Jinjiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jinjiang (晋江市; pinyin: Jìnjiāng) ialah kota setingkat kabupaten di Kotamadya Quanzhou, Fujian. Terletak di bagian tenggara provinsi ini, di kanan atau selatan bantaran Sungai Jin, di seberang distrik kota Quanzhou Fengze. Kota Jinjiang juga berbatasan dengan Selat Taiwan di Laut China Timur di selatan, dan berturut-turut kota kabupaten Quanzhou lainnya Shishi dan Nan'an di timur dan barat.

Jinjiang terkenal karena banyaknya pabrik luar negeri yang beroperasi di sini, khususnya pakaian dan alas kaki bermerek nama. Meski keadaan sweatshop-nya mengerikan, banyak pekerja migran datang dari sekitarnya dan malahan dari luar provinsi untuk mengadakan kontrak tahunan.

Penduduk Jinjiang bercakap semacam logat Minnan atau Hokkien yang mirip dengan yang di Xiamen maupun Taiwan. Sebagian besar penduduknya bisa juga bercakap bahasa Mandarin, yang digunakan di sekolah dan untuk berhubungan dengan penutur non-minnan dalam bisnis dan kehidupan harian.

Jinjiang ialah tempat Bandara Quanzhou, hadiah dari Lai Changxing (seorang koruptor). Fasilitasnya memenuhi standar internasional namun bandara ini hanya melayani penerbangan dalam negeri karena provinsi ini hanya diberi 2 bandara internasional, satu di ibukotanya Fuzhou dan satu lagi di dekat Xiamen.

Pada 25 Juli 2006 terjadi longsor di Jinjiang, Fujian 4 jam setelah serangan Topan Kaemi di Taiwan membuat lebih dari 500.000 penduduk harus mengungsi dari Zhejiang, di mana taifun Bilis menelan 612 korban jiwa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]