John Henry Twachtman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Henry Twachtman
Twachtman, c. 1900. Photo oleh Gertrude Käsebier
Lahir(1853-08-04)4 Agustus 1853
Cincinnati, Ohio
Meninggal8 Agustus 1902(1902-08-08) (umur 49)
Gloucester, Massachusetts
KebangsaanAmerika Serikat
PendidikanFrank Duveneck, Academy of Fine Arts, Munich
Dikenal atasImpresionisme, Lukisan lanskap
The Damnation of Theron Ware or Illumination art

John Henry Twachtman (4 Agustus 1853 – 8 Agustus 1902) adalah seorang pelukis Amerika yang terkenal karena lanskap impresionis-nya, meskipun gaya melukisnya sangat bervariasi sepanjang kariernya. Sejarawan seni menganggap gaya Impresionisme Amerika Twachtman sebagai salah satu yang lebih pribadi dan eksperimental dari generasinya.[butuh rujukan] Dia adalah anggota "The Ten ", sekelompok seniman Amerika yang bersekutu secara longgar yang tidak puas dengan organisasi seni profesional, yang bersatu pada tahun 1898 untuk memamerkan karya mereka sebagai kelompok yang bersatu secara gaya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Twachtman lahir di Cincinnati, Ohio dan menerima pelatihan seni pertamanya di sana di bawah Frank Duveneck.[1] Seperti kebanyakan seniman pada masa itu, Twachtman kemudian melanjutkan ke Eropa untuk melanjutkan pendidikannya. Ia belajar di Akademi Seni Rupa di Munich dari tahun 1875 hingga 1877,[1] dan mengunjungi Venesia dengan Duveneck dan William Merritt Chase. Lanskapnya dari waktu ini menunjukkan teknik bayangan yang disikat secara longgar yang diajarkan di Munich. Twachtman juga belajar etsa, dan kadang-kadang membawa piring etsa bersamanya yang bisa dia gunakan untuk merekam adegan secara spontan.

Setelah kembali sebentar ke Amerika, Twachtman belajar dari tahun 1883 hingga 1885 di Académie Julian di Paris, dan lukisannya secara dramatis bergeser ke gaya tonalis yang lembut, abu-abu dan hijau. Selama waktu ini ia melukis apa yang oleh beberapa sejarawan seni dianggap sebagai mahakarya terbesarnya, termasuk Arques-la-Bataille, dalam koleksi Museum Seni Metropolitan di New York, dan Springtime , dalam koleksi Museum Seni Cincinnati.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Roberts, Norma J., ed. (1988), The American CollectionsPerlu mendaftar (gratis), Columbus Museum of Art, hlm. 30, ISBN 0-8109-1811-0 .

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]