John H. Herz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John H. Herz (lahir Hans Hermann Herz; 23 September 1908-25 Desember 2005) adalah ilmuwan hubungan internasional dan hukum Amerika Serikat.

Ia lahir di Düsseldorf, Jerman. Ia mendapatkan gelar diploma dari Graduate Institute of International Studies di Jenewa tahun 1938, kemudian pindah ke Amerika Serikat dan bekerja di Universitas Princeton. Pada tahun 1941, ia menjadi dosen ilmu politik di Universitas Howard. Setelah Perang Dunia II, ia bekerja sebagai analis politik untuk Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Ia merupakan anggota rombongan A.S. di pengadilan Nuremberg dan membantu merumuskan rencana demokratisasi zona pendudukan di Jerman.

Semasa bekerja di Howard, Herz menulis Political Realism and Political Idealism, buku yang dianugerahi American Political Science Association Woodrow Wilson Prize pada tahun 1951. Tahun 1952, ia pindah ke City College of New York dan mengajar hubungan internasional sampai pensiun pada 1979. Herz merupakan salah satu pengungsi Yahudi dari Jerman Nazi yang menempati posisi penting di universitas-universitas Amerika Serikat dan mengajar hubungan internasional dari sudut pandang realis kritis. Ia menulis beberapa buku dan artikel penting.

Ia meninggal dunia di New York tanggal 25 Desember 2005 pada usia 97 tahun.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Joe Holley, John H. Herz, 97; Howard U. Scholar, Washington Post Staff Writer, January 25, 2006
  • John Herz - the following are excerpts from an address given at the Commemorative-Celebration Honoring John H. Herz The Graduate Center of the City University of New York March 15, 2006