John Frederick III, Adipati Sachsen-Gotha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Adipati John Frederick III dari Sachsen
John Frederick III (paling kanan) besama kakak-kakaknya John Frederick II dan John William
Keluarga bangsawan Wangsa Wettin
Bapak John Frederick I, Elektor Sachsen
Ibu Sibylle dari Cleves
Lahir 16 Januari 1538
Torgau
Meninggal 21 Oktober 1565 (umur 27)
Jena
Pemakaman Gereja Kota Weimar

John Frederick III, atau lebih dikenal dengan John Frederick sang Muda (lahir di Torgau, Kekaisaran Romawi Suci, 16 Januari 1538 – meninggal di Jena, Kekaisaran Romawi Suci, 21 Oktober 1565 pada umur 27 tahun) adalah seorang bangsawan dari Jerman. Ia adalah Adipati Sachsen dari percabangan keturunan Ernestine Wangsa Wettin. Ia menguasasi Kadipaten Sachsen-Gotha, namun kemudian menyerahkan kekuasaannya tersebut kepada kakaknya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

John Frederick III adalah anak keempat dan anak bungsu dari John Frederick sang Pemurah Hati dengan pernikahannya dengan Sibylle dari Cleves, putri dari John III, Adipati Cleves.

Saat masa kecilnya, ia adalah anak yang lemah dan sakit-sakitan. Ia tertarik pada ilmu teologi dan telah mempelajarinya sejak muda, ia belajar tentang teologi di Universitas Jena.

Setelah kematian ayahnya pada tahun 1554, ia menerima wilayah Sachsen-Gotha untuk dikuasainya (apanase). Meskipun begitu, ia tetap menjadi tipikal pemimpin yang lemah sehingga kepemimpinannya berada dalam perlindungan kakaknya John Frederick II hingga 1557. Setelah itu, ia diizinkan untuk menjalankan pemerintahan di Sachsen-Gotha sendirian.

John Frederick III meninggal tanpa meninggalkan pewaris takhta pada tahun 1565, pada usia 27 tahun. Dia dimakamkan di sebuah gereja di Weimar.

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]