Jetfire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jetfire
Jetfire.jpg
Decepticon, lalu beralih ke Autobot
Sub-grup Cyberjets
Voyagers
Micro Vehicles
Fungsi Air Guardian
Peringkat 10 (Generation 1)
9 (Generation 2)
Semboyan "Among mysteries of science lies the key to victory."
"The gale that encircles enemy lines at supersonic speed-- that is R-Blade!"
"Victory lies in the conquest of unknown mysteries."
Model alternatif VF-1S Super Valkyrie, Cybertronian jet fighter
F-14 Tomcat (Generation 2)
Sukhoi SU-27 Flanker (Micro)
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Generation 2
Transformers: Robot Masters
Transformers: Titanium
Transformers: Classics

Jetfire (disebut juga Skyfire) adalah salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

(Catatan: Dalam serial Transformers original –versi Amerika Serikat dan Jepang-, nama Jetfire disebut sebagai Skyfire)

Skyfire merupakan salah satu anggota Autobots yang berbentuk pesawat terbang selain Cosmos, Powerglide, dan Omega Supreme. Skyfire bisa berubah menjadi sebuah pesawat terbang VF-1 Valkyrie.

Skyfire merupakan seorang penjelajah luar angkasa. Ia merupakan teman baik dari Starscream, di mana keduanya sama-sama berperan sebagai ilmuwan dan penjelajah luar angkasa.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial season satu Transformers diceritakan bahwa Skyfire dan Starscream merupakan dua penjelajah handal di luar angkasa. Mereka lantas mendeteksi adanya planet misterius yang kaya akan energi (yaitu Bumi), di mana Skyfire tertarik oleh gaya gravitasi Bumi, dan ia jatuh di suatu tempat, sementara Starscream selamat dan ia kembali lagi ke Cybertron.

Empat juta tahun setelah kejadian tersebut, Thundercracker menemukan tubuh Skyfire di sebuah bukit es. Saat itu pihak Decepticons sedang mengadakan penelitian tentang kristal panas. Starscream bersama Rumble lantas membebaskannya, sementara Megatron melihat sebuah peluang jika Skyfire bisa diajak masuk kedalam Decepticons. Dengan teliti, Megatron bersama Starscream dan Soundwave kemudian memperbaiki Skyfire sehingga akhirnya ia hidup kembali.

Skyfire yang karakter aslinya bukan penjahat sempat kebingungan saat menangkap Autobots. Oleh Decepticons, dikatakan bahwa yang jahat itu adalah Autobots. Sementara oleh Autobots dikatakan yang jahat itu adalah Decepticons. Akibat kebingungan tersebut, ia kemudian dimarahi oleh Megatron. Ia juga dianggap pengkhianat gara-gara menolong beberapa anggota Autobots yang terjebak dalam es.

Setelah beberapa lama, ketika Decepticons berhasil menjebak Autobots, Skyfire datang lagi. Kali ini Megatron mengira bahwa ia berubah pikiran dan akan jadi anak buahnya di Decepticons. Namun perkiraan ia salah, Skyfire dengan bangga mengumumkan bahwa ia akan menjadi anggota Autobots.

Setelah itu, pertarungan antara Decepticons dan Autobots tak tertahankan lagi. Salah satunya juga melibatkan dua teman sejawat, Starscream dan Skyfire. Starscream akhirnya merencanakan akan mencuri kristal tersebut, akhirnya Skyfire menembak sendiri Kristal tersebut hingga mengakibatkan tenaganya habis dan akhirnya jatuh. Skyfire kemudian terkubur kembali dalam es.

Beberapa waktu kemudian, Wheeljack dan Huffer menggali bukit es tersebut. Mereka lantas memperbaiki Skyfire dan berhasil. Optimus Prime kemudian mengangkat Skyfire menjadi salah satu pengawas udara dari Autobots. Tugasnya adalah memata-matai Decepticons.

Sebagai pengawas udara dari Autobots, Skyfire juga sering membantu Autobots dalam pertarungan melawan Decepticons. Uniknya ia hanya tampil di serial season satu saja, kemudian di serial season kedua dan seterusnya ia tidak pernah diceritakan lagi. Peran Skyfire di serial season kedua diambil alih oleh Powerglide. Nama Skyfire kemudian tersebut oleh Daniel Witwicky di serial season ketiga sebagai salah satu Autobots yang tewas dalam pertempuran di Autobot City. Beberapa fans Transformers yakin Skyfire tewas saat bertarung melawan Decepticons dalam The Transformers: The Movie.

Hal lain[sunting | sunting sumber]

Bagasi atau kabin yang dimiliki oleh Skyfire cukup besar (mirip dengan bagasi yang dimiliki oleh Astrotrain dari Decepticons), hal itu membuatnya bisa mengangkut beberapa anggota Autobots jika ada masalah ditempat lain. Selain itu dalam bentuk robot, tinggi badan Skyfire jauh lebih besar dibandingkan sang pemimpin, Optimus Prime.

Transformers G2[sunting | sunting sumber]

Dalam komik Transformers G2, meskipun di G1 diyakini atau diceritakan tewas (karena namanya tersebut oleh Daniel Witwicky di makam Autobots) sebuah robot bernama Skyfire kembali tampil. Kali ini ia menjadi salah satu anggota dari tim Cyberjets. Model alternatifnya adalah pesawat F-22 Raptor.

Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Jetfire kembali muncul dalam Transformers: Armada. Berbeda dengan di Transformers G1, kali ini ia tampil dengan model alternative pesawat ulang-alik. Ia merupakan asisten setia dari Optimus Prime. Bahkan Optimus dan Jetfire bisa bergabung dan berubah menjadi Jet Convoy.

Posisi Jetfire di Autobots adalah sebagai komandan kedua di Cybertron. Jetfire meninggalkan Cybertron dalam waktu yang bersamaan dengan Decepticon Thrust, dan tiba di Bumi saat ia menyaksikan perundingan rencana Decepticons dari udara. Musuh bebuyutannya adalah Thrust. Jetfire memiliki rekan Mini-Con bernama Comettor.

Sebagai petarung, Jetfire sangat kuat dan disiplin, namun sayangnya ia lebih mementingkan sikap individualisme ketimbang bekerja sama dengan Autobots yang lain. Selanjutnya ia pun mendapat tiga rekan Mini-Cons baru yaitu Firebot, Makeshift, dan Prowl, yang kemudian disebut juga sebagai Emergency Team, dan Jetfire kemudian berperan sebagai pelindung sekaligus ketua tim tersebut.

Pengisi suara Jetfire dalam Transformers: Armada adalah aktor Scott McNeil untuk versi bahasa Inggris dan Susumu Chiba untuk versi bahasa Jepang.

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers: Energon, Jetfire (di Jepang namanya adalah Skyfire Sonic) kali ini bermitra dengan Ironhide. Ia tidak mempunyai kekuatan powerlink lagi untuk menggabungkan tubuhnya dengan Optimus Prime. Kali ini sifatnya juga berbeda dengan di Armada, di mana ia lebih konsisten dan lebih bisa diajak bekerja sama dengan Autobot lain.

Model alternatifnya di Transformers: Energon adalah sebuah pesawat luar angkasa. Kali ini ia juga mempelajari Spark of Combination, yang bisa menghubungkan dirinya dengan Autobots lain (biasanya adalah Ironhide). Dan dalam pertarungan melawan Unicron, Primus kemudian memberikan Jetfire sebuah kekuatan besar yang akhirnya membuat Jetfire lebih perkasa dibanding sebelumnya.

Pengisi suara Jetfire dalam bahasa Inggris masih sama dengan di Armada, yaitu oleh Scott McNeil, sementara di versi bahasa Jepang oleh Nobuyuki Hiyama.

Transformers: Cybertron[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini Jetfire tampil sebagai salah satu anggota Cybertron Autobots yang kemudian datang ke Bumi untuk membantu tim Autobots Bumi mencari Cyber Planet Keys yang kemudian akan digunakan untuk menutup Black Hole.

Model alternatif Jetfire adalah jet transport Antonov An-225 yang dimodifikasi.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Film 2007[sunting | sunting sumber]

Jetfire tidak tampil dalam film Transformers karya sutradara Michael Bay. Namun dalam produk promo mainan, ia tampil sebagai salah satu merchandise film. Kali ini ia tampil sebagai pesawat jet Cybertron.

Revenge of the Fallen 2009[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Jetfire muncul dalam Transformers: Revenge of the Fallen. Kali ini ia muncul sebagai Decepticons yang kemudian berpindah aliansi ke Autobots. Model pesawat yang ditampilkannya adalah SR-71 Blackbird.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Jetfire ditemukan oleh Sam dan Simmons di Steven F. Udvar-Hazy Center, yang merupakan bagian dari National Air and Space Museum, setelah Wheelie menemukan jejak-jejak Seekers dengan kekuatannya. Sam kemudian mengaktifkan Jetfire dengan memakai fragmen dari Allspark. Awalnya Jetfire dinyatakan berbahaya karena Mikaela melihat logo Decepticons di badannya. Setelah mendengar cerita Sam bahwa Decepticons memenangkan pertempuran dan Prime yang terakhir telah mati, Jetfire yang menghormati Autobots dan Primes terdahulu kemudian mengantarkan Sam dan teman-temannya ke Mesir menggunakan Jembatan Luar Angkasa, di mana di sana ia menjelaskan tentang asal usul Primes, dan Matrix of Leadership. Tanpa disangka, walaupun asalnya Jetfire adalah Decepticons, ia ternyata sangat hormat dan berteman baik dengan Optimus Prime. Jetfire lantas menjelaskan bahwa dengan memakai Matrix of Leadership, Optimus Prime akan bisa hidup kembali. Ia pun berpisah dengan Sam dan pergi mencari sendiri Matrix of Leadership tersebut. Kemudian ia tiba terlambat di Kairo, Mesir, di saat Autobots dan Decepticons sedang bertarung. Ia lantas memotong Mixmaster sebelum akhirnya cedera berat oleh serangan tiba-tiba Scorponok. Walaupun ia terluka, Jefire sempat memotong Scorponock. Jetfire lantas menjadi saksi kebangkitan Optimus Prime. Dan mendapati bahwa ternyata sekalipun dengan bantuan Matrix of Leadership, Optimus masih kurang kuat untuk bisa bertarung. Sebagai tanda hormat dan persahabatan, Jetfire lantas memutuskan untuk mengorbankan dirinya sendiri, dan memberikan spark dan bagian-bagian tubuhnya kepada Optimus Prime, yang kemudian menjadi senjata ampuh dalam mengalahkan The Fallen.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Jetfire kembali tampil dalam Transformers: Animated. Model alternatifnya kali ini adalah sebagai Cybertronian Jet. Sebelumnya ia merupakan teman dari Decepticon Jetstorm saat mereka berdua belum menjadi anggota Autobots/Decepticons. Oleh karena itu, Jetfire bisa bergabung menjadi satu bersama Jetstorm. Dikisahkan Jetfire & Jetstorm merupakan 1 teman baik. Mereka menganggap mereka 1 saudara. Sebelumnya mereka bekerja sebagai tukang bangunan. Tiba-tiba mereka terkena ledakan, dan tewas seketika. Lalu mereka diperbaiki oleh pihak autobot, dan mereka menjadi cybertronian jet. Hanya, mereka agak bandel sehingga sulit diatur oleh Sentinel Prime. Lalu akhirnya mereka disimulasikan di meteor. Entah apa alasannya, Starscream masuk dalam simulasi itu dan mencengkeram kepala Jetstorm sambil berkata "Looking for this autobot brats!!" Jetfire marah dan menembakkan api ke Starscream. Masalahnya, apinya sulit dipadamkan, sehingga mesinnya mau meledak. Beruntung Jetstorm memadamkannya dan saat Starscream kembali mereka bersatu menjadi sebuah robot raksasa bernama Safe Guard. Starsream kaget tapi dia sempat menembakkan laser sehingga mereka terbelah menjadi 2. Tiba-tiba mereka bersatu lagi dalam mode jet dan menembakan laser sehingga Starscream musnah. Sentinel Prime hendak memarahi mereka. Beruntung Ultra Magnus datang sehingga mereka menjadi tim elite junior terbaik, dan mereka menjadi ketua di tim itu.