Jun'ichi Haruta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jun'ichi Haruta (春田 純一 Haruta Jun'ichi?), terlahir sebagai Misao Haruta (春田 三三夫 Haruta Misao?) (lahir di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang, 17 Maret 1955; umur 59 tahun) adalah seorang aktor film layar lebar dan serial televisi asal Jepang. Haruta bergolongan darah AB. Dia mulai berkarier di dunia artis sejak tahun 1971.

Jun'ichi Haruta sekarang berada di bawah manajemen artis Granpapa Pro.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970, setelah lulus dari kursus latihan Japan Action Club, Jun'ichi Haruta menjadi aktor dan menjadi terkenal akan peran-peran pahlawannya di televisi dan film. Selama kariernya dia telah menunjukkan kemampuan berperannya dalam sekitar 50 film.

Tahun 1971 merupakan tahun debut Jun'ichi Haruta sebagai stuntman. Penampilan perdananya adalah sebagai stuntman tamu dalam serial tokusatsu di Shotaro Ishinomori Kamen Rider.

Sejak tahun 1978, Haruta mulai menjadi pemain untuk serial televisi dan film sebagai aktor. Drama Haruta yang pertama adalah Yagyuu Ichizoku no Inbou (1978), ketika dia baru berusia 23 tahun, yang kemudian diikuti dengan perannya dalam film pertama berjudul Koumura Sanada no Bouryaku (1979). Selama beberapa tahun selanjutnya, Haruta mengisi pemain untuk berbagai peran-peran kecil dalam serial tokusatsu, drama dan film: sebagai "Kiheiji" dalam Hattori Hanzo, Kage no Gundan, sebagai "Kanpei Kuroda / Goggle Black" dalam Dai Sentai Goggle V, sebagai "Ryuu Hoshikawa / Dyna Black" dalam Kagaku Sentai Dynaman, sebagai "Mad Gallant" dalam Kyojuu Tokusou Juspion, sebagai "Jun Usami" dalam serial Asadora Eenyobo, sebagai "Atsushi Komiyama" dalam Yokohama Shinchuu, dan sebagai "Toyotomi Hidenaga" dalam serial Taiga drama Komyo ga Tsuji. Dia juga sering memainkan peran-peran kecil dalam serial teater musikal.

Dia berteman dekat dengan Sonny Chiba dan beberapa artis Jepang lainnya yang dianggap merupakan lambang generasi 1970-an.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Drama[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Video orisinal[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]