja Bahari, Tanjung Priok, Jakarta. Dalam perbaikan tersebut telah diganti mesin asli Lang dengan mesin baru Caterpillar buatan Amerika Serikat.

Senjata[sunting | sunting sumber]

KRI Mentawai didukung persenjataan ringan standar Angkatan Laut berupa Senapan Mesin 2x12,7 mm yang berada di lambung kanan dan kiri kapal. selain itu dilengkapi senjata perorangan berupa AK-47 buatan Rusia.

Karena tidak dimaksudkan sebagai kapal tempur di garis depan, maka kapal ini tidak dilengkapi dengan persenjataan berat dan canggih seperti meriam, kanon atau rudal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]