John Constantine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Constantine

John Constantine
John Constantine di sampul komik Hellblazer #189 (Desember 2003)

Penerbit DC Comics
Muncul
perdana
The Saga of the Swamp Thing #37 (Juni 1985)
Pencipta Alan Moore
Stephen R. Bissette
John Totleben
Karakteristik
Karakter samaran John Constantine
Afiliasi
kelompok
The Trenchcoat Brigade
Kemampuan
  • Pengetahuan supranatural
  • Hipnotis
  • Menguasai ilmu sihir
  • Teleportasi dan berpindah dimensi

John Constantine (lahir di Liverpool, Inggris, 10 Mei 1953; umur 61 tahun) adalah karakter protagonis fiktif pada serial komik Hellblazer. Karakter ini muncul pertama kalinya pada komik Swamp Thing #37, yang ditulis oleh Alan Moore. Ia juga muncul pada The Books of Magic, dan beberapa komik DC dan Vertigo Comics, anak perusahaan dari DC Comics.

Konsep dan penciptaan[sunting | sunting sumber]

Karakter John Constantine menurut Alan Moore terinspirasi dari musisi populer Sting. Ide mengenai pemakaian Sting sebagai konsep dari karakter tersebut muncul setelah ilustrator komik Stephen R. Bissette dan John Totleben sebagai fans dari grup musik The Police ingin membuat karakter yang mirip dengan Sting lalu memasukkanya ke dalam suatu cerita yang rumit dan beraneka ragam. Hasilnya adalah John Constantine yang pertama kali muncul dalam komik The Saga of the Swamp Thing.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

John Constantine pertama kali muncul dalam komik Swamp Thing, karakter mirip monster tumbuh-tumbuhan yang dikenal sebagai penunggu rawa. Di sana, Constantine berperan sebagai semacam penasihat suprantural bagi karakter utamanya. Tidak banyak yang diketahui soal John Constantine sepanjang penampilannya di komik Swamp Thing. Karakter John Constantine sendiri baru mendapat penjelasan lebih lanjut setelah terbitnya komik berseri Hellblazer di mana Constantine menjadi karakter utamanya.

Constantine pertama kali terlibat dalam konflik supranatural ketika dalam suatu pertunjukan bersama grup musiknya Mucous Membrane di Newcastle, seorang anak bernama Astra memanggil monster dari dimensi lain untuk membalas dendam kepada orang tuanya yang dulu menyiksanya. Celakanya, monster tersebut tidak mau pergi dan membuat kekacauan di sana. Constantine bersama teman-teman supranaturalnya pun lalu memanggil iblis untuk mengalahkan monster yang dipanggil Astra. Iblis itu berhasil menghancukan monster tersebut, namun lepas kontrol dan berbalik menyerang orang-orang di sekitarnya, termasuk teman-teman Constantine sendiri. Akibat peristiwa itu, Constantine mengalami depresi berat dan sempat dirawat di rumah sakit jiwa.[2]

Constantine kemudian meninggalkan rumah sakit jiwa walaupun sebenarnya ia belum dianggap sembuh sepenuhnya. Ia pun selanjutnya terlibat dalam berbagai konflik supranatural seperti disuruh menghidupkan kembali anak dari bos mafia, terlibat dalam perang antara simpatisan Surga dan Neraka, serta melawan karakter supranatural First of the Fallen yang disebut-sebut sebagai "raja neraka" dan salah satu iblis terkuat yang pernah ada.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

John Constantine diperlihatkan sebagai seseorang yang tidak terikat pada aturan hidup dan cenderung bersikap permisiv sehingga ia melakukan sesuatu tanpa terlalu risau akan penampilan dan konsekuensi bagi dirinya. Misalnya adalah ia suka menghisap rokok hingga 30 batang sehari sehingga dirinya sempat terkena kanker paru-paru . [3] Ia juga suka keluar masuk klub malam dan berbagai perkumpulan supranatural, termasuk yang dikenal dengan nama "The Trenchcoat Brigade" karena semua anggotanya memakai jas trenchcoat. Constantine juga diperlihatkan memiliki minat terhadap musik rock sehingga ia sempat membentuk grup musik sendiri bernama Mucous Membrane.

Constantine memiliki relasi seksual yang unik. Ia diperlihatkan pernah menjalin hubungan dengan berbagai wanita (termasuk memperlihatkan rasa simpati pada Angela Dodson di filmnya), namun ia juga diketahui sempat berkencan dengan pria sehingga memunculkan anggapan bahwa ia juga memiliki kecenderungan homoseksual.[4] Di saat bersamaan, ia juga diperlihatkan memiliki banyak teman dan relasi. Ironisnya, kebanyakan dari teman-temannya tewas, entah karena lawan yang mereka hadapi terlalu kuat ataupun karena kecerobohan John sendiri.

Tidak banyak yang diketahui mengenai masa kecil John Constantine. Ibunya meninggal saat melahirkan John sehingga ayah John menjadi emosional dan kemudian menyalahkan John kecil. Saat kondisi ayahnya semakin parah akibat kecanduan minuman keras dan tindakan kriminal hingga akhirnya dipenjara, John kecil lalu tinggal bersama kakak perempuannya Cheryl di rumah bibi mereka. [5] Constantine sendiri akhirnya kemudian diketahui tinggal secara tetap dan mandiri di London.

Mengenai pakaiannya, Constantine diketahui sempat memakai beraneka macam pakaian, namun ia paling sering diperlihatkan memakai jas panjang (trenchcoat) berwarna hijau dan blus putih dengan dasi hitam. Penampilannya sendiri secara keseluruhan terlihat relatif "kusut" dan kurang terawat dengan rambut berwarna pirang yang acak-acakan.

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

John Constantine merupakan salah satu tokoh paranormal (dalam beberapa kasus ia disebut sebagai "detektif ilmu gaib") dengan pengetahuan dan naluri mengenai sihir yang luar biasa. Uniknya, ia jarang memakai sihir dalam bertarung dan lebih banyak mengandalkan pengetahuannya yang luas soal dunia gaib serta kemampuannya memengaruhi pihak kawan maupun pihak lawan. Ia hanya memakai sihirnya pada saat-saat tertentu. Darah Constantine juga mengandung darah iblis sehingga dirinya kebal terhadap serangan dari Raja Vampir.[6] Darah iblis itu sendiri didapat dari iblis Nergal dalam konflik antara simpatisan surga dan neraka.

Kemampuan sihir yang dimiliki Constantine sendiri sangat beragam. Salah satu contoh dari kemampuan sihirnya adalah ia bisa membuat jimat untuk menghilangkan keberadaan seseorang sehingga tidak bisa dilacak oleh makhluk supranatural dari dimensi lain.[7] Kemampuan lainnya, Constantine bisa memakai sihirnya untuk memanipulasi pikiran orang lain sehingga orang yang bersangkutan mengalami halusinasi[8] dan lewat mantera lainnya, ia bisa menghilangkan kenangan buruk seseorang.[9] Constantine juga bisa memanggil makhluk-makhluk gaib seperti golem[10], mayat korban pembunuhan[11], sampai iblis dari dimensi lain.[2]

Di filmnya, Constantine memiliki kemampuan khusus untuk melihat makhluk campuran atau hibrid antara manusia dengan makhluk supranatural (half-breed). Ia juga menggunakan beraneka macam peralatan seperti senapan emas berbentuk salib, kotak kumbang untuk mengusir setan, napas naga, hingga kursi untuk berpindah ke dimensi neraka.

Penampilan di media lain[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Poster film Constantine

John Constantine muncul di film berjudul Constantine yang dirilis pada tahun 2005. Di sana, ia diperankan oleh aktor Keanu Reeves. Karakter John Constantine mengalami perombakan sehingga berubah dari konsep karakter aslinya. Beberapa dari perbedaan tesebut di antaranya adalah ia memiliki rambut berwarna hitam, lebih banyak memakai jas dan celana berwarna hitam, serta secara keseluruhan penampilannya lebih bersih dan terawat dibandingkan karakter komiknya. John Constantine juga diperlihatkan berasal dari Los Angeles (bukan Inggris seperti di komiknya) walaupun sutradanya sendiri mengatakan bahwa cerita di komiknya tidak sepenuhnya berlokasi di Inggris.[12]

Inti dari film Constantine sendiri adalah tentang munculnya beragam fenomena berbau mistik yang aneh seperti seorang penggali tanah yang mendadak menjadi kuat setelah menemukan mata tombak misterius hingga munculnya iblis kecil yang hampir memasuki dimensi manusia. Di saat yang berdekatan, Constantine dihubungi oleh polisi wanita Angela Dodson yang meminta Constantine membantunya menyelidiki perihal kematian saudara kembarnya Isabel yang dianggap meninggal bunuh diri. Mereka berdua usai melakukan penyelidikan lebih jauh akhirnya mengetahui bahwa Neraka berencana menitiskan calon raja iblis Mammon ke dunia manusia dengan melalui perantaraan tubuh Angela. Constantine berhasil menggagalkan rencana Neraka setelah ia menipu raja setan Lucifer untuk mengembalikan Mammon ke neraka dan memberi Constantine kesempatan kedua untuk hidup karena Lucifer tidak ingin Constantine masuk surga usai "mengorbankan diri".

Permainan video[sunting | sunting sumber]

John Constantine muncul di permainan video berjudul Constantine: The Video Game yang dirilis pada tahun 2005 untuk konsol PC dan PlayStation 2. Inti cerita dan karakteristik John Constantine sendiri di permainan video ini diambil dari filmnya dengan sedikit pengubahan.[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alan Moore On (Just About) Everything", The Comics Journal #106 (Maret 1986), hal. 41-42
  2. ^ a b Hellblazer #11
  3. ^ Ennis, Garth (1 Maret 1994), Hellblazer: Dangerous Habits, Vertigo (DC Comics)
  4. ^ Hellblazer #51
  5. ^ Jenkins, Paul (Desember 1997), Hellblazer/The Books of Magic Book One: Ascent, Vertigo
  6. ^ Hellblazer #69
  7. ^ Hellblazer #60
  8. ^ Novel grafis Hard Time
  9. ^ Hellblazer #217
  10. ^ Hellblazer #167
  11. ^ Hellblazer #230
  12. ^ Keanu Reeves, Djimon Hounsou and Director Francis Lawrence on "Constantine"Page 2
  13. ^ "Pemburu Iblis Neraka", Info Komputer (Agustus 2005), hal. 90-91

Pranala luar[sunting | sunting sumber]