Judith dari Bayern (805–843)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ratu Judith, istri kedua Kaisar Ludwig I

Ratu Judith (atau Iudit) (805 – 19 atau 23 April 843), juga dikenal sebagai Judith dari Bayern, merupakan putri Comte Welf I dari Sachsen dan seorang bangsawan wanita yang bernama Hedwig dari Bayern (780–826). Ia juga merupakan seorang Permaisuri Franka.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi istri kedua Ludwig yang Saleh, Kaisar Romawi Suci dan Raja Franka; mereka menikah di Aachen pada tahun 819 dan memiliki keturunan sebagai berikut:

Dampak Kerajaan Franka[sunting | sunting sumber]

Judith memastikan bahwa putranya Karl menerima bagian warisan kerajaan, seperti ketiga saudara tirinya dari pernikahan pertama Ludwig. Hal ini menyebabkan perang sipil di antara Ludwig dan putra-putranya. Pemberontakan sementara memenjarakan Judith ke dalam biara di Poitiers atas tuduhan perzinahan pada tahun 830. Dari tahun 833 sampai 834, ia diasingkan ke Tortona.

Judith merupakan anggota pertama Wangsa Sesepuh Welf yang memimpin kerajaan Franka. Baik secara kebetulan atau melalui pengaruh Judith, pada tahun-tahun pernikahannya dengan Ludwig ibundanya beserta saudara-saudaranya mendapat kantor-kantor penting di dalam kerajaan. Saudarinya Hemma menikah dengan Ludwig II, putra Ludwig yang Saleh dari pernikahan pertamanya, pada tahun 827. Judith dimakamkan di Basilika Saint-Martins di Tours.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • The Royal Ancestry Bible Royal Ancestors of 300 Colonial American Families by Michel L. Call (chart 2022) ISBN 1-933193-22-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ermengarde dari Hesbaye
Daftar Permaisuri Romawi Suci
819–840
Diteruskan oleh:
Irmingard
juga Ratu di Franka Tengah
Ratu Franka
819–840
Diteruskan oleh:
Hemma di Francia Timur dan
Ermentrude dari Orléans di Francia Barat