Jiung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jiung Band
Latar belakang
Asal Bendera Indonesia Indonesia
Genre Rock
Label KONSINYASI PRODUCTION - HELLO MEDIA, Konsinyasi Teori

Jiung Band atau yang sering disebut Jiung adalah grup musik (band) dari Betawi asli. Band ini memakai slogan diri all we can say is.....we are batavian rock band!!!!

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jiung terbentuk pada bulan Oktober, 2000. Yang merupakan sekumpulan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) jurusan seni rupa. Nama Jiung diambil dari nama kakek seniman Betawi H. Benyamin S (alm), yaitu Haji Ung, kemudian disingkat menjadi "JIUNG". aksi panggung yang gila-gilaan, dan juga diselingi oleh pantun-pantun. Jiung juga sempat dikontrak beberapa acara di stasiun televisi seperti Ngabuburit Kocak - Trans TV, yaitu program musik dan lawak di bulan puasa, Adu Heboh - Lativi, yaitu program kuis adu ketangkasan dan panjat pinang, dan menjadi bintang tamu pada acara API - Audisi Pelawak TPI, Kuis Dangdut - TPI dll.

Pada September 2005, Jiung merilis album dalam bentuk CD (compact disc) yang diproduksi sendiri secara indie. Proses recording dilakukan di Flip Studio, Kemang dengan bantuan Derry 'bunglon dan proses Mixing dilakukan di Vidi Vici Studio oleh Dade & Didit 'Plastik. Pada album yang diberi judul "Ape Adenye" ini berisi 11 lagu karya-karya Jiung sendiri yang di distribusi secara Direct Sale, yaitu dijual pada saat Jiung manggung. Kemudian setelah banyak permintaan, kita menjalin kerjasama dengan beberapa distro yang ada di jadebotabek dan bandung, purwokerto.

Kemudian Jiung merilis video klip yang di produseri oleh Zeki Siregar pada singel pertama dengan judul "Blangwir", 3 bulan kemudian menggarap klip kedua pada lagu "Kalo Tibe Waktunye".

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]