Judith dari Bayern (805–843)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Maharani Judith, istri kedua Kaisar Louis I

Ratu Judith (atau Iudit) (805 – 19 atau 23 April 843), juga dikenal sebagai Judith dari Bayern, merupakan putri Pangeran Welf dan Sachsen bangsawan wanita yang bernama Hedwig, Adipati Wanita Bayern (780–826). Ia menjadi Permaisuri Franka.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi istri kedua Louis yang Saleh, Kaisar Romawi Suci dan Raja Franka; mereka menikah di Aachen pada tahun 819 dan memiliki keturunan sebagai berikut:

Dampak Kerajaan Franka[sunting | sunting sumber]

Judith memastikan bahwa putranya Charles menerima bagian kerajaan, seperti ketiga saudara tirinya dari pernikahan pertama Louis. Hal ini mengkontribusikan perang sipil di antara Louis dan putra-putranya. Pemberontakan sementara memenjarakan Judith di dalam biara di Poitiers atas tuduhan perzinahan pada tahun 830. Dari tahun 833 sampai 834, ia diasingkan di Tortona.

Judith merupakan anggota pertama Istana Tetua Welf yang memiliki peran memimpin di dalam kerajaan Franka. Apakah secara kebetulan atau melalui pengaruh Judith, pada tahun-tahun pernikahannya dengan Louis ibunya dan saudara-saudaranya mendapat kantor-kantor penting di dalam kerajaan. Saudarinya Hemma menikah dengan Louis orang Jerman, putra Louis yang Saleh dari pernikahan pertamanya, pada tahun 827. Judith dimakamkan di Basilika Santo Martin di Tours.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • The Royal Ancestry Bible Royal Ancestors of 300 Colonial American Families by Michel L. Call (chart 2022) ISBN 1-933193-22-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ermengarde dari Hesbaye
Maharani Kekaisaran Romawi Suci
819–840
Diteruskan oleh:
Ermengard dari Tours
juga Ratu di Francia Tengah
Ratu Franka
819–840
Diteruskan oleh:
Emma dari Altdorf di Francia Timur dan
Ermentrude dari Orléans di Francia Barat