Jembatan Kehewanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jembatan Kehewanan

Jembatan Kehewanan adalah sebuah jembatan yang melintas di atas sungai Karang Mumus yang menghubungkan kelurahan Sungai Pinang Luar dengan kelurahan Sidomulyo, kecamatan Samarinda Ilir, kota Samarinda. Jembatan ini terbuat dari bahan kayu ulin. Ada sebuah versi yang menyebutkan bahwa jembatan ini dibangun pada tahun 1930-an. Ada juga yang menyebutkan bahwa jembatan ini dibangun pada zaman Jepang. Dan sebuah versi yang sangat diyakini adalah bahwa jembatan tua ini dibangun pada tahun 1970-an. Jembatan ini memiliki panjang tidak sampai 100 meter.

Usaha pemugaran jembatan[sunting | sunting sumber]

Jembatan ini sudah beberapa kali diperbaiki dan dipugar. Namun perbaikan itu tidak mengubah apa yang ada di jembatan itu, baik struktur maupun bahannya sekalipun tidak diubah sama sekali karena masyarakat setempat ingin jembatan itu seperti aslinya karena jembatan itu sangat bersejarah dan menjadi saksi bisu perkembangan daerah lingkungan sekitar yang sekarang sudah semakin berkembang. tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa jembatan ini akan diperbaiki dan diubah bentuk aslinya menjadi lebih kokoh karena pertimbangan bahwa Jembatan Kehewanan tak bisa dipertahankan lagi bentuk aslinya.

Terancam dibongkar[sunting | sunting sumber]

Jembatan Kehewanan akan segera dibongkar karena dianggap mengganggu kelancaran arus sungai Karang Mumus dan penurapan tepian sungai sehingga dengan terpaksa, Jembatan Kehewanan akan dibongkar. Mengenai masalah pembongkaran ini, sebagian warga ada yang mendukung dan ada yang menolak. Yang menolak beralasan bahwa jembatan ini merupakan aset bersejarah bagi perkembangan Kota Samarinda.