Jenderal Ramon Alcazar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jenderal Ramon Alcazar
Jenderal Ramon Alcazar karya dari Hergé
Informasi Umum
PenerbitBelgia Casterman
Indonesia Indira, Gramedia
PenciptaHergé

Jenderal Alcazar adalah salah satu tokoh dalam seri Petualangan Tintin, serial buku komik klasik yang digambar dan ditulis oleh Hergé. Sebagai seorang jenderal di angkatan bersenjata negara San Theodoros, Alcazar terlibat dalam perebutan kekuasaan yang tak ada habisnya dengan seteru utamanya, Jenderal Tapioca. Kedua orang ini sama-sama menyatakan bahwa diri mereka masing-masinglah yang paling berhak untuk menjadi pemimpin negara tersebut, sering kali dalam situasi yang lucu.

Alcazar bukanlah seorang diktator yang bersih dari korupsi atau mengeksekusi musuh-musuhnya tanpa pengadilan. Walaupun demikian, bahkan Tintin yang idealis menganggap Alcazar sebagai temannya.

Dalam kemunculan pertamanya ia digambarkan seperti layaknya seorang diktator di negara-negara Amerika Latin. Namun belakangan ia muncul sebagai tokoh yang terinspirasi oleh Fidel Castro dan Che Guevara.

Nama "Alcazar" berarti puri dalam Bahasa Spanyol.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dalam kisah Tintin dan Picaros diceritakan bahwa ia sudah menikah dengan Peggy Alcazar-Bazaroff, dengan julukan "merpatiku" dan - menurut catatan Hergé - ia adalah putri dari pedagang senjata Basil Bazaroff.

Pada penampilan maskulinnya, ia memiliki karakter yang sangat kuat dan termasuk yang membuat hukum di Alcazar. Dia mengendalikan suaminya seperti tongkat, dan dia tidak ragu-ragu untuk menegurnya secara terbuka ketika datang terlambat untuknya atau membuang abu cerutu secara serampangan.

Bersama-sama dengan Bianca Castafiore, ia adalah satu-satunya karakter wanita yang signifikan di dunia Tintin.