Joseph Bates

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joseph L. Bates
Joseph Bates
Lahir 8 Juli 1792
Rochester, Massachusetts
Meninggal 19 Maret 1872 (umur 79)
Battle Creek, Michigan
Pekerjaan Pelaut,
Penulis,
Guru,
Pengusaha,
Penginjil/Pengkhotbah,
Negarawan

Joseph Bates (lahir di Rochester, Massachusetts, 8 Juli 1792 - 19 Maret 1872) adalah seorang pelaut Amerika dan pengkotbah kebangunan rohani. Dia adalah tokoh pergerakan Adventist pemelihara hari Sabat, gerakan keagamaan yang kemudian berkembang menjadi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Bates adalah orang yang meyakinkan James White dan Ellen G. White validitas Sabat hari ketujuh.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Ayah Bates, juga bernama Joseph,[1] adalah seorang relawan dalam Perang kemerdekaan dan ibunya adalah putri dari Barnabas Rye dari Sandwich, Massachusetts. Pada tahun 1793, keluarga Bates pindah ke wilayah New Bedford, Massachusetts yang kemudian menjadi kotapraja Fairhaven pada tahun 1812. Pada bulan Juni 1807, Bates ikut berlayar sebagai awak kabin di kapal baru yang dipimpin oleh Elias Terry. Inilah awal karir Bates sebagai pelaut.[2]

Pada tahun 1810 Bates dipaksa menjadi buruh untuk angkatan laut Inggris dan menghabiskan waktu sebagai tahanan hingga perang tahun 1812 usai. Setelah dibebaskan ia melanjutkan karirnya sebagai pelaut. Bates akhirnya menjabat sebagai kapten kapal miliknya sendiri pada tahun 1820.[3] Dalam salah satu pelayaran, ia membaca salinan Alkitab yang dikemas istrinya baginya. Dia mengalami pertobatan dan mulai terlibat dalam berbagai reformasi termasuk membantu mendirikan paguyuban anti minuman keras. [3] Pada tahun 1821 ia berhenti merokok dan mengkonsumsi tembakau.[3] Dia kemudian berhenti menggunakan teh dan kopi dan pada tahun 1843 menjadi nabatiwan.[3]


Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Bagian dari seri tentang
Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh
Yesus datang.jpg
Sejarah dan Latarbelakang

Kekristenan
Reformasi Protestan
Anabaptis
Gerakan Miller

Tokoh-tokoh Pendiri

Ellen G. White
Joseph Bates · Uriah Smith
J. N. Andrews · James White

Institusi dan Lembaga

Sekolah, Universitas·
Rumah Sakit, Klinik, Panti Asuhan·
Daftar Gereja Advent di Indonesia

Teologi dan Ajaran

Hari Sabat

Skisma dan Sekte sempalan


Gerakan Advent Hari Ketujuh Pembaharuan
Persekutuan Advent Hari Ketujuh Davidian
Advent Christian Church
Church of God General Conference
Ranting Daud

Bates pensiun dari pelaut pada tahun 1827 dan mulai terlibat dalam usaha-usaha reformasi, termasuk pertarakan dan antiperbudakan.[3] Pada tahun 1839 ia menerima ajaran dari William Miller bahwa Yesus datang segera. Dia menjadi seorang pengkhotbah, aktivis gerakan Millerite.[3]

Setelah 22 Oktober 1844, seperti penganut Millerite lainnya, Bates mencari makna dari Kekecewaan Besar. Pada 1845 ia membaca sebuah selebaran yang ditulis oleh T. M Preble tentang hari Sabat. Bates mengunjungi dan belajar langsung pada Preble.[3] Tahun berikutnya, 1846, Bates menulis sebuah selebaran tentang Sabat Alkitab, berjudul The Seventh Day Sabbath, a Perpetual Sign.[4]. Selebaran ini menarik perhatian James dan Ellen White dan menerima Sabat hari ketujuh setelah mempelajari bukti-bukti Alkitab.[3] Bates segera dikenal sebagai "rasul atas hari Sabat" karena menulis beberapa buku sehubungan dengan topik Sabat.

Joseph Bates adalah pendukung utama James White dan karunia nubuat, yang ia yakini diwujudkan dalam penglihatan yang diterima oleh Ellen G. White. Salah satu kontribusi Bates paling signifikan adalah kemampuannya untuk menghubungkan teologi Sabat dengan pemahaman kaabah surgawi. Pemahaman teologi apokaliptik ini kemudian dikenal sebagai Great Controversy theme. Ia memberikan kontribusi untuk publikasi awal buku A Word to the "Little Flock." Bates bekerja sama dengan James dan Ellen White menyelenggarakan Konferensi Alkitab yang diadakan di 1848-1850 yang dikenal sebagai Seminar Sabat dan Kaabah. Pada dekade 1850-an Bates mendorong pengembangan organisasi gereja yang lebih formal yang puncaknya pada 1863 adalah pembentukan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Joseph Bates meninggal pada tanggal 19 Maret 1872 di Health Reform Institute, Battle Creek, Michigan dan dimakamkan di Poplar Hill Cemetery di Monterey, Michigan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ________. "Joseph Bates". Footsteps of the Pioneers. Adventist Heritage. Diakses 7 November 2011. 
  2. ^ Bates, Joseph. "Chapter 1". The Early and Experience And Labors of Elder Joseph Bates (autobiography). Steam Press. Diakses 7 November 2011. 
  3. ^ a b c d e f g h ________. "Joseph Bates (1792 - 1872)". Pathways of the Pioneers. Ellen White Estate. Diakses 7 November 2011. 
  4. ^ Bates, Joseph (1846). The Seventh Day Sabbath, a Perpetual Sign, from the Beginning to the Entering into the Gates of the Holy City, According to the Commandment. Fairhaven, Massachusetts: New Bedford Press.