José Miguel Covarrubias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

José Miguel Covarrubias (lahir di Mexico City, 22 November 1904 – meninggal 4 Februari 1957 pada umur 52 tahun) adalah seorang pelukis, karikaturis, ilmuwan etnis (ethnologist) dan sejarawan seni berdarah Meksiko. Tak puas dengan awal kariernya di Meksiko, ia pindah ke New York City pada tahun 1924, melukis untuk beberapa majalah terkenal, menikah dengan penari Rosa Roland, dan tinggal disana hingga tahun 1932 ketika ia melakukan perjalanan ke Asia Tenggara (Pulau Jawa, Bali, India, Vietnam), Afrika dan Eropa sebagai penerima dana program Guggenheim Fellowship, dan kembali ke Mexico City dimana ia memgajar ilmu etnis (ethnologi) di Escuela Nacional de Antropología e Historia.

Karya-karya seni dan karikatur selebritinya telah diterbitkan oleh majalah The New Yorker dan Vanity Fair. Garis-garis alami dari gaya menggambarnya sangatlah berpengaruh pada karikaturis lainnya seperti Al Hirschfeld. Covarrubias juga menggambar ilustrasi untuk penerbit The Heritage Press seperti di cetakan buku-buku Uncle Tom's Cabin, Green Mansions, dan karya Pearl Buck berjudul All Men Are Brothers. Edisi-edisi tersebut sangatlah dicari oleh para kolektor. Ia juga bekerja sebagai ilustrator untuk publikasi W.C. Handy's. Ia turut ikut serta dalam pembuatan jurnal seorang artis Austria bernama Wolfgang Paalen berjudul "Dyn" dari tahun 1942 hingga 1944.

Covarrubias terkenal akan analisanya pada seni Mesoamerika Pra-Columbus, terutama karya-karya dari kebudayaan Olmec, dan teorinya mengenai difusi kebudayaan Meksiko di bagian utara negara tersebut, terutama kebudayaan-kebudayaan Indian di wilayah Mississippi. Analisanya mengenai iconografi menyatakan yang kuat bahwa kebudayaan Olmec lebih tua daripada Era Klasik - sebuah pernyataan yang dibuat bertahun-tahun sebelum para ahli arkeologi membuktikannya. Ketertarikannya pada antropologi melebihi bidang seni dan melebihi benua Amerika. Covarrubias tinggal dan menulis etnografi lengkap mengenai Pulau Bali (The Island of Bali, 1937).

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • The Island of Bali 1937
  • Mexico South 1946
  • The Eagle, the Jaguar, and the Serpent - Indian Art of the Americas; North America: Alaska, Canada, the United States 1954
  • Mezcala, Ancient Mexican Sculpture, with William Spratling & André Emmerich, 1956
  • Indian Art of Mexico and Central America 1957Templat:Meksiko-bio-stub