Joe Dumars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joe Dumars

Joe Dumars (lahir di Shreveport, Louisiana, Amerika Serikat, 24 Mei 1963; umur 50 tahun) adalah mantan pemain bola basket Amerika Serikat, dan sekarang menjadi Presiden Operasional Bola Basket Detroit Pistons.

Dengan tinggi 190 cm ia kadang bermain sebagai shooting guard atau point guard dalam bertahan dan menjadi pemain bertahan yang berefektif tinggi. Dumars dan Isiah Thomas dikombinasikan untuk dimasukkan menjadi salah satu pemain belakang terbaik di National Basketball Association selama era 1980an sampai awal 1990an. Posisinya yang sebagai shooting guard, Dumars pindah posisinya sebagai point guard setelah Thomas pensiun tahun1994, ia berbagi bola dan berduet dengan Grant Hill. Dumars namanya dimasukkan dalam Basketball Hall of Fame tahun 2006.

Karier bermain[sunting | sunting sumber]

Di draft pada urutan #18 secara keseluruhan pada ronde pertama 1985 NBA Draft dan keluar dari McNeese State University, ia berposisi guard untuk Detroit Pistons pada perjalanan kariernya, dari 1985 sampai 1999. Menariknya, Dumars' menjadi pemain favorit di NBA, menurut program atletik McNeese State, setelah Isiah Thomas. Ia memenangkan 2 kejuaraan sebagai pemain pada 1989 dan 1990, dan divoting pada 1989 Finals sebagai MVP, rata-rata mencetak 27.3 poin per game saat Pistons menyapu Los Angeles Lakers pada 4 pertandingan. Beberapa tahun berikutnya, ia memenangkan penghargaan selama berlangsungnya Eastern Conference Finals, dengan Dennis Rodman, menerapkan kebijakan pelatih Chuck Daly yaitu "Jordan Rules" sesuai buku permainan bertahan, yang mana kekuatan Chicago Bulls memaksa mereka membuat strategi ofensif untuk mengurangi pemasukan Michael Jordan dan lainnya kepada anggota tim lainnya. Menurut Jordan, Dumars adalah defender terbaik saat ia berhadapan dengannya di NBA.

Selama kariernya, ia terpilih dalam tim All-Star 6 kali, dan masuk All-Defensive first team 4 kali. Dalam 14 musim, semua dengan Pistons, Dumars mencetak 16,401 poin, membuat 4,612 assist, menghasilkan 2,203 rebound dan menyumbang 902 steal.

Walaupun dalam tim ia dikenal sebagai "Bad Boys", diketahui karena keagresifan permainan dan sikap sahaja mereka, ia menjadi pribadi yang pendiam dan berperilaku yang baik. The NBA has named its Sportsmanship Award after him.

Nomor punggung kostumnya #4 telah dipensiunkan Pistons pada tahun 2000.

Dumars bersekolah di Natchitoches Central High School di Natchitoches, Louisiana.