Jon Lord

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jon Lord

Jonathan „Jon” Douglas Lord (9 Juni 1941 - 16 Juli 2012) merupakan seorang komposer berkebangsaan Inggris. Dia merupakan mantan pemain keyboard dari Deep Purple.

Jon Lord bersama pemain drum Ian Paice mendirikan Deep Purple pada 1968, hingga band beraliran rock ini bubar pada 1976.

Walaupun demikian, Lord kembali bergabung ketika para personil Deep Purple menggelar reuni pada 1984, sebelum akhirnya pensiun pada 2002 dan memilih berkarier di jalur solo.

Lahir di Leicester, Inggris, Lord belajar piano aliran klasik pada usia dini sebelum tergoda terjun ke aliran rock dan jazz, usai menonton pagelaran musik rock and roll yang menampilkan Jerry Lee Lewis dan pianis beraliran jazz Jimmy Smith.

Sempat memilih karier sebagai aktor, tetapi kemudian mencoba bermain band di pub-pub bersama pemusik Ronnie Wood yang kelak bersinar bersama Rolling Stones, meski tidak berlanjut.

Setelah bertemu gitaris Ritchie Blackmore dalam sebuah pagelaran musik, Lord mendapat ilham pertama kali untuk mendirikan grup band Deep Purple.

Pernah terlibat dalam Royal Philharmonic Orchestra yang melakukan konser di Royal Albert Hall pada 1969, Lord lebih dikenal dan menuai sukses dalam jalur musik rock pada awal 1970-an melalui grup band Deep Purple.

Lord meninggal dunia pada 16 Juli 2012 akibat kanker pankreas yang dideritanya. dia adalah keyboarder rock terbaik menurut pecinta rock

Pranala luar[sunting | sunting sumber]