John dari Lancaster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John dari Lancaster, Adipati Pertama dari Bedford (20 Juni 138914 September 1435), juga dikenal sebagai John Plantagenet, adalah putra keempat Henry IV dari Inggris dan Mary de Bohun. Ia bertindak sebagai wali negara (regent) untuk keponakannya, Raja Henry VI.

Pada tahun 1411, ia diangkat oleh saudaranya Henry V menjadi Earl dari Kendal, Earl dari Richmond dan Adipati dari Bedford. Pada tahun 1423 ia menikah dengan Anne, putri Jean dari Bourgogne. Setelah kematian istrinya sewaktu melahirkan pada tahun 1432, ia menikah lagi dengan Jacquetta dari Luxembourg.

Sewaktu Henry V wafat pada tahun 1422, ia bersekongkol dengan saudaranya Humphrey, Adipati dari Gloucester, untuk menguasai kerajaan. Ia mengalahkan Prancis beberapa kali sampai Jeanne d'Arc datang memimpin perlawanan Prancis. Pada tahun 1431, John mengadakan pengadilan terhadap Jeanne dan memerintahkan eksekusi di Rouen. Ia lalu mengatur penobatan Henry VI di Paris. Sewaktu negosiasi Perjanjian Rouen, ia wafat dan dimakamkan di Katedral Rouen.