Johann Friedrich II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari John Frederick II)
Johann Friedrich II
Berkuasa3 Maret 1554 – November 1566
PendahuluJohann Friedrich I
PenerusJohann Wilhelm
Elektor Sachsen (patut dipertanyakan)
Berkuasa1554 – 1556 ?
PendahuluMoritz ?
PenerusAugust ?
Landgraf Thüringen
Berkuasa1554 – November 1566
PendahuluJohann Ernst
PenerusJohann Wilhelm
Kelahiran(1529-01-08)8 Januari 1529
Torgau
Kematian19 Mei 1595(1595-05-19) (umur 66)
Schloss Steyer, Austria Hulu
WangsaWangsa Wettin
Percabangan Ernestine
AyahJohann Friedrich I dari Sachsen
IbuSibylle dari Jülich-Kleve-Berg
PasanganAgnes dari Hessen
Elisabeth dari Simmern-Sponheim
AnakJohann Kasimir
Johann Ernest dari Sachsen-Eisenach
AgamaLutheran

Johann Friedrich II dari Sachsen (8 Januari 1529 – 19 Mei 1595), adalah Adipati Sachsen dan Elektor Sachsen. Ia adalah putra sulung Johann Friedrich I dari Sachsen, dan Sibylle dari Jülich-Kleve-Berg.

Kekuasaan dan Ambisi Militer[sunting | sunting sumber]

Setelah Pertempuran Mühlberg dan penangkapan ayahandanya pada 24 April 1547, Johann Friedrich II bersama adiknya Johann Wilhelm, menggantikan posisi ayahanda mereka utnuk menjalankan pemerintahan di wilayah yang menjadi kekuasaan keluarga mereka secara turun temurun. Dan setelah kematian dari Johann Friedrich I pada tahun 1554, dua bersaudara tersebut membagi dua wilayah warisan tesebut. Johann Friedrich II mendapat wilayah Eisenach dan Coburg menurut perjanjian pembagian. Namun Johann Friedrich II memilih Gotha sebagai pusat kekuasaannya.

Tuntutan politik Johann Friedrich tidak jauh dari menuntut hak keluarganya yang seharusnya menyandang gelar Elektor Sachsen. Hak ini dicabut saat perubahan tatanan wilayah saat penahanan ayahandanya. Ia lalu berhasil mengembalikan hak gelar Elektor Sachsen selama kurun waktu 1554 hingga 1556. Pada tahun 1563, panglima pasukannya, Wilhelm von Grumbach memimpin pasukan untuk menyerang Würzburg. Setelah kota ini dapat dikepung, ia dan pasukkannya memaksa Keuskupan Würzburg untuk melakukan usaha untuk mengembalikan wilayah-wilayahnya. Karena hal ini, ia mendapatkan pencekalan dari kekaisaran, tetapi pencekalan ini tidak membuat Johann Friedrich II tunduk kepada perintah Kaisar Maximillian II untuk menarik mundur pasukannya. Sementara itue, Grumbach merencanakan dengan diam-diam pembunuhan terhadap August dari Sachsen dan menyatakan pernyataan meminta bantuan. Karena hal ini, akhir dari aliansi antara pihak di dalam dan luar Jerman mulai tampak.

Pada November 1566 Johann Friedrich mengalami pencekalan, bersama dengan Grumbach yang telah dicekal setahun sebelumnya. August dan pasukannya lalu mulai melakukan perjalan ke Gotha untuk menaklukkan kota tersebut. Grumbach lalu dikirimkan untuk menghadapi musuhnya tersebut. Grumbach lalu tertangkap dan disiksa. Kemudian ia diesekusi di Gotha 18 April 1567. Johann Friedrich sendiri dapat dikalahkan dalam sebuah pertempuran di Gotha dan menghabiskan sisa umurnya sebagai tahanan. Kekuasaannya ditarik oleh kekaisaran dan diserahkan kepada Johann Wilhelm yang akhirnya menjadi penguasa tunggal di seluruh wilayah Kadipaten Sachsen.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Di Weimar pada 26 Mei 1555 Johann Friedrich II menikahi Agnes dari Hessen. Enam bulan kemudian istrinya ini mengalami keguguran saat mengandung dan meninggal pada tanggal 4 November 1555.

Dan ia menikahi istri keduanya Elisabeth dari Pfalz (juga di Weimar), putri Friedrich III dari Pfalz. Mereka memiliki empat orang putra:

  1. Johann Friedrich
  2. Friedrich Heinrich
  3. Johann Kasimir
  4. Johann Ernst dari Sachsen-Eisenach

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (Jerman) Karl August Engelhardt: Johann Friedrich der Mittlere, von Bösewichtern verblendet, in Gotha belagert, und bis an sein Ende gefangen (in der Reihe „Denkwürdigkeiten aus der sächsischen Geschichte, der vaterländischen Jugend gewidmet“). Gerlach, Dresden 1797 (Digitalisat).
  • (Jerman) Ernst Wülcker: Johann Friedrich, Herzog zu Sachsen.[pranala nonaktif permanen] in: Allgemeine Deutsche Biographie. Band 14, Duncker & Humblot, Leipzig 1881, pp. 330–343.
  • (Jerman)Joachim Kruse: Herzog Johann Friedrich II. der Mittlere von Sachsen (1529–1595) und das ernestinische Familienepitaph in St. Moriz, Coburg, vollendet 1598. vol. I. in: Jahrbuch der Coburger Landesstiftung 52 (2007) pp. 1–334.
Johann Friedrich II
Lahir: 8 Januari 1529 Meninggal: 19 Mei 1595
Didahului oleh:
Johann Friedrich I
Adipati Sachsen
1554–1566
Diteruskan oleh:
Johann Wilhelm