Jogorogo, Ngawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

[butuh rujukan]

Jogorogo
Kecamatan
Kecamatan-jogorogo.jpg

Peta lokasi Kecamatan Jogorogo
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Ngawi
Pemerintahan
 • Camat Suhadi
Luas 65,84 km²[1]
Jumlah penduduk 48.587[1]
Kepadatan 738 jiwa/km²[1]
Desa/kelurahan 12

Jogorogo[2] adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terdapat jalur yang menghubungkan antara Sragen-Ngawi, Magetan-Ngawi, Glodhog-Jogorogo. Ketika terjadi banjir di ngawi November 2007, jalur ini menjadi alternatif dikarenakan jalur umum jalan raya solo putus akibat luapan sungai Bengawan Solo. Jogorogo memiliki beberapa tempat wisata, diantaranya Srambang.

Wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Jogorogo berada di lereng barat laut Gunung Lawu. Dua dari 12 Desa di Kecamatan Jogorogo berbatasan langsung dengan hutan di Gunung Lawu dan menjadi bagian dari sistem utama gunung tersebut, yaitu Desa Girimulyo dan Desa Ngrayudan. Kecamatan Jogorogo memiliki 12 Desa.

  1. Brubuh.
  2. Dawung.
  3. Girimulyo.
  4. Jaten.
  5. Jogorogo.
  6. Kletekan.
  7. Macanan.
  8. Ngrayudan.
  9. Soco.
  10. Talang.
  11. Tanjungsari
  12. Umbulrejo.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan Jogorogo terdapat objek wisata air terjun, dengan nama Air Terjun Srambang. Air terjun ini berlokasi di desa Girimulyo, desa yang tertinggi daerahnya di Kecamatan Jogorogo. Air terjun Srambang berada di tengah hutan pinus ( Perhutani ). Untuk mencapai tempat wisata ini para wisatawan ini akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari hijaunya pepohonan lereng gunung yang indah dan segarnya udara pegunungan yang masih alami. Tapi sayang jalan menuju air terjun kurang begitu tertata dengan rapi, jadi peran Pemerintah Kabupaten Ngawi mutlak diperlukan untuk mengembangkan kawasan wisata ini.

Galeri[sunting | sunting sumber]




Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]