John Beaufort, Adipati Pertama Somerset

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Adipati Somerset
Lambang Beaufort, Earl dan Adipati Somerset
Lambang Beaufort, Earl dan Adipati Somerset
Earl Somerset
Pendahulu Henry Beaufort, Earl Kedua
Pengganti Edmund Beaufort, Earl Keempat, Adipati Kedua
Pasangan Margaret Beauchamp dari Bletso
Anak
Margaret Beaufort
Wangsa Wangsa Beaufort
Ayah John Beaufort, Earl Pertama
Ibu Margaret Beaufort, Comtesse Somerset
Meninggal 27 Mei 1444 (usia 40 tahun)

John Beaufort, Adipati Pertama Somerset, KG (1403 – 27 Mei 1444) merupakan seorang bangsawan Inggris dan seorang komandan militer.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Dibaptis pada tanggal 25 Maret 1404, ia merupakan putra kedua John Beaufort, Earl Pertama Somerset dan Margaret Holland, dan menggantikan abangnya Henry Beaufort, Earl Kedua Somerset untuk menjadi Earl Ketiga Somerset pada tahun 1418. Ia juga merupakan Earl Pertama Kendal.

Kampanye Perancis[sunting | sunting sumber]

Earl yang masih belia itu bertikai dengan sepupunya Henry V di dalam kampanye di Perancis pada tahun 1419. Pada tahun 1421 ia menemani adik Raja Thomas dari Lancaster, Adipati Pertama Clarence untuk berperang di Anjou. Thomas tewas terbunuh di medan Perang Baugé sewaktu Somerset dan adiknya ditawan. Pada tanggal 25 Maret 1425, Somerset datang kemayoritasnya, namun daerah ayahnya harus dikelola oleh ibunya selama 13 tahun mendatang sampai ia dibebaskan dari tahanan.

Ia tinggal di dalam tahanan sampai tahun 1438, dan setelah itu ditebus menjadi satu dari pemimpin komandan Inggris di Perancis.[1]

Adipati Somerset: seorang prajurit[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1443 ia dibuat menjadi Adipati Somerset dan Earl Kendal, dibuat menjadi Ordo Garter, dan ditunjuk Jenderal-Kapten Guyenne. Namun ia terbukti sebagai komandan yang buruk. Ia menikahi Margaret Beauchamp dari Bletso pada tahun 1439. Ia memimpin sebuah periode selama dimana Inggris kehilangan banyak wilayah di Perancis. Bupati Humphrey, Adipati Gloucester tidak dapat mengendalikan administrasi hukum dan keuangan dengan pelanggaran hukum yang sesuai. Pada permulaan Richard, Adipati York protektorat kedua, Gloucester menolak jabatan Gubernur-Letnan, yang sebaliknya ditawarkan kepada Somerset. Dari jabatan ini ia menarik gaji sebesar 600 pound dan merupakan Jenderal-Letnan untuk perang bahkan sampai pelantikan York pada tanggal 2 Juli 1440.

Sementara itu Adipati York berperang dengan seorang penyusun taktik Maharaja Talbot yang telah ditunjuk sebagai Letnan dari seluruh Perancis. Dengan istri Adipati Gloucester yang dituduh berkhianat, Somerset mengambil kesempatan di bulan April 1443 untuk mengumumkan dirinya sendiri Letnan Aquitania dan Jenderal-Kapten Guienne. Sementara itu negosiasi Somerset telah dimulai karena Jenderal-Kapten Calais telah gagal. Kedua faktor tersebut membuat York berbalik melawan Beaufort. Namun jerami terakhir adalah pembayaran sebesar £25,000 kepada Somerset sewaktu York tetap terbelit hutang yang beratt. Lebih lanjut lagi Guienne memakan sumber daya yang berharga yang ditakdirkan untuk Normandia.[2].

Pada bulan Agustus 1443, Somerset memimpin 7,000 orang ke Cherbourg, dan berbaris selatan ke Gascony; Adipati itu jatuh sakit. Ia mengarah ke Guerche, sebuah kota Bretagne dimana Inggris telah menandatangani sebuah Perjanjian Perdamaian. Namun Somerset membebaskan semua tahanan, menerima uang dari Adipati Britania. Berbaris tanpa tujuan melalui Maine, ia kembali di musim salju ke Inggris.[3] His death in 1444 may have been due to suicide.[4]Kematiannya, dan saudara laki-lakinya kardinal itu menandai berakhirnya pengaruh Beaufort, dan membiarkan pintu terbuka untuk William de la Pole, Adipati Pertama Suffolk untuk mendominasi pemerintahan.[5] Namun efek terakhir dari kejadian-kejadian tersebut adalah kebencian yang membara antara Istana York dan sisa anggota keluarga Beaufort.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Keturunan tak sah dari John Beaufort:

  1. Jacinda (juga dipanggil Thomasine; tahun 1434 – setelah tahun 1469) menikahi Reginald Grey, Baron Ketujuh Grey de Wilton
  2. Thomasine Beaufort (sebelum tahun 1444 – tahun 1494)
  3. John dari Somerset (tahun 1444 – 1453)

Anak John Beaufort dan Margaret Beauchamp dari Bletso:

  1. Margaret Beaufort (31 Mei 1443 – 29 Juni 1509), ibu Henry VII

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harriss, G.L. Cardinal Beaufort: A Study of Lancastrian Ascendancy and Decline. Oxford: Clarendon, 1988.
  2. ^ Oxford History of England, 1399-1485, 468
  3. ^ Burne, A, 'The Hundred Years War', Folio, (London 2005), 435-6
  4. ^ Harriss, G. L. (2004). "Beaufort, John, duke of Somerset (1404–1444)". Oxford Dictionary of National Biography. Oxford: Oxford University Press. doi:10.1093/ref:odnb/1862. 
  5. ^ Burne, op cit., 438
Bangsawan Inggris
Jabatan baru Adipati Somerset
1443–1444
Berakhir
Didahului oleh:
Henry Beaufort, Earl Kedua
Earl Somerset
1418–1443
Diteruskan oleh:
Edmund Beaufort,
Earl Keempat, Adipati Kedua

Pranala luar[sunting | sunting sumber]