Jelita (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jelita
Format Drama
Penulis Allan Rosalia
Sutradara Doddy Djanas
Pemeran Agnes Monica
Dirly
Gading Marten
Diva Nadia
Ketrin Agustine
Hanna Hasyim
Cindy Fatika Sari
Lia Kartika
Lagu pembuka Matahariku, Agnes Monica
Lagu penutup Matahariku, Agnes Monica
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia
Jumlah episode 57
Produksi
Produser Leo Sutanto
Lokasi Jakarta
Rumah produksi Sinemart
Siaran
Saluran asli RCTI
Sky TV
Periode siaran Senin, 24 Maret 2008–Jumat, 2 Mei 2008
Kronologi
Diawali oleh Diva
Dilanjutkan oleh Gara Gara Cinta

Jelita adalah judul sinetron produksi Sinemart yang ditayangkan secara stripping (setiap hari) di televisi swasta di Indonesia, yaitu RCTI, pada pukul 18.00. Sinetron ini disutradarai oleh Doddy Djanas dan tayang hingga 57 episode. Lihat daftar sinetron hasil adaptasi

Pemain[sunting | sunting sumber]

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Jelita adalah seorang gadis yang cantik, ceria, bersemangat, berani, berjiwa sosial tinggi, penolong, dan rela melakukan apa saja untuk membela sahabat-sahabatnya. Satu hal yang paling dibenci Jelita adalah orang kaya, karena sejak kecil ibunya, Rima, selalu mengajarkan pada Jelita bahwa orang kaya itu sombong dan selalu mementingkan dirinya sendiri, dan hanya akan membuat gadis miskin menderita.

Sebenarnya Rima bukan ibu kandung Jelita. Ibu kandung Jelita adalah Lirna, sahabat Rima. Sebenarnya Lirna adalah seorang wanita yang baik hati, tapi dia lalu tertipu oleh seorang pria kaya yang menikahinya cuma untuk mempermainkannya. Bahkan hubungannya dengan pria itu telah menyebabkan kesalahpahaman, yang menyebabkan Lirna terpaksa mendekam di penjara selama belasan tahun. Lirna berada di tempat yang salah pada waktu yang salah, sehingga menyebabkan dia menjadi tertuduh atas terbunuhnya suami Kartika, Rizal.

Kartika yang mengira Lirna adalah pembunuh suaminya sangat mendendam pada Lirna. Dia bersumpah tidak akan pernah memaafkan Lirna dan membiarkan Lirna hidup tenang. Bahkan dia tak henti-hentinya mendoktrin putra tunggalnya, Bayu, agar membenci pembunuh papanya dan seluruh keluarganya, bahwa dia tidak boleh berhubungan dengan mereka, apapun yang terjadi.

Beberapa bulan setelah dia mendekam di penjara, Lirna baru tahu bahwa dia hamil. Tak ingin bayinya dibesarkan dalam lingkungan penjara, Lirna pun memberikan bayinya pada Rima. Namun Lirna meminta Rima merahasiakan soal Jelita pada semua orang.

Waktu berlalu. Jelita tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik. Suatu hari, tanpa sengaja dia bertemu dengan Bayu. Jelita hampir tertabrak oleh mobil Bayu. Awalnya mereka berdua saling membenci, namun setelah Jelita berhasil menyelamatkan Bayu dari sekapan para penculik akhirnya hubungan mereka semakin membaik. Tanpa mengetahui latar belakang permusuhan keluarga mereka, kejadian demi kejadian di antara mereka tak disangka-sangka malah menyebabkan tumbuhnya benih-benih cinta di antara mereka.

Sementara itu, Rima yang sudah berumur mulai sakit-sakitan. Dia menderita penyakit parah yang tidak bisa disembuhkan lagi. Dalam batinnya, Rima merasa tersiksa, karena dia masih menyimpan rahasia besar yang tak diketahui seorangpun.

Saat sakit Rima semakin parah, Rima pun akhirnya memutuskan untuk memberitahu suaminya, Rano. Tapi malang, belum sempat menyelesaikan perkataannya, Rima sudah keburu meninggal. Karena itu, informasi yang sampai di telinga Rano hanyalah kata-kata bahwa salah satu dari puteri mereka bukan puteri kandung Rano. Rano menanggapi kata-kata Rima dalam arti yang berbeda, dia mengira isterinya telah selingkuh. Kekecewaan Rano memicu konflik baru. Sikap Rano terhadap puteri-puterinya jadi berubah dingin dan menjauh karena dia mengira salah satu dari mereka adalah hasil perselingkuhan.

Bagaimanakah kelanjutan cerita ini? Apakah rahasia Rima pada akhirnya akan terbongkar? Bagaimanakah kelanjutan hubungan Bayu dan Jelita? Saat Kartika mengetahui hubungan mereka, apakah Kartika akan menyetujuinya? Bagaimana reaksi Bayu saat mengetahui bahwa Jelita adalah puteri dari orang yang sudah membunuh papanya? Apakah dia tetap akan mempertahankan hubungannya dengan Jelita, ataukah berubah membencinya?

Pranala luar[sunting | sunting sumber]