Jules Dumont d'Urville

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jules Dumont d'Urville
L'Astrolabe (6 Februari 1838)

Jules Sébastien César Dumont d'Urville (23 Mei 1790, Condé-sur-Noireau, Perancis8 Mei 1842, Meudon, Perancis) adalah seorang penjelajah dan perwira angkatan laut asal Perancis, yang menjelajahi perairan Pasifik selatan dan barat, Australia, Selandia Baru dan Antartika.

Penjelajahannya yang pertama bermula dengan ekspedisi ke kepulauan Yunani pada 1820. Pada ekspedisi tersebut, D'Urville menemukan patung-patung yang dipahat sekitar tahun 130 SM. Ia kemudian merancang agar pemerintah Perancis dapat memiliki salah satu patung yang berharga tersebut. Patung terkenal "The Venus de Milo" sekarang berada di Louvre di Paris.

Tahun 1822, ia berlayar mengelilingi dunia dengan Kapten Duperrey, dan membawa pulang berbagai koleksi hewan dan tumbuhan.

Tahun 1826 ia dikirim ke Pasifik, mempelajari pantai Nugini, Selandia Baru dan pulau-pulau lainnya serta menemukan kemungkinan besar apa yang dinamakan lokasi wafatnya La Perouse.

Tahun 1837, dalam sebuah ekspedisi ke wilayah di Kutub Selatan, ia berlayar di sepanjang pantai di sebuah wilayah di Antartika yang dia namakan Pantai Adélie untuk menghormati istrinya. Sekembalinya ke Perancis pada 1840, D'Urville diangkat sebagai laksamana muda.

Kemudian, untuk menghormati jasa-jasanya atas beberapa penjelajahannya, namanya diabadikan sebagai Laut D'Urville di Antartika, Pulau D'Urville di Antartika, Tanjung d'Urville di Irian Jaya, Indonesia dan Pulau D'Urville di Selandia Baru. Namanya juga diabadikan sebagai nama jalan di Paris, Rue Dumont d'Urville, di distrik ke-8 di dekat Champs-Élysées. Stadion Dumont d'Urville di Antartika juga dinamakan sesuai namanya.

D'Urville tewas terbunuh dengan istri dan anaknya pada sebuah kecelakaan kereta api di dekat Meudon, Perancis. Ia dimakamkan di Cimetière du Montparnasse, Paris, Perancis.

Kisah penjelajahannya telah dipublikasikan dalam dua puluh empat jilid dengan enam jilid besar berisi ilustrasi-ilustrasi.