Jeet Kune Do

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jeet kune do)
Jeet Kune Do
lambang Jeet Kune Do
The Taijitu merepresentasikan yin dan yang. The Tulisan kanjib bertuliskan: "Using no way as way" & "Having no limitation as limitation". The arrows represent the endless interaction between yang and yin.[1]
Juga dikenal sebagaiJKD, Jeet Kun Do, Jun Fan Jeet Kune Do
FokusEclectic & Hybrid
PenciptaBruce Lee
Orang tuaOfficially Wing Chun, Boxing, Fencing, & Taekwondo (Supposedly)

Jeet Kune Do () disingkat JKD, dalam logat kanton: Jit kyùn dou (baca jit kun do), dalam bahasa mandarin: Jié quán dào (baca ciehk jien tao), yang berarti cara mencegat (menahan) serangan ("Way  of  the Intercepting Fist"), Jeet Kune Do atau JKD, adalah seni bela diri yang di kembangkan oleh seniman beladiri sekaligus aktor yaitu Bruce Lee. Dalam Kariernya, Dia Mempelajari Banyak Seni Beladiri, Dari berbagai macam beladiri tersebut kemudian dipadukan dan disederhanakan sehingga terbentuklah sebuah seni bela diri yang praktis dan mudah di kuasai seseorang. JKD bukan sekedar ilmu beladiri tapi juga merupakan filosofi seni bela diri yang bisa diterapkan dalam beladiri apapun. Dalam pelatihanya JKD mengutamakan karakter dan kemampuan diri sendiri, jadi setiap praktisi JKD diharapkan untuk menjadi dirinya sendiri.

Tentang Jeet Kune Do[sunting | sunting sumber]

Bruce Lee menginginkan untuk menciptakan seni beladiri yang tak terbatas dan bebas. Kemudian dalam perkembanganya, Jeet Kune Do di ciptakan bukan hanya untuk menjadi petarung yang lebih baik, namun juga sebagai seni untuk pengembangan diri. untuk menggambaran pandangannya itu, di th 1971 pada artikel majalah Black Belt, Lee mengatakan

“biarkan itu dipahami untuk sekali ini dan seterusnya bahwa saya tidak menemukan gaya yang baru, mencampur atau memodifikasi. Saya sama sekali tidak menetapkan jeet kune do dalam bentuk aturan yang jelas oleh hukum yang membedakan(mencirikan) bentuk ini atau metode itu . sebaliknya, saya berharap untuk membebaskan teman teman saya dari pembudakan gaya, pola dan doktrin”.

— Bruce Lee[2]

Jeet Kune Do tidak hanya mendukung kombinasi dari berbagai aspek gaya yang berbeda, tetapi juga telah mengubah banyak aspek yang diadopsi dan di sesuaikan dengan kemampuan seorang praktisi.[butuh rujukan] dan JKD mendukung para praktisi untuk menterjemahkan berbagai teknik untuk dirinya sendiri, dan mengubahnya untuk tujuan mereka sendiri. Sebagai contoh, lee hampir selalu meletakan tangan yang kuat di depan dan yang lebih lemah di belakang, dengan sikap kuda kuda seperti ini, ia menggunakan tehnik dari tinju, anggar, dan Wing Cun. Seperti halnya anggar posisi sperti ini disebut sebagai “posisi siap siaga”. Lee menggabungkan posisi ini dalam JKDnya, seperti yang dia rasakan ini menjadikan mobilitas yang terbaik. Lee merasakan bahwa tangan yang dominan atau terkuat haruslah di depan karena akan bekerja lebih banyak. Lee meminimalkan penggunaan sikap yang lain kecuali ketika keadaan menjamin aksinya. Walaupun posisi “siap siaga” itu adalah posisi yang baik, ini bukan berarti hanya terpaku pada satu bentuk itu saja. Lee mengakui bahwa pada saat yang lain posisi yang lain harus digunakan.

Sistem[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1967. ketika Bruce Lee pertama kali memulai meneliti gaya bertarung (fighting styles), dia memberi nama seni bela dirinya dengan nama Jun Fan Gung Fu. Ini adalah hasil proses pegembangan beladirinya dari perjalanan panjangnya dalam dunia seni beladiri yang ia tekuni. Bruce Lee menyatakan bahwa konsepnya bukanlah kumpulan berbagai hal yang terbaik dari segala sesuatu untuk membentuk suatu sistem, melainkan menyaringnya. Sebagai gambaran untuk menggambarkan filosofi lee tentang membuang sesuatu yang tak berguna, dia mengumpamakan apa yang dilakukan pematung ketika membuat karya, dari sebongkah tanah liat, kemudian membuang yang “tidak di perlukan” lalu menghasilkan karya, inilah apa yang dia anggap sebagai sesuatu yang memperlihatkan inti pertarungan JKD, Bruce Lee, dan JKDnya, banyak di pengaruhi oleh tinju dan anggar. Walaupun konsep utamanya berasal dari Wing Chun (seperti teori garis tengah dan pukulan tegak lurus, serta serangan lurus, (forward pressure) Lee mengubah sikap kuda-kuda Wing Chun menjadi apa yang dia klaim lebih fleksibel adalah anggar dan tinju. Pernyataan tersebut membuatnya untuk tidak kaku dalam berdiri. Sebagai contoh sebagai ganti cara mengatur kaki untuk posisi tubuh dalam posisi bertempur maksimal yang saling berhadapan dengan lawan, JKD menggunakan terjangan masuk tanpa membutuhkan teknik dari wingcun

Bruce Lee menginginkan untuk menciptakan seni beladiri yang tak terbatas dan bebas. Kemudian selama mengembangkan Jeet Kune Do, dia akan mengembangkan gagasnya itu termasuk seni untuk pengembangan diri, bukan hanya untuk menjadi petarung yang lebih baik. untuk menggambaran pandangan lee, di th 1971 pada artikel majalah Black Belt, Lee mengatakan "biarkan itu dipahami untuk sekali ini dan seterusnya bahwa saya tidak menemukan gaya yang baru, mencampur atau memodifikasi. Saya sama sekali tidak menetapkan jeet kune do dalam bentuk aturan yang jelas oleh hukum yang membedakan (mencirikan) bentuk ini atau metode itu . sebaliknya, saya berharap untuk membebaskan teman teman saya dari pembudakan gaya, pola dan doktrin”.

Ketika berlatih gulat (Western wrestling), Lee pernah suatu saat dijepit oleh lawan yang lebih ahli, yang mengatakan apa yang akan lee lakukan jika dia mengalami situasi yang demikian dalam pertarungan yang nyata. Lee menjawab “ tentu saja aku akan menggigitmu”. Salah satu teori JKD adalah petarung harus melakukan apa saja yang diperlukan untuk melindungi dirinya, dengan mengabaikan dari mana teknik yang digunakan itu berasal.

Lee menunjukan Jeet Kune Do adalah untuk mematahkan apa yang dia klaim faktor yang membatasi di dalam latihan gaya trdisional, dan mencari hipotesis cara bertarung yang dia percaya hanya dapat ditemukan dalam suatu pertarungan. Jeet Kune Do sekarang ini terlihat sebagai asal mula dalam ungkapan modern adalah hybrid martial arts. (pesilangan seni beladiri)

Jeet Kune Do tidak hanya mendukung kombinasi dari berbagai aspek gaya yang berbeda, itu juga telah mengubah banyak aspek yang diadopsi di sesuaikan dengan kemampuan seorang praktisi. Apalagi JKD mendukung para praktisi untuk menterjemahkan berbagai teknik untuk dirinya sendiri, dan mengubahnya untuk tujuan mereka sendiri. Sebagai contoh, lee hampir selalu meletakan tangan yang kuat di depan dan yang lebih lemah di belakang, dengan sikap kuda kuda seperti ini ia menggunakan elemen dari tinju, anggar, dan Wing Cun. Seperti halnya anggar posisi sperti ini disebut “posisi siap siaga”. Lee menggabungkan posisi ini dalam JKDnya, seperti yang dia rasakan itu ngnyajikan mobilitas yang terbaik secara keseluruhan. Lee merasakan bahwa tangan yang dominan atau terkuat haruslah di depan karena akan bekerja lebih banyak. Lee meminimalkan penggunaan sikap yang lain kecuali ketika keadaan menjamin aksi seperti itu. Walaupun posisi “siap siaga” itu adalah posisi yang baik secara keseluruhan, itu tidak berarti hanya satu bentuk itu. Lee mengakui bahwa pada saat yang lain posisi yang lain harus digunakan.

Lee merasa ciri dinamis dari JKD adalah yang memungkinkan bisa dilakukan bagi praktisi tersebut untuk menyesuaikan perubahan dan gejolak dalam suatu pertarungan. Lee percaya bahwa keputusan itu harus dilakukan dengan alasan (latar belakang) pertarungan yang nyata atau pertarungan bebas ("all out sparring"). Dia percaya bahwa dalam keadaan seperti itu seseorang akan menganggap teknik tersebut pantas untuk dipakai.

Bruce Lee tidak menitik beratkan pada penghafalan bentuk latihan mandiri (solo training forms) atau “Kata” (dalam karate), seperti banyak dipakai sebagian besar gaya tradisional yang dilakukan untuk latihan pemula. Lee sering membadingkan bentuk yang dilakukan tanpa lawan sama dengan mencoba belajar berenang di atas tanah kering. Lee meyakini bahwa pertarungan yang nyata adalah hidup dan dinamis. keadaan dalam pertarungan berubah dari sepersejuta detik ke sepersejuta detik brikutnya, dan dengan begitu untuk mengatur sebelumnya suatu pola dan teknik tentu tidak cukup waktu pada saat berhadapan dengan situasi yang selalu berubah. Dan ada sebuah ungkapan untuk pemikiran ini, lee suatu kali menulis: “dalam ingatan dari manusia mengalir, memenuhi dan disimpangkan oleh keburukan kuno”, yang dimaksud keburukan kuno itu adalah apa yang lee pikirkan dari seni beladiri kuno.

Uraian dan metode Bruce Lee kelihatan seperti kontrofersial pada masanya, dan hingga sekarang. Banyak guru dari sekolah tradisional tidak setuju dengan gagasan yang dikeluarkanya.

Gagasan dari pelatihan silang (cross-training) dalam Jeet Kune Do sama dengan latihan dari (seni beladiri gabungan) Mixed Martial Arts (MMA) pada masa modern—Bruce Lee telah di pertimbangkan oleh president UFC Dana White sebagai “bapak seni beladiri gabungan” ("father of mixed martial arts"). Banyak pemikiran Jeet Kune Do menjadi dasar dari MMA. Ini khusunya dalam hal penghargaan pada cakupan pertarungan JKD (JKD "Combat Ranges"). Seorang murid mengharapkan untuk belajar berbagai variasi sistem pertarungan dengan masing masing cakupan pertarunganya, dan dengan begitu menjadi efekfif untuk semua, seperti halnya dalam MMA.

Prinsip Jeet Kune Do[sunting | sunting sumber]

Memahami berbagai prinsip yang lee masukan dalam Jeet Kune Do. Dia yakin bahwasanya pertarungan sebenarnya adalah yang dibuktikan sendiri, dan akan membawa kesukseskan bertarung,terutama adalah apa yang dia yakini merasuk sepenuhnya.menjadi seni beladiri nya. Ini juga prinsip yang kebanyakan berhubungan dengan mixed martial arts. Praktisi JKD juga menyumbangkan gagasan bahwa pertahanan yang terbaik adalah serangan gencar. Karena itu timbul prisip “menahan”/mencegat. Lee yakin bahwa ketika lawan melakukan serangan pada seseorang dia harus bergerak kearah lawanya. Ini membuka sebuah peluang untuk menghadang serangan itu atau gerakanya. Prinsip dari pencegatan ini lebih dari sekadar mencegah serangan fisik. Lee yakin bahwa banyak tanpa kata dan sandi ( gerakan yang tak terduga yang tidak di pedulikan lawan) akan dirasakan atau “dicegat” dan dengan demikian menjadi suatu keuntungan tersendiri. 5 cara menyerang ("5 Ways of Attack") adalah kategori serangan yang membantu para praktisi Jeet kune do mengorganisir tempo pertarunganya dan termasuk bagian serangan dari JKD. Konsep menghentikan pukulan dan tendangan dan elakan yang bersamaan dengan pukulan adalah mengambil dari anggar dan termasuk bagian pertahanan dari JKD. Konsep itu di modifikasi untuk pertarungan tangan kososng dan di terapkan dalam kerangka JKD oleh lee. Konsep itu juga merupakan keistimewaan untuk prisip pencegatan.

(Jadilah air) Be water[sunting | sunting sumber]

Lee yakin bahwa sitem beladiri harus sefleksibel mungkin. Dia sering menggunakan air sebagai sebuah perumpamaan untuk menjelaskan mengapa fleksibilitas adalah sifat yang sangat dibutuhkan dalam seni beladiri. Air memiliki fleksibilitas yang tak terbatas. Dia dapat terlihat transparan namun disaat yang lain dapat menyembunyikan sesuatu dari penglihatan. Dia dapat terpecah dan mengalir kesegala arah, bergabung di sisi yang lain, atau dia dapat menyusup kesegala sesuatu, dia juga dapat mengikis batu yang keras dengan tetesan lembut padanya atau dapat mengalir melewati kerikil kerikil kecil. Lee yakin bahwa sistem seni beladiri harus memiliki sifat tersebut. JKD menolak latihan sistem tradisional, gaya bertarung dan ilmu pendidikan confucian (Confucian pedagogy) yang di gunakan pada sekolah kung fu tradisional karena kekurangan pada fleksibilitasnya. JKD diharuskan untuk menjadi konsep yang dinamis yang selalu berubah, dengan begitu menjadi sangat fleksibel ”memahami apa yang berguna dan mengabaikan yang tidak bergua” ("Absorb what is useful; Disregard that which is useless" ) adalah sesuatu yang sering kali dikutip dalam peribahasa Bruce Lee. Murid JKD dengan giat belajar setiap bentuk dari semua pertarungan. Ini dipercaya akan memperluas pengetahuan seseorang pada sistem pertarungan yang lainya; untuk menerapkan berbagai teknik (materi) pada seseorang sebaik untuk mengetahui bagaimana untuk melindungi diri melawan taktik yang demikian.

Teori Garis Tengah[sunting | sunting sumber]

Teori garis tengah adalah garis imajiner yang ditarik secara vertikal dari pusat tubuh manusia saat berdiri, dan mengacu pada ruang di depan tubuh. Jika kita menggambar sebuah segitiga sama kaki di lantai, dimana tubuh kita membentuk sebagai dasar dan dua lengan kita sebagai kaki dari segitiga sama kaki, maka (tinggi segitiga) adalah dua sisi yang sama. Ini adalah Konsep Wing Chun untuk mengeksploitasi, mengontrol dan mendominasi garis tengah lawan. Semua serangan, pertahanan, dan pergerakan yang dirancang untuk menjaga garis tengah Anda sendiri saat memasuki ruang tengah lawan. Lee dimasukkan teori ini ke dalam JKD dari Sifu nya Yip Man.

Tiga pedoman teori tengah adalah:

  1. Orang yang mengontrol garis tengah akan mengontrol pertarungan.
  2. Melindungi dan menjaga garis tengah Anda sendiri sementara Anda mengontrol dan mengeksploitasi lawan.
  3. Kontrol garis tengah dengan menduduki itu

4 macam teknik bertarung (The "4 Combat Ranges)[sunting | sunting sumber]

4 macam teknik bertarung (berhubungan dengan jarak dan teknik yang digunakan) (The "4 Combat Ranges")[3] yaitu:

  1. Tendangan (jarak jauh)
  2. Pukulan (jarak dekat)
  3. Menjerat/mengunci (Trapping)
  4. Gulat (Grappling)
Prinsip "menahan"/mencegat[sunting | sunting sumber]

Lee yakin bahwa ketika lawan melakukan serangan pada seseorang dia harus bergerak kearah lawanya. Ini membuka sebuah peluang untuk menghadang serangan atau gerakan itu. dan cegatlah serangan itu dengan tanpa banyak kata dan sandi ( karena gerakan yang tak terduga tidak akan dipedulikan atau diketahui lawan)

Prinsip Berlatih[sunting | sunting sumber]

Untuk melatih diri anda sendiri, anda harus berlatih dengan tekun. tidak ada jalan lain. "anda harus menendang ataupun memukul dengan tenaga yang terkonsentrasi" inilah yang sering dikatakan Bruce Lee. "Jika anda tidak melatih diri dengan konsep yang hampir menyamai dengan melakukannya.

Gerakan[sunting | sunting sumber]

praktisi JKD disarankan untuk tidak memboroskan waktu atau gerakan. Ketika masuk suatu pertarungan praktisi JKD yakin bahwa sesuatu yang paling sederhana adalah yang terbaik.

  1. Mencegat pukulan dan tendangan, Maksudnya mencegat serangan lawan dengan sebuah serangan sebagai ganti dari blokiran. Keahlian beladiri ini adalah yang tersulit dipelajari. Srategi ini bisa juga merupakan karakteristik dari beberapa seni bela diri lain.
  2. Elakan yang bersamaan dengan pukulan, Ketika menghadapi suatu pertarungan; serangan di elakan atau di belokan dan serangan balasan dikirimkan bersamaan pada saat yang bersamaan. Tidak sekadar menghentikan pukulan namun lebih efektif daripada blokiran dan serangan balasan yang dilancarkan kemudian. Ini juga di pelajari dari beberapa seni bela diri cina.
  3. Bukan tendangan tinggi, Praktisi JKD yakin mereka hendaknya mengarahkan sasaran tendanganya pada tulang kering lawan, lutut, paha dan bagian tengah. Target tersebut adalah yang terdekat dengan kaki, lebih stabil dan lebih sulit untuk di lindungi. Walaupun sepertinya semua prinsip JKD tidaklah saklek, jika sasaran pada kesempatan tersebut terbuka; bahkan target bagian atas pinggang seseorang dapat diambil pada situasi menguntungan tanpa merasa terhambat oleh prinsip ini.

Tiga bagian penting dalam JKD[sunting | sunting sumber]

adalah kategori serangan yang membantu para praktisi Jeet kune do mengorganisir tempo pertarunganya dan termasuk bagian serangan dari JKD, yaitu:[4]

Praktisi Jeet Kune Do yakin bahwa teknik harus berisi sifat sebagai berikut:

  1. Efesiensi - sebuah serangan yang mengena sasaran.
  2. Langsung - melakukan secara sungguh sungguh (senyatanya) sebagai cara belajar.
  3. Simpel – berpikir dengan cara sederhana tanpa banyak gaya,cas cis cus yang tidak perlu.

5 cara menyerang ("5 Ways of Attack")[sunting | sunting sumber]

adalah kategori serangan yang membantu para praktisi Jeet kune do mengorganisir tempo pertarunganya dan termasuk bagian serangan dari JKD, yaitu:[4]

  1. Single Angular Attack (SAA)/Single Direct Attack (SDA). serangan satu sudut, Serangan ini langsung mengarahkan pada satu titik lemah lawan, di arahkan dari sudut yang tak terduga. SAA dapat di gunakan dengan baik dengan malakukan gerak tipu atau menyesuaikan jarak dengan gerakan kaki.
  2. Hand Immobilizing Attack (HIA) dan termasuk Foot Immobilization attack, menghentikan serangan lawan, dengan cara membatasi pergerakan tangan/kaki lawan, kemudian menggunakan tangan/kaki yang lain untuk melakukan serangan, semisal di lanjutkan dengan penggunaan jeratan atau kuncian untuk membatasi lawan memfungsikan anggota badanya.
  3. Progressive Indirect Attack (PIA), serangan progresif tidak langsung. Yaitu menyerang satu bagian tubuh lawan (gerak tipu) dan dilanjutkan dengan serangan pada bagian tubuh yang lain.
  4. Attack By Combinations (ABC), serangan kombinasi, Ini menggunakan serangan beruntun dengan berbagai kombinasi, dengan maksud menggunakan banyak serangan untuk melemahkan lawan.
  5. Attack By Drawing (ABD), serangan dengan pancingan, dengan cara memancing lawan untuk menyerang, sehingga menciptakan sebuah peluang dimana kita siap untuk menyerang balik dengan serangan yang cepat.

Cabang Jeet Kune Do[sunting | sunting sumber]

Walaupun Bruce Lee secara resmi menutup sekolah beladirinya dua tahun sebelum dia meninggal. Dia memperbolehkan para intrukturnya untuk mengajar secara prifat. Sepeninggal Bruce Lee, Jeet Kune Do terpecah dalam perbedaan kelompok disebabkan keabsahanya dan konflik pribadi, ada dua kelompok besar:

Jun Fan JKD  asli (Original Jun Fan JKD); pendukung utamanya adalah  Taky Kimura, Jerry Poteet, dan yang lainya; mengajarkan hanya apa yang diajarkan Bruce Lee, dan meninggalakan pengembangan secara individual dari seni beladiri ini dalam kerangka individu pelajarnya.

Jeet Kune Do konsep (JKD Concepts); pendukung utamanya adalah Dan Inosanto, Larry Hartsell, dan yang lainya; melanjutkan pengembangan Jeet Kune Do sesuai dengan filosofinya bahwa jangan pernah berniat untuk berhenti/statis, tetapi perubahan selalu berlanjut. Ini adalah cabang yang menggabungkan banyak seni beladiri dalam kurikulum  utama yang diajarkan.

Jeet Kune Do di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Jeet Kune Do di Indonesia mulai dikenal pada tahun 90-an dengan bermunculanya berbagai perguruan Jeet Kune Do di Indonesia, seperti di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan lainnya. perguruan-perguruan tersebut antara lain: Jeet Kune Do - Cek Jien Tao (Jié quán dào), Jeet Kune Do Academy Indonesia, Jeet Kune Do Indonesia, Jeet Kune Do Fighting Method, Jeet Kune Do Nasional, Jeet Kune Do Lampung Martial Art.

Untuk prestasi, Jeet Kune Do, dapat mengikuti berbagai iven nasional maupun internasional, seperti Kejurda, Kejurnas, Kejuaraan Wushu Dunia, Porda, PON, SEA Games dan Asian Games.[butuh rujukan]

Kutipan Jeet Kune Do Bruce Lee[sunting | sunting sumber]

· "The usefulness of a cup is its emptiness". "kegunaan dari sebuah cangkir adalah kekosonganya”. - bersiaplah untuk menerima pengetahuan baru dan janganlah terhalang atau menyimpang dari pengetahuan yang lama. Kutipan ini sebenarnya dari Tao Te Ching, oleh Lao Tzu, penemu Taoisme.

· "Using no way as way". janganlah berprasangka tentang segala sesuatu.

· "Having no limitation as limitation" jangan terpenjara oleh segala sesuatu, capailah kebebasan sejati.

· "From form to formless and from finite to infinite". - jangan terpenjara oleh suatu batasan ataupun bentuk.

· The consciousness of "self" is the greatest hindrance to the proper execution of all physical action – kesadaran diri adalah rintangan terbesar untuk melakukan tindakan yang sewajarnya.   ini sebenarnya sebuah peribahasa Zen atau Chan yang berarti pada saatnya nanti tidak di bingungkan oleh proses belajarmu sendiri. Pada kutipan dari Zen adalah: jika kamu mencarinya kamu tidak akan menemukanya. Istilah yang sama di dunia barat "Being in the Zone".

·  "If people say Jeet Kune Do is different from "this" or from "that," then let the name of Jeet Kune Do be wiped out, for that is what it is, just a name. Please don't fuss over it." -“jika orang mengatakan jeet kune do bentuknya berbeda seperti “ini” atau berbentuk “itu” lalu biarkanlan nama jeet kune do dihapuskan saja, untuk apa yang demikian ini, hanyalah sebuah nama. Tak perlu diributkan – jangan menggantungkan pada label atau parameter. JKD itu hidup dan oleh karena itu selalu berubah, jangan mencoba untuk mengkotakanya.

·  “To reach me, you must move to me. Your attack offers me an opportunity to intercept you” "untuk menjangkauku, kamu harus bergerak kearahku. Kamu menyerangku dan sebuah peluang akan menghadangmu”. - Lee menjelaskan prinsip ini untuk menahan Duke Paige pada acara tv Longstreet.

· “Empty your mind. Be formless shapeless like water. Now you put water into a cup, it becomes the cup. You put water into a bottle, it becomes the bottle. You put it into a teapot, it becomes the teapot. Now, water can either flow, or it can crash! Be water, my friend."- "kosongkan pikiranmu. Jadilah tanpa bentuk seperti air. Sekarang kamu tuangkan air kedalam cangkir, maka akan menjadi cangkir. Kamu menuangkanya kedalam botol, maka menjadi botol. Kamu menuangkanya kedalam teko, maka menjadi teko. Sekarang, air dapat mengalir kemanapun. Atau menghancurkanya!, jadilah air, sobat.” - Lee menjelaskan prinsip keberadaan air dalam wawancara di stasiun televisi Hong Kong

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bruce Lee: Dynamic Becoming, p.23
  2. ^ Lee, Bruce (1971), "Liberate Yourself From Classical Karate", Black Belt Magazine, Rainbow Publications, Inc., 9 (9): 24. 
  3. ^ Hochheim, W. Hoch (1995), "The Maze of Jeet Kune Do", Black Belt Magazine, Rainbow Publications, Inc., 33 (1): P. 110. 
  4. ^ a b "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-19. Diakses tanggal 2012-02-25. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Assli, Salem, Jeet Kune Do 'Toutes les techniques de Bruce Lee' Publisher = Editions Chiron/year 2002 / location= ISBN 2-7027-0693-2
  • Balicki, Ron (2001), Jeet Kune Do: The Principles of a Complete Fighter, HNL Publishing, ISBN 0953176630 
  • Basaran, Fehm (1995), Jeet Kune Do Fighting, Taipei, Taiwan 
  • Beasley, Jerry (2001), The Jeet Kune Do Experience: Understanding Bruce Lee's Ultimate Martial Art, Paladin Press, ISBN 978-1581601312 
  • Bishop, James (2004), Bruce Lee: Dynamic Becoming, Dallas: Promethean Press, ISBN 0-9734054-0-6 
  • Cheng, David (2004), Jeet Kune Do Basics, Tuttle Publishing, ISBN 0-8048-3542-X 
  • Davis, Lamar (2001), Jun Fan/Jeet Kune Do: Scientific Streetfighting, HNL Publishing, ISBN 978-0953176618 
  • Hochheim, W. Hoch (January 1995), "The Maze of Jeet Kune Do", Black Belt Magazine, Rainbow Publications, Inc., vol. 33 (issue 1) 
  • Kent, Tackett, Chris, Tim (1989), Jun Fan Jeet Kune Do: The Textbook, Action Pursuit Group, ISBN 0865681317 
  • Lee, Bruce (1975), Tao of Jeet Kune Do, Ohara Publications, ISBN 9780897500487 
  • Lee, Bruce (1978), Bruce Lee's Fighting Method, Ohara Publications, Inc., ISBN 0-89750-062-8 
  • Little, John (1996), The Warrior Within: The Philosophies of Bruce Lee to Better Understand the World Around You and Achieve a Rewarding Life, McGraw-Hill, ISBN 0809231948 
  • Little, John (1997), Jeet Kune Do: Bruce Lee's Commentaries on the Martial Way, Tuttle Publishing, ISBN 0804831327 
  • Little, John (2001), Bruce Lee: Artist of Life, Tuttle Publishing, ISBN 0804832633 
  • Little, John (2002), Striking Thoughts: Bruce Lee's Wisdom for Daily Living, Tuttle Publishing, ISBN 0804834717 
  • Seaman, Kevin (1999), Jun Fan Gung Fu Seeking The Path Of Jeet Kune Do, S.l.: Health 'N' Life, ISBN 0-9531766-2-2 
  • Thomas, Bruce (1994), Bruce Lee: Fighting Spirit, Berkeley, California: Frog, Ltd., ISBN 1883319250 
  • Yılmaz, Yüksel (2000), Dövüş Sanatlarının Temel İlkeleri, İstanbul, Turkey: Beyaz Yayınları, ISBN 975-8261-87-8 
  • Yılmaz, Yüksel (2008), Jeet Kune Do'nun Felsefesi, İstanbul, Turkey: Yalın Yayıncılık, ISBN 9789944313674