Jinjiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kota Jinjiang dilihat dari Jembatan Citong.

Jinjiang (晋江市/ Minnan: Chìn-kang-chhī) ialah kota setingkat kabupaten yang terletak di Quanzhou, Fujian. Terletak di bagian tenggara provinsi ini, di kanan atau selatan bantaran Sungai Jin, di seberang distrik kota Fengze. Kota Jinjiang juga berbatasan dengan Selat Taiwan di Laut China Timur di selatan, dan berturut-turut kota kabupaten Quanzhou lainnya Shishi dan Nan'an di timur dan barat.

Jinjiang terkenal karena banyaknya pabrik luar negeri yang beroperasi di sini, khususnya pakaian dan alas kaki bermerek nama.

Penduduk Jinjiang berbahasa Minnan. Sebagian besar penduduknya bisa juga bercakap bahasa Mandarin, yang digunakan di sekolah dan untuk berhubungan dengan penutur bahasa Mandarin dalam bisnis dan kehidupan harian.

Jinjiang ialah tempat Bandara Quanzhou. Fasilitasnya memenuhi standar internasional namun bandara ini hanya melayani penerbangan dalam negeri karena provinsi ini hanya diberi 2 bandara internasional, satu di ibu kotanya Fuzhou dan satu lagi di dekat Xiamen.

Pada 25 Juli 2006 terjadi longsor di Jinjiang, Fujian 4 jam setelah serangan Topan Kaemi di Taiwan membuat lebih dari 500.000 penduduk harus mengungsi dari Zhejiang, di mana taifun Bilis menelan 612 korban jiwa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]