K. Sri Dhammananda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
K. Sri Dhammananda
Informasi pribadi
Lahir(1919-03-18)18 Maret 1919
Meninggal31 Agustus 2006(2006-08-31) (umur 87)
AgamaTheravada

K. Sri Dhammananda (18 Maret 1919 – 31 Agustus 2006) adalah seorang biksu dan cendekiawan Buddha Sri Lanka, dan merupakan tokoh yang sangat menonjol dalam Buddhisme di Malaysia.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lahir dengan nama Martin Gamage di desa Kirinde di Matara, Sri Lanka, Dhammananda menjalani sebagian besar hidup dan kariernya di Malaysia. Ia diangkat sebagai biksu muda (samanera) pada usia 12 tahun dan diangkat secara penuh pada 1940. Setelah kembali ke Malaysia—yang saat itu dikenal sebagai Malaya—pada 1952, Dhammananda membangun dirinya sebagai biksu Buddha Theravada paling terkenal di Malaysia dan Singapura. Beberapa bukunya banyak dibaca, dan sangat berkontribusi terhadap pengenalan Buddhisme kepada berbagai pengguna bahasa Inggris di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Pendidikan dan pelatihan[sunting | sunting sumber]

Venerable Dhammananda masuk ke Sri Dhammarama Pirivena, Ratmalana pada 1935, dan kemudian di Institut Buddha Vidyawardhana, Kolombo, 1937 untuk mempelajari pengajaran Buddha secara lebih mendetail. Mentornya adalah Yang Dimuliakan Kotawila Deepananda Nayaka Thera. Setelah menyelesaikan studi-studinya pada 1938, ia masuk Vidyalankara Pirivena, di Peliyadoga, Kelaniya, sebuah kolese Buddha prestisius.

Pada tahuh tahun berikutnya, Yang Dimuliakan Dhammananda mengambil program diploma di Vidyalanka Pirivena dimana ia mempelajari bahasa Sanskerta, Tipitaka Pali dan Filsafat Buddha, disamping pelajaran-pelajaran sekuler lainnya. Tutor prinsipalnya di Institut tersebut adalah Yang Dimuliakan Lunupokune Sri Dhammananda, seorang biksu terpelajar yang terkemuka. Pada usia 26 tahun, ia berhasil lulus dengan gelar diploma dalam bidang Linguistik dan Tipitaka Pali.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Yang Dimuliakan Dr. Dhammananda meninggal pada 31 Agustus 2006.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Loving Monk". The Buddhist Channel. 6 September 2006. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan Buddha
Didahului oleh:
Tidak ada
Presiden Kehormatan Persekutuan Orang-Orang Buddha Sedunia
Menjabat bersama dengan: Hsing Yun

1995–2006
Diteruskan oleh:
Yang Dimuliakan Hsing Yun