Jimmy Delshad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jamshid "Jimmy" Delshad (pelafalan dalam bahasa Persia: جیمی دلشاد) adalah politikus keturunan Irani-Amerika dari wilayah California. Pada 21 Maret 2007, ia terpilih menjadi wali kota Beverly Hills, California.[1] Sebagian besar anggota Dewan Kota sepakat mendukung pencalonannya. Sebelumnya, ia kembali terpilih menjadi anggota Dewan Kota dengan dukungan 21,8 persen suara. Ini kali pertama Beverly Hills dipimpin wali kota keturunan Iran.

Saat pemilihan, Delshad menjadi yang pertama muncul untuk jabatan publik yang keturunan Iran-Amerika. Ia adalah lulusan California State University, Northridge. Ia telah menetap di Amerika selama tidak kurang 48 tahun.

Selama ini, Beverly Hills memiliki metode tersendiri untuk memilih wali kota. Pemilihan tak langsung dilakukan warga, tetapi melalui voting Dewan Kota. Lima anggota Dewan Kota menunjuk seorang di antara mereka untuk menjadi wali kota dengan masa jabatan satu tahun. Biasanya, posisi tersebut diberikan kepada anggota Dewan Kota yang paling senior. Berdasarkan senioritas itu, Delshad kemudian terpilih. Ia berjanji memberikan lebih banyak peluang kepada kaum minoritas di wilayahnya selama masa jabatannya. Selain itu, dia juga berjanji menertibkan lalu lintas dan menambah lahan parkir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]