Jiung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jiung Band
Berkas:Jiung Band.JPG
Latar belakang
Asal Bendera Indonesia Indonesia
Genre Rock
Label indie
Anggota Ajoel(vocal), Zee Zee Shahab (Vocal), Dhika(led guitar), Ahmad Kaka(Bass), Novalga anggi(keyboard), Pilun(rythem Guitar+pantun), chandra 'becak' (drum)

Jiung Band atau yang sering disebut Jiung adalah band dari Jakarta.(walaupun tidak ada satupun personilnya yang asli betawi). Musik dan aksi panggung yang tergolong 'aneh' membuat band ini cukup menjadi pusat perhatian serta pioneer pada sekitar tahun 2001-2006, setelah itu mulai banyak bermunculan band-band yg mencoba mengikuti.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jiung terbentuk pada bulan Oktober, 2000. Yang merupakan sekumpulan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) jurusan seni rupa. Nama Jiung diambil dari nama kakek seniman Betawi H. Benyamin S (alm), yaitu Haji Ung, kemudian disingkat menjadi "JIUNG". aksi panggung yang gila-gilaan, dan juga diselingi oleh pantun-pantun. Jiung juga sempat dikontrak beberapa acara di stasiun televisi seperti Ngabuburit Kocak - Trans TV, yaitu program musik dan lawak di bulan puasa, Adu Heboh - Lativi, yaitu program kuis adu ketangkasan dan panjat pinang, dan menjadi bintang tamu pada acara API - Audisi Pelawak TPI, Kuis Dangdut - TPI dll.

Pada September 2005, Jiung merilis album dalam bentuk CD (compact disc) yang diproduksi sendiri secara indie. Proses recording dilakukan di Flip Studio, Kemang dengan bantuan Derry 'bunglon dan proses Mixing dilakukan di Vidi Vici Studio oleh Dade & Didit 'Plastik. Pada album yang diberi judul "Ape Adenye" ini berisi 11 lagu karya-karya Jiung sendiri yang di distribusi secara Direct Sale, yaitu dijual pada saat Jiung manggung. Kemudian setelah banyak permintaan, kita menjalin kerjasama dengan beberapa distro yang ada di jadebotabek dan bandung, purwokerto.

Kemudian Jiung merilis video klip yang di produseri oleh Zeki Siregar pada singel pertama dengan judul "Blangwir", 3 bulan kemudian menggarap klip kedua pada lagu "Kalo Tibe Waktunye".

Jiung menjadi salah satu band yang banyak mengisi acara PENSI pada waktu itu. Jadwal panggung yang padat pada saat itu membuat pengerjaan album ke 2 mereka tersendat dan nyaris gagal karena terjadi perpecahan visi didalamnya, dan membuat Tia hengkang, kemudian diikuti oleh keluarnya sang keyboardis Daus. Kemudian Lanny datang mengisi kekosongan sebagai vokalis, sementara keyboard diisi oleh Novalga Anggi(saat itu masih bergabung dengan band Pilot) sebagai additional player.

Tahun 2010 Jiung mendapat kepercayaan mengerjakan album soundtrack film layar lebar "Tarzan nyasar ke kota", yang juga menghantarkan sang vokalis ke dunia layar kaca.

Setelah album soundtrack tarsan, Jiung vakum selama hampir 1 tahun. Kemudian tahun 2011, jiung kembali menelurkan album Palugade, bekerja sama dengan label bernama "konsinyasi" dengan lagu Pasar malam yang menjadi lagu jagoan di album ini. Meskipun kurang promosi, lagu Nangningnung di album ini mampu membawa jiung sebagai pemenang kategori lagu komedi di ajang penghargaan musik "cutting edge 2012".

Seiring berjalannya waktu Jiung akhirnya mendapat pengakuan dari masyarakat sebagai salah satu band yang konsisten melestarikan budaya betawi melalui interpretasinya sendiri. Berbagai macam undangan berdatangan untuk mengisi acara, terutama pada ulang tahun DKI Jakarta. Hal yang cukup membanggakan untuk Jiung adalah; dengan mendapatkan kesempatan mengisi acara HFN 2015 di Istana Negara. Berkolaborasi dengan gambang kromong membuat musik Jiung lebih kental dengan nuansa betawi.

Personil : 2000-2005 Ajul (vocal), Tia(vocal), pilun (pantun), dhika(guitar), daus 'rojali'(keyboard), oldy(bass), budi(drum).

2005-2006 Ajul (vocal), Tia(vocal), pilun (pantun), dhika(guitar), daus 'rojali'(keyboard), oldy(bass), chandra 'beca'(drum).

2008-2011 Ajul (vocal), Lanny(vocal), pilun (pantun), dhika(guitar), novalga anggi(keyboard), oldy(bass), chandra 'beca'(drum).

2011-sekarang Ajul (vocal), zeezee shahab(vocal), pilun (pantun), dhika(guitar), novalga anggi(keyboard), ahmad Kaka(bass), budi(drum).

Manager 2011-sekarang: Dhika Phone/WA 081213388187 Bbm 54D5077A

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]