Julia de Burgos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Julia Constancia Burgos García (17 Februari 19146 Juli 1953), dilahirkan di Carolina, Puerto Riko dan dianggap oleh banyak orang sebagai penyair terbesar yang pernah dihasilkan Puerto Riko. Ia juga seorang pendukung kemerdekaan Puerto Riko. Burgos dibesarkan di daerah miskin Carolina yang disebut Barrio Santa Cruz. Namun hal ini tidak menghalangi cintanya akank alam dan negerinya. Ia beruntung karena dapat bersekolah karena ia berasal dari keluarga besar - dengan 13 orang saudara laki-laki dan perempuan.

Burgos lulus dari Universitas Puerto Riko (Universidad de Puerto Rico) dengan gelar untuk menjadi guru pada usia 19 tahun. Ia menjadi guru, namun kecintaannya akan sastra menjadikannya seorang penyair. Di antara orang-orang yang pertama kali mempengaruhinya adalah Luis Llorens Torres, Clara Lair, Rafael Alberti dan Pablo Neruda. Ilhamnya muncul dari cintanya terhadap Puerto Riko, seperti yang tercatat di dalam karyanya yang pertama El Rio Grande de Loiza.

Pada 1936, ia bergabung dengan gerakan Putri Kemerdekaan, cabang perempuan dari Partai Nasionalis Puerto Riko (Partido Nacionalista de Puerto Rico). Ini adalah partai pro-kemerdekaan yang dipimpin oleh Pedro Albizu Campos.

Burgos menerbitkan tiga buah buku kumpulan puisinya. Untuk dua bukunya yang pertama ia berkeliling di seluruh Puerto Riko untuk mempromosikan dirinya sambil membacakan buku-bukunya. Bukunya yang ketiga diterbitkan secara anumerta pada 1954.

Ia menikah dua kali, namun suaminya yang kedualah, Dr. Juan Isidro Jimenes Grullón, seorang pengungsi dari Dominika, yang menjadi cintanya yang terdalam. Banyak dari puisinya yang diilhami oleh cintanya kepada suaminya itu. Pada 1939 Burgos dan suaminya mengadakan perjalanan, mula-mula ke Kuba dan kemudian ke New York. Perkawinan mereka berantakan dan tak lama sesudah itu ia kembali ke Kuba. Burgos kembali lagi ke New York, dan kali ini sendirian. Meskipun pengagumnya banyak, hal itu tidak menolongnya lepas dari depresi yang mendalam. Ia menjadi peminum, yakin bahwa itulah jalan keluar dari masalah-masalahnya. Akhirnya ia menjadi seorang pecandu alkohol dan pada 6 Juli 1953 ia terjatuh di kaki lima di New York dan meninggal karena radang paru-paru di sebuah rumah sakit di Harlem, New York, pada usia 39 tahun. Karena tak seorangpun yang mengklaim jenazahnya dan ia tidak membawa surat-surat identitas, pemerintah kota memberikan penguburan sebagai orang miskin kepadanya di Hart Island, kuburan kota untuk orang-orang yang tidak dikenal.

Beberapa sahabatnya akhirnya berhasil menelusurinya dan mengklaim jenazahnya. Sebuah komite dibentuk di Puerto Riko, dipimpin oleh Dr. Margot Arce de Vázquez, untuk memindahkan jenazahnya ke pulau itu. Jenazahnya tiba pada 6 September 1953 dan upacara penguburan diselenggarakan untuknya di Atheneum Puerto Riko. Ia dikuburkan sebagai seorang pahlawan di Pekuburan Munisipal Carolina. Sebuah monumen didirikan di makamnya oleh Kota Carolina.

Di antara karya-karya penting Julia de Burgos adalah: "Rio Grande de Loiza", "Poema para mi Muerte" (Puisi untuk Kematianku), "Yo Misma Fui Mi Ruta" (Aku memilih Jalanku Sendiri), "Alba de Mi Silencio" (Fajar Kesunyianku), "Alta Mar y Gaviota" (Laut Tinggi dan Burung Camar), etc.

Pada 19 Februari 1987, Jurusan bahasa Spanyol dari Universitas Puerto Riko menganugerahkan secara anumerta kehormatan kepada Julia de Burgos dengan memberikan gelar doktor kepadanya dalam Sastra Kemanusiaan dan Seni. Gelar kehormatan ini dianugerahkan lewat kemenakannya, Maria Consuelo Seaz Burgos. Kota San Juan, Puerto Riko menghormatinya dengan memberikan namanya kepada sejumlah sekolah dan jalan. Di San Juan ada pula Casa Protectora Julia de Burgos (Rumah Perlindungan Julia de Burgos) untuk kaum perempuan yang mengalami pelecehan dan siksaan. Di kota itu ada pula Museum Seni dan Ilmu Pengetahuan Julia de Burgos. Kota New York menghormatinya dengan membangun Julia de Burgos Latino Center (Pusat Budaya Amerika Latin) di Manhattan dan Julia de Burgos Cultural Arts Center (Pusat Kebudayaan dan Seni) di Harlem, dekat tempat ia meninggal. Kota Philadelphia, Pennsylvania menghormati Julia de Burgos dengan memberikan namanya kepada sebuah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Pematung terkenal Puerto Riko Tomas Batista membuat patung dada Julia yang diletakkan di Taman Julia de Burgos Park di Carolina. Sebuah film dokumenter mengenai kehidupan Julia de Burgos dibuat pada 2002 dengan judul "Julia, toda en mi..." (Julia, semuanya di dalam diriku...) disutradarai dan diproduksi oleh Ivonne Belen.

Penerbitan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]