Jeong-ak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alat musik Pyeongyeong

Musik istana Korea atau Jeong-ak (正樂; harfiah "musik yang pantas") adalah musik yang khusus dimainkan di lingkungan bangsawan dan lingkungan kerajaan Korea pada zaman dahulu, dan masih dimainkan sampai pada saat ini. Musik istana Korea biasanya dimainkan dalam bentuk orkestra atau solo serta memiliki tempo permainan yang bervariasi, mulai dari yang sangat lambat, sedang dan cepat. Masing-masing permainan musik tersusun atas repertoar-repertoar. Pada zaman dahulu musik istana dimainkan pada saat upacara keagamaan, kenegaraan, ataupun pesta-pesta dan perayaan besar yang dimeriahkan dengan tarian-tarian. Permainan musik-musik ini sekarang sebagian besar dilestarikan oleh Gungnipgukagwon atau The National Center for Korean Traditional Performing Arts di Seoul.

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Musik istana Korea dibagi dalam banyak kategori, yaitu:

  • Aak (雅樂;harfiah "musik elegan") yaitu musik upacara yang diimpor dari dari Cina, Yayue. Aak hanya dimainkan pada upacara keagamaan Konfusius seperti Jongmyo Jerye dan Munmyo Jerye di Seoul. Jenis musik ini hanya hidup di Korea pada saat ini, sementara sudah hilang di Cina. Di Jepang dinamakan Gagaku.
  • Hyang-ak (鄕樂; harfiah "musik kampung halaman") yaitu jenis musik istana asli dari Korea.
  • Dang-ak (唐樂; harfiah "musik Tang") yaitu jenis-jenis musik dari Dinasti Tang atau Song (Cina) yang diadaptasikan ke dalam tempo dan nada Korea.
  • Chwita (吹打/大吹打; harfiah "menabuh dan meniup dengan keras") atau musik militer adalah musik yang mengiringi rombongan militer kerajaan. Chwita terdiri atas beberapa repertoar yang dimainkan saat upacara militer atau perayaan militer.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]