Yann V dari Bretagne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari John V, Adipati Brittania)

Yann IV sang Penakluk (dalam bahasa Prancis Jean IV) (1339 – 1 November 1399) merupakan seorang Adipati Bretagne dan Comte Montfort, dari tahun 1345 sampai kematiannya.

Penomoran[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra Yann Moñforzh dan Jeanne dari Flandria. Ayahandanya menuntut gelar Adipati Bretagne, tetapi sebagian besar tidak mampu mendapatkannya selama lebih dari periode yang singkat. Karena tuntutan ayahandanya atas gelar tersebut bersengketa, subjek dari artikel ini kerap diberi nomor Yann IV, dan ayahanda hanya disebut sebagai "Yann de Montfort". Ia masih disebut Yann IV oleh beberapa sejarawan dan masih lebih dikenal dengan sebutan (Jean IV) di Prancis, karena penguasa Prancis tidak seperti halnya Inggris, yang tidak pernah mengakui gelar ayahandanya.

Penaklukan[sunting | sunting sumber]

Bagian pertama dari pemerintahannya dicemari oleh Pertempuran Suksesi Breton, yang diperangi oleh ayahandanya melawan sepupunya Janed dari Penthièvre dan suaminya Charlez. Dengan bantuan militer Prancis Charlez berhasil mengendalikan hampir seluruh Bretagne. Setelah kematian ayahandanya, ibunda Yann, Janed berupaya untuk melanjutkan perang demi putranya yang masih bayi. Ia menjadi terkenal dengan nama "Jeanne la Flamme" untuk semangatnya yang berapi-api. Akan tetapi, ia akhirnya terpaksa untuk mundur dengan putranya ke Inggris dan meminta bantuan Edward III dari Inggris. Ia kemudian dinyatakan memiliki gangguan jiwa dan dipenjarakan di Puri Tickhill pada tahun 1343. Yann setelah itu dibawa ke dalam istana Raja.

Yann kembali ke Bretagne untuk menegaskan tuntutannya, dengan bantuan Inggris. Pada tahun 1364, Yann berhasil memenangkan kemenangan yang menentukan melawan Wangsa Blois di dalam Pertempuran Auray, dengan bantuan pasukan Inggris. Saingannya Charlez terbunuh di medan perang dan janda Charlez dipaksa untuk menanda tangani Perjanjian Guérande pada tanggal 12 April 1365. Di dalam syarat-syarat perjanjian tersebut, Janed menyerahkan hak-haknya ke Bretagne dan mengakui Yann sebagai penguasa tunggal wilayah adipati tersebut.

Perebutan kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Setelah mencapai kemenangan dengan dukungan Inggris (dan menikah ke dalam keluarga kerajaan Inggris), Yann dibatasi untuk menkonfirmasikan beberapa baron Inggris di dalam posisi kekuasaan antara Bretagne, terutama sebagai pengendali dari benteng strategis penting dalam lingkungan dari pelabuhan Brest, yang memberikan akses militer Inggris ke semenanjung dan yang mengambil pendapatan dari Bretagne ke mahkota Inggris.[1] Basis kekuasaan Inggris di Bretagne tidak disukai oleh para aristokrat Breton dan penguasa Prancis, seperti para penasihat Inggris yang digunakan Yann. Akan tetapi, Yann V mengumumkan dirinya sendiri sebagai vasal Raja Charles V dari Prancis, bukan kepada Edward III dari Inggris. Tindakan ini tidak menenangkan pengkritiknya, yang menyaksikan kehadiran pasukan Inggris yang kasar dan para maharaja didestabilisasikan. Dihadapkan dengan perlawanan dari para bangsawan Breton, Yann tidak dapat mengumpulkan dukungan militer melawan Charles V, yang mengambil kesempatan untuk memberikan tekanan atas Bretagne. Tanpa adanya dukungan lokal, pada tahun 1373 Yann dipaksa ke pengasingan sekali lagi di Inggris.

Akan tetapi, Charles V membuat kesalahan dengan berupaya untuk mencaplok wilayah adipati itu seluruhnya ke Prancis. Bertrand de Guesclin dikirim untuk membuat wilayah adipati tersebut tunduk kepada Raja Prancis oleh kekuatan pasukannya pada tahun 1378. Para baron yang memberontak melawan pencaplokan tersebut dan mengundang Yann V kembali dari pengasingannya pada tahun 1379. Ia mendarat di Dinard dan mengambil alih wilayah adipati itu sekali lagi dengan bantuan para baron setempat. Berdamai dengan Raja Prancis yang baru Charles VI, ia memerintah wilayah adipatinya kemudian dengan damai dengan mahkota-mahkota Prancis dan Inggris selama lebih dari satu dasawarsa, menjaga kontak dengan keduanya, tetapi mengurang pembukaan hubungan-hubungan ke Inggris. Ia juga menjaga untuk melepaskan Brest dari kendali Inggirs pada tahun 1397 menggunakan tekanan diplomatik dan dorongan keuangan.[1]

Urusan Clisson[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1392 sebuah upaya dilakukan untuk membunuh Olivier de Clisson, Jagabaya Prancis, yang merupakan musuh lama adipati tersebut. Penyerang itu, Pierre de Craon, melarikan diri ke Bretagne. Yann dianggap sebagai orang di belakang layar dari rencana tersebut, dan Charles VI mengambil kesempatan untuk menyerang Bretagne sekali lagi. Ditemani oleh jagabaya, ia berbaris ke Bretagne, tetapi sebelum ia dapat mencapai wilayah adipati raja tersebut ditangkap dengan kemarahan. Kerabat Charles VI menyalahkan Clisson, dan melembagakan proses hukum terhadap dirinya untuk melemahkan posisi politiknya. Statusnya sebagai Polisi dilepaskan, Clisson sendiri sekarang mengungsi di Bretagne, dan berdamai dengan Yann (1397), menjadi penasihat dekat adipati tersebut.[1]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Yann V menikah sebanyak tiga kali:

1) Mary dari Waltham (1344–1362), putri Raja Edward III dari Inggris dan Philippe dari Hainaut.
2) Jeanne Holland (1350–1384), putri Thomas Holland, Earl Pertama Kent, di London bulan Mei 1366.
3) Joan dari Navarra, Permaisuri Inggris (1370–1437), putri Raja Carlos II dari Navarra, di Saillé-près-Guérande pada tanggal 2 Oktober 1386.

Joan adalah ibunda dari semua anak-anaknya. Setelah kematiannya ia menikah lagi dengan Henry IV dari Inggris.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

  • Jeanne dari Bretagne (Nantes, 12 Agustus 1387 – 7 Desember 1388)
Nisan Jeanne de Bretagne, Saint-Gildas-de-Rhuys

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Michael Jones, Ducal Brittany, 1364-1399: relations with England and France during the reign of Duke John IV, Oxford University Press, 1970, pp. 106, 123-4, 128, 130, 200.
Bangsawan Prancis
Didahului oleh:
Yann Moñforzh
sengketa dengan Charlez I
Adipati Bretagne
1345–1399
Diteruskan oleh:
Yann V ar Fur
Comte Montfort
1345–1398
Bangsawan Inggris
Didahului oleh:
John dari Gaunt
Comte Richmond
1372–1399
Diteruskan oleh:
Ralph de Neville