JoJo's Bizarre Adventure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
JoJo no Kimyō na Bōken
Gambar sampul manga volume pertama yang diterbitkan oleh Shueisha pada tahun 1987 di Jepang
ジョジョの奇妙な冒険
(JoJo no Kimyō na Bōken)
GenrePetualangan, fantasi, supernatural[1]
Manga
PengarangHirohiko Araki
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
Viz Media (Bagian 1–4)
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo (Level Comics)
Majalah
DemografiShōnen, seinen
Terbit1 Januari 1987 – sekarang
Volume131 (Daftar volume)
Bagian manga
  1. Phantom Blood
  2. Battle Tendency
  3. Stardust Crusaders
  4. Diamond Is Unbreakable
  5. Golden Wind
  6. Stone Ocean
  7. Steel Ball Run
  8. JoJolion
  9. JoJoLands
Novel ringan
PengarangMayori Sekijima
Hiroshi Yamaguchi
IlustratorHirohiko Araki
PenerbitShueisha
ImprintJump J-Books
DemografiPria
Terbit4 November 1993 (1993-11-04)
Anime
Novel ringan
Le Bizzarre Avventure di GioGio II: Golden Heart/Golden Ring
PengarangGichi Ōtsuka
Miya Shōtarō
IlustratorHirohiko Araki
PenerbitShueisha
ImprintJump J-Books
DemografiPria
Terbit28 Mei 2001 (2001-05-28)
Novel ringan
The Book: JoJo's Bizarre Adventure 4th Another Day
PengarangOtsuichi
IlustratorHirohiko Araki
PenerbitShueisha
ImprintJump J-Books
DemografiPria
Terbit26 November 2007 (2007-11-26)
Novel ringan
Purple Haze Feedback
PengarangKouhei Kadono
IlustratorHirohiko Araki
PenerbitShueisha
ImprintJump J-Books
DemografiPria
Terbit16 September 2011 (2011-09-16)
Novel ringan
JoJo's Bizarre Adventure: Over Heaven
PengarangNisio Isin
IlustratorHirohiko Araki
PenerbitShueisha
ImprintJump J-Books
DemografiPria
Terbit16 Desember 2011 (2011-12-16)
Novel ringan
Jorge Joestar
PengarangŌtarō Maijō
IlustratorHirohiko Araki
PenerbitShueisha
ImprintJump J-Books
DemografiPria
Terbit19 September 2012 (2012-09-19)
Media terkait
 Portal anime dan manga

JoJo no Kimyō na Bōken (Jepang: ジョジョの奇妙な冒険), yang diterbitkan di Indonesia dengan judul JoJo's Bizarre Adventure, adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hirohiko Araki. Manga ini pada awalnya dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump sejak tahun 1987 hingga 2004 sebelum dipindahkan ke majalah seinen bulanan Ultra Jump pada tahun 2005. Plot cerita yang sekarang berlangsung, JoJolands, telah dimulai dari Februari 2023. JoJo no Kimyō na Bōken saat ini merupakan seri manga terbesar kedua milik Shueisha dan bab-bab tunggalnya telah dibundel menjadi 123 volume tankōbon, dan masih akan terus berlanjut.

Sebuah adaptasi animasi video asli berjumlah enam volume dari bagian akhir plot cerita ketiga seri ini dirilis pada tahun 1993 hingga 1994 oleh studio A.P.P.P., diikuti dengan seri tujuh volume lainnya yang mencakup bagian awal plot cerita sejak tahun 2000 hingga 2002. A.P.P.P. juga memproduksi film bioskop untuk plot cerita pertama pada tahun 2007. Pada tahun 2012, sebuah serial anime yang diproduksi oleh David Production mulai tayang di saluran Tokyo MX. Pada Desember 2022, studio tersebut telah memproduksi lima musim yang terdiri dari total 190 episode yang diadaptasi sampai plot cerita keenam, Stone Ocean.

Manga JoJo no Kimyō na Bōken telah terjual sebanyak lebih dari 100 juta kopi dalam bentuk cetak, membuatnya menjadi salah satu seri manga terlaris dalam sejarah, dan telah menghasilkan waralaba media besar termasuk beberapa novel dan permainan video, action figure, jaringan perhiasan, dan bahkan makanan ringan. Dari tahun 2003 hingga 2005, Super Techno Arts merilis kedua seri OVA di Amerika Utara. Viz Media merilis terjemahan untuk bagian ketiga dari JoJo no Kimyō na Bōken di Amerika Utara sejak tahun 2005 hingga 2010, tetapi mulai menerbitkan seri ini semenjak tahun 2015. Di Indonesia, manga JoJo no Kimyō na Bōken diterbitkan dengan nama JoJo's Bizarre Adventure oleh Level Comics dan Elex Media Komputindo pada tahun 2022.

Adaptasi anime JoJo no Kimyō na Bōken atau JoJo's Bizarre Adventure juga ditayangkan dengan takarir bahasa Indonesia melalui kanal Youtube Muse Indonesia hingga musim keempat (bagian kelima, Golden Wind).

Media[sunting | sunting sumber]

Plot[sunting | sunting sumber]

Setiap bagian menceritakan Protagonis yang berasal dari keluarga Joestar (ジョースター家, Jōsutā ke). Setiap anggota keluarga Joestar mempunyai tanda lahir berupa bintang, yang berada di dekat leher dan terletak di bahu. Pada umumnya para protagonis ini dipanggil dengan nama "Jojo" dan pada umumnya juga para Jojo akan berkonflik dengan kekuatan supranatural menghadapi berbagai macam antagonis dengan dibantu rekan-rekannya. Bagian 1 sampai 6 memiliki kontinuitas waktu dan berada di alam semesta yang sama, sedangkan bagian 7, 8, dan 9 sudah berada di alam semesta yang berbeda.

Part I: Phantom Blood (ファントムブラッド, Fantomu Buraddo)[sunting | sunting sumber]

Berlatar belakang di Inggris pada akhir Abad 19, sang tokoh utama, Jonathan Joestar bertemu dengan saudara angkat barunya, Dio Brando. Perlahan tapi pasti, Dio mulai mengacaukan hidup Jonathan karena Dio ingin merebut hak Jonatahan sebagai pewaris kekayaan keluarga Joestar. Pada suatu hari, Dio mengenakan sebuah topeng batu misterius yang mengubahnya menjadi Vampir. Jonathan pun akhirnya belajar ilmu bela diri yang memanfaatkan teknik pernapasan, yakni Hamon, dari orang Italia bernama Will A. Zeppeli (namanya adalah referensi dari Led Zeppelin) dan Robert E.O Speedwagon (referensi dari REO Speedwagon) untuk menghentikan kejahatan Dio.

Part II: Battle Tendency (戦闘潮流, Sentō Chōryū)[sunting | sunting sumber]

Joseph Joestar adalah cucu dari Jonathan yang hidup sebagai remaja nakal di Kota New York pada tahun 1938 dan terlahir dengan bakat untuk mempelajari Hamon. Joseph pun menginvestigasi kabar kematian Speedwagon saat penggalian, Joseph terpaksa berurusan dengan Pillar Men, sekelompok bangsa kuno yang rupanya adalah pencipta dari topeng batu yang dipakai oleh Dio Brando. Joseph bersama dengan cucu Will, yakni Caesar Zeppeli pun berlatih Hamon dengan bimbingan Lisa Lisa, untuk menghentikan niat para Pillar Men untuk menguasai dunia.

Part III: Stardust Crusader's (スターダストクルセイダース, Sutādasuto Kuruseidāsus)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1987 di Jepang, Jotaro Kujo, seorang pelajar SMA yang juga cucu dari Joseph, masuk ke dalam penjara yang ia percayai sendiri sebagai akibat dari "kuasa roh jahat". Joseph Joestar yang kini sudah lansia pun dipanggil ke Jepang oleh anak perempuannya yang juga merupakan ibu Jotaro, Holly. Pada akhirnya Joseph meminta tolong pada rekannya yang berasal dari Mesir, Mohammed Avdol yang merupakan seorang peramal. Avdol pun mengatakan bahwa Jotaro memiliki kekuatan supranatural yang disebut sebagai Stand, yang merupakan manifestasi jiwa para penggunanya, stand hanya bisa dilihat oleh sesama pengguna stand juga, hal ini terjadi karena Dio berhasil mengambil alih tubuh Jonathan untuk dipakainya, Jotaro pun menamai standnya sebagai Star Platinum. Holly terkena juga efek ini dan mempunyai Stand, akan tetapi tubuhnya tak mampu menerimanya dan ia pun jatuh sakit, hal ini terpaksa membuat Joseph, Avdol, Jotaro, Kakyoin, beserta teman barunya Polnareff dan Iggy untuk pergi ke Mesir dan mencari keberadaan Dio.

Part IV: Diamond is Unbreakable (ダイヤモンドは砕けない, Daiyamondo wa Kudakenai)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999 di kota fiksi bernama Morioh, Jotaro mencari keberadaan Josuke Higashikata yang merupakan anak kandung Joseph hasil perselingkuhannya dengan seorang wanita Jepang. Josuke juga memiliki kekuatan stand dan Jotaro memperingatkannya bahwa kota Morioh sudah mulai banyak pengguna stand akibat dari panah yang apabila orang terpilih tertusuk, maka orang itu akan mendapat kekuatan stand. Dengan dibantu oleh Jotaro dan teman pengguna stand lainnya yakni Koichi Hirose, Okuyasu Nijimura, dan Rohan Kishibe, Josuke membasmi para pengguna stand yang jahat satu persatu. Rohan Kishibe mendapat petunjuk dari hantu bernama Reimi Sugimoto tentang bahaya seorang pembunuh berantai, yang juga sudah membunuh Reimi, berkeliaran namun tak terdeteksi di kota Morioh. Kematian dari seorang pengguna stand membimbing Josuke dan teman temannya pada sang sosok pembunuh, Yoshikage Kira, yang memiliki ketertarikan seksual aneh terhadap tangan wanita cantik, dengan stand-nya yakni Killer Queen (referensi dari lagu band Queen) yang berkemampuan mengubah apapun yang disentuhnya menjadi bom dengan daya ledak sempurna, tanpa sisa.

Part V: Golden Wind (黄金の風, Ōgon no Kaze)[sunting | sunting sumber]

Dua tahun setelah kejadian di Morioh, Jotaro meminta bantuan Koichi Hirose untuk pergi ke Napoli, Italia, dengan bantuan dari stand Rohan Kishibe, yakni Heavens Door (referensi dari lagu Bob Dylan) untuk bisa berbicara dalam bahasa Italia. Koichi menyelidiki seorang remaja yang belakangan diketahui mengubah namanya menjadi Giorno Giovanna dari informasi yang dikumpulkan Koichi. Jotaro menyadari bahwa Giorno adalah anak dari Dio dan secara biologis adalah keturunan langsung Joestar karena Dio memakai tubuh Jonathan. Giorno Giovanna bermimpi untuk mengubah sistem mafia, sehingga dia pun bergabung dengan geng mafia Passione dibawah pimpinan Bruno Bucciarati untuk mencari identitas dan mengkhianati Boss, sang pimpinan tertinggi Passione.

Part VI: Stone Ocean(ストーンオーシャン, Sutōn Ōshan)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2011, Jolyne Cujoh, putri dari Jotaro, masuk ke penjara Green Dolphin St. Prison, Florida atas kasus pembunuhan. Jotaro pun datang menemuinya dan mengatakan bahwa ia dijebak oleh pengikut Dio. Jotaro juga menyatakan bahwa hadiah yang ia kirim dan melukai Jolyne bertujuan agar Jolyne mendapatkan kekuatan stand. Jotaro diserang oleh stand musuh yang berhasi mencuri Star Platinum dan ingatan dari Jotaro. Jolyne pun akhirnya harus menyelamatkan ayahnya dengan dibantu Ermes Costello, Emporio Alnino, Narciso Anasui, dan Weather Report untuk menghentikan aksi sang musuh utama, seorang pendeta Italia, Enrico Pucci, dalam usahanya untuk menciptakan kembali alam semesta yang sesuai bayangan Dio.

Part VII: Steel Ball Run (スティール・ボール・ラン, Sutīru Bōru Ran)[sunting | sunting sumber]

Bagian ini mengambil latar semesta yang berbeda dengan keenam part sebelumnya. Pada tahun 1890, Gyro Zeppeli yang berasal dari Napoli, Italia, berlayar ke Amerika Serikat untuk mengikuti lomba balap kuda bertajuk Steel Ball Run yang dimulai dari San Diego, California sampai ke New York City. Gyro memiliki kemampuan bela diri mistis yang disebut Spin. Johnny Joestar, seorang mantan joki kuda terkenal yang sekarang sudah lumpuh, menjadi tertarik dengan kemampuan Gyro karena kemampuan itu dapat membuatnya berjalan kembali untuk sesaat. Johnny pun akhirnya mengikuti juga kontes Steel Ball Run agar ia bisa mempelajari teknik spin dan tidak menjadi lumpuh selamanya. Ketika ditengah lomba, mereka menyadari bahwa lomba ini adalah akal-akalan dari presiden Amerika Serikat , Funny Valentine yang bertujuan mendapatkan semua bagian dari "Mayat Kudus", agar mendapat kekuatan yang luar biasa untuk menjadikan Amerika Serikat sebagai negara adikuasa. Valentine sendiri sudah mendapatkan jantung dari mayat kudus, yang memberinya stand yang ia namai Dirty Deeds Done Dirt Cheap, disingkat D4C (referensi dari lagu AC/DC) yang memiliki kekuatan berpindah antar semesta.

Part VIII: JoJolion (ジョジョリオン, Jojorion)[sunting | sunting sumber]

Di semesta yang sama dengan Steel Ball Run, pada tahun 2012, kota Morioh terkena dampak dari gempa bumi dan adanya kemunculan seorang remaja yang Amnesia dan memiliki empat testis, dan akhirnya dinamai Josuke Higashikata.

Adaptasi film[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, diumumkan bahwa Toho dan Warner Bros. bekerja sama untuk memproduksi film laga hidup (live-action) yang didasarkan dari plot cerita keempat dari JoJo no Kimyō na Bōken. Takashi Miike menyutradarai film yang dibintangi Kento Yamazaki sebagai Josuke tersebut yang dirilis pada musim panas tahun 2017. Kedua studio berencana untuk mendistribusikan film tersebut ke seluruh dunia serta berharap untuk membuat sekuelnya.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Official Website for JoJo's Bizarre Adventure". Viz Media. Diakses tanggal 27 Oktober 2017. 
  2. ^ Blair, Gavin J. (28 September 2016). "Takashi Miike to Direct Warner Bros. Japan, Toho Co-Production Based on Manga". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Oktober 2016. Diakses tanggal 20 Januari 2019. 
  3. ^ "Live-Action JoJo's Bizarre Adventure Film's 1st Teaser Shows Cast at Press Conference". Anime News Network. 18 November 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Desember 2016. Diakses tanggal 16 Desember 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]