Jindrich dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jindřich Korutanský)
Langsung ke: navigasi, cari
Jindřich Korutanský
Lambang Jindřich Korutanský, Adipati Kärnten, 1303
Lambang Jindřich Korutanský, Adipati Kärnten, 1303
Raja Bohemia dan (tituler) Polandia
Memerintah 1306
Pendahulu Wenceslaus III Přemyslid
Pengganti Rudolph I dari Habsburg
Raja Bohemia dan (tituler) Polandia
Memerintah 3/4 Juli 1307 – 31 Agustus 1310
Pendahulu Rudolph I dari Habsburg
Pengganti Jan Lucemburský
Adipati Kärnten
Memerintah 1 November 1295 – 2 April 1335
Pendahulu Meinhard
Pengganti Albert II dari Austria
Pangeran Tirol
Memerintah 1 November 1295 – 2 April 1335
Pendahulu Meinhard
Pengganti Margaret dengan Jan Jindřich dari Luksemburg
Pasangan Anna Přemyslovna
Adelaide dari Brunswick-Lüneburg
Beatrice dari Savoia
Ayah Meinhard II dari Gorizia-Tirol
Ibu Elisabeth dari Wittelsbach
Lahir sekitar tahun 1265
Meninggal 2 April 1335 (usia 70)
Puri Tirol
Dikubur Biara Stams

Jindřich Korutanský (sekitar tahun 1265 – 2 April 1335) berasal dari Wangsa Meinhardin merupakan Raja Bohemia pada tahun 1306 dan sekali lagi dari tahun 1307 sampai tahun 1310 juga sebagai Pangeran Tirol dan Adipati Kärnten dan Carniola dari tahun 1295 sampai kematiannya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Jindřich Korutanský merupakan putra Meinhard II dari Gorizia-Tirol dan Elisabeth, putri Bayern Adipati Otto II Wittelsbach. Ayahnya memberikannya wilayah Kärnten dan Tirol, yang semula dipimpin olehnya bersama-sama dengan saudara-saudaranya Otto dan Louis, sampai ia hidup lebih lama dari mereka. Ia mengamankan posisinya dengan mendukung saudara iparnya, Adipati Austria Albert I of Habsburg, yang mengalahkan saingannya Adolf dari Nassau pada tahun 1298 Perang Göllheim dan ditunjuk sebagai Raja Romawi pada tahun yang sama.

Namun ketegangan dengan Wangsa Habsburg meningkat ketika pada tahun 1306 Jindřich menikahi Anna Přemyslovna, putri mendiang Raja Wenceslaus II dari Bohemia. Sebagai pemimpin Přemyslid yang terakhir, Wenceslaus III tewas terbunuh pada tahun yang sama, saudara iparnya ditunjuk sebagai Raja Bohemia dan tituler Raja Polandia (1307–1310) - menentang wasiat Raja Jerman Albert I dari Habsburg, yang ingin menempatkan putra sulungnya Rudolph ke atas tahta Bohemia. Habsburg segera berkampanye di Bohemia, menduduki Praha dan menggulingkan Jindřich, yang harus menyerah pada kekuatan pasukan besar mereka.

Namun Rudolf tidak pernah diterima oleh bangsawan Bohemia, dan setelah ia meninggal pada tanggal 4 Juli 1307, Jindřich terpilih kembali sebagai Raja Bohemia pada tanggal 15 Agustus. Ancaman dari Wangsa Habsburgberantakan dengan pembunuhan Raja Albert I pada tahun 1308; akan tetapi, pemerintahan Jindřich tidak stabil dan raja Jerman yang baru, Heinrich VII dari Luksemburg juga memiliki rasa tamak akan Kerajaan Bohemia. Pada tahun 1310 ia mengatur pernikahan putra sulungnya Jan Lucemburský dengan Eliška Přemyslovna, adik perempuan mendiang Raja Wenceslaus III. Didukung oleh para bangsawan lokal dan ayahnya, Jan berkampanye di Bohemia dan menggulingkan Jindřich untuk kedua kalinya. Jan dimahkotai sebagai raja pada tahun berikutnya, Jindřich dan Anna terpaksa mengundurkan diri ke Kärnten.

Jindřich berhasil menahan wilayah Kärnten dan Tirol oleh rekonsiliasi dengan Wangsa Habsburg. Bersikeras dengan gelar "Raja Bohemia" dan melibatkan martabat pemilih, ia ambil bagian pada tahun 1314 pemilihan rex Romanorum, memungut suara untuk Habsburg Frederick yang Tampan. Haknya untuk memilih merupakan salah satu alasan hasil ambigu, karena saingan Jindřich memberi suara Bohemia kepada Ludwig IV dari Wittelsbach. Jindřich kemudian membantu mengatur penyelesaian damai di antara para pesaing tersebut

Pernikahan & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Jindřich menikah tiga kali:

Pada tahun 1306, ia menikahi Anna Přemyslovna (1290–1313). Pernikahan ini tidak menghasilkan keturunan.

Pada tahun 1313, ia menikahi Adelaide dari Brunswick (1285–1320), putri Henry I, Adipati Brunswick-Lüneburg. Pernikahan ini menghasilkan 2 orang putri:

  1. Adelaide (1317–25 Mei 1325).
  2. Margaret "Maultasch" (1318–3 Oktober 1369, Wina), Comtesse Tirol dari tahun 1335 sampai 1363.

Pada tahun 1327, ia menikahi Beatrice (1310–1331), putri Pangeran Amadeus V dari Savoia. Pernikahan ini tidak menghasilkan keturunan.

Jindřich juga berekonsiliasi dengan Wangsa Luksemburg dan pada tahun 1330 menikahkan putrinya Margaret dengan putra Raja Jindřich Jan Jindřich. Karena ia merupakan keturunan laki-laki terakhir wangsa Tirol Meinhardiner, ia berupaya untuk menjaga harta mereka, namun akhirnya gagal. Meskipun Kaisar Ludwig IV, sebagai balasan atas campur tangan Jindřich di dalam perselisihan dengan Frederick yang Tampan, menjaminnya pada tahun 1330 bahwa putrinya dapat menggantikannya, Ludwig mengingkari janjinya di dalam sebuah perjanjian rahasia dengan Wangsa Habsburg pada tahun yang sama. Setelah kematian Jindřich pada tahun 1335, Adipati Austria Albert II dari Habsburg dan saudaranya Otto IV yang Periang mengambil alih kendali Kärnten dan Carniola. Putri Jindřich hanya dapat menggantikannya di Tirol, namun pada tahun 1363 harus menyerahkan wilayahnya kepada putra Albert II Rudolf IV dari Habsburg pula.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Meinhard II
Adipati Kärnten
Margrave Carniola

1295–1335
Bersama dengan: Otto III dan Ludwig
Diteruskan oleh:
Albert II dan
Otto IV
Propinsi Tirol
1295–1335
Bersama dengan: Otto III dan Ludwig
Diteruskan oleh:
Margaret
Didahului oleh:
Wenceslaus III
Raja Bohemia
1306
Diteruskan oleh:
Rudolf I
Didahului oleh:
Rudolf I
Raja Bohemia
1307–1310
Diteruskan oleh:
Jindřich