Jean sans Peur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jean sans Peur
John duke of burgundy.jpg
Adipati Burgundia
Memerintah 27 April 1404–10 September 1419
Pendahulu Philippe le Hardi
Pengganti Philippe le Bon
Pasangan Margaret dari Bayern
Anak
Mary, Adipati Wanita Cleves
Margaret, Adipati Bretagne
Philippe le Bon
Isabelle, Comtesse Penthièvre
Anne, Adipati Wanita Bedford
Agnes, Adipati Wanita Bourbon
Wangsa Valois dari Burgundia
Ayah Philippe le Hardi
Ibu Margaret III, Comtesse Flandria
Lahir 28 Mei 1371
Dijon, Perancis
Meninggal 10 September 1419 (usia 48)
Montereau, Perancis
Dikubur Dijon, Burgundia

Jean sans Peur bahasa Belanda: Jan zonder Vrees), juga Jean II, Adipati Burgundia, dikenal sebagai Jean dari Valois dan Jean dari Burgundia (lahir 28 Mei 1371 – meninggal 10 September 1419 pada umur 48 tahun), merupakan seorang Adipati Burgundia dari tahun 1404 sampai 1419. Ia bertindak sebagai wali untuk sepupu pertamanya yang memiliki gangguan mental Charles VI dari Perancis dan anggota keluarga Wangsa Valois.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lahir di Dijon, Jean merupakan putra Philippe le Hardi dan Margaret III, Comtesse Flandria. Sebagai seorang pewaris, ia menggunakan gelar Pangeran Nevers dari tahun 1384 sampai 1405, namun, setelah aksesinya ia menyerahkannya kepada saudaranya Philip.

Lambang Jean sans Peur, Adipati Burgundia dll.

Pada tahun 1385, Jean menikahi Margaret dari Bayern, putri Albrecht dari Bayern, Pangeran Holland dan Hainaut, untuk mengkonsolidasikan posisinya di Negara-negara Bawah, setelah membatalkan perjodohannya dengan Catherine dari Perancis, putri Charles V dari Perancis.

Sebelum aksesinya di Wilayah Adipati Burgundia, Jean merupakan salah satu pemimpin utama pasukan Perancis yang dikirim untuk membantu Raja Sigismund dari Hongaria di dalam perangnya melawan Sultan Bayezid I. Jean berperang di dalam Pertempuran Nikopolis (25 September 1396) dengant semangat juang dan keberanian yang luar biasa sehingga ia diberikan julukan Pemberani (Sans-Peur). meskipun ia berani, kepemimpinannya yang sabar berakhir di dalam bencana untuk ekspedisi Eropa. Ia ditawan dan dibebaskan hanya setahun kemudian, meminta tebusan besar yang dibayar oleh ayahnya.

Konflik melawan Louis dari Orléans[sunting | sunting sumber]

Jean ditunjuk sebagai Adipati Burgundia pada tahun 1404 dan segera menghadapi konflik terbuka dengan Louis dari Orléans, adik laki-laki Charles VI yang semakin bertambah tidak waras. Kedua pria tersebut berusaha untuk mengisi kekosongan kekuasaan yang ditinggalkan oleh raja gila.

Jean memainkan sebuah permainan pernikahan, menukar putrinya Marguerite untuk Michele dari Valois, yang akan menikahkan pewarisnya, Philippe le Bon. Namun ia tidak mengabaikan, pentingnya kelas menengah pedagang atau Universitas Paris.

Louis mencoba untuk mendapatkan perhatian Ratu Isabeau, dan mungkin menjadi kekasihnya. Setelah sebuah permainan petak umpet yang mana menantunya, Dauphin, berhasil diculik dan dipulihkan oleh kedua belah pihak, Adipati Burgundia berhasil mendapatkan janji oleh dekrit kerajaan – di dalam salah satu "ketidak hadiran" raja ketika gangguan mentalnya meningkat – sebagai pengawal Dauphin dan keturunan raja. Hal ini tidak meningkatkan hubungan antara Jean dan Louis. Tak lama kemudian kedua saingan itu terlibat didalam ancaman terbuka. Paman mereka, John, Adipati Berry, menjamin sumpah khidmat rekonsiliasi, namun tiga hari kemudian, pada tanggal 23 November 1407 Louis tewas terbunuh dengan brutalnya di tengah-tengah jalan di Paris. Perintah tersebut, tidak diragukan lagi, berasal dari Adipati Burgundia, yang segera mengaku dan menyatakan perbuatan itu menjadi tindakan yang dibenarkan dari "tyrannicide".

Pembunuhan Adipati Burgundia, Jean sans Peur, diatas Jembatan Montereau, pada tahun 1419. – faksimili dari sebuah miniatur di naskah "Kronik Monstrelet, dari abad ke-15, di dalam Perpustakaan Senjata Paris.

Meskipun dengan perselisihan Orléans yeng diselesaikan menguntungkannya, Jean tidak memiliki hidup yang mudah. Putra dan pewaris Louis, Charles hanya berusia 14 tahun pada saat ayahnya wafat dan terpaksa sangat bergantung pada para sekutunya untuk mendukung warisannya atas properti yang telah disita darinya oleh Adipati Burgundia. Ketua di antara sekutu-sekutu itu adalah ayah mertuanya Bernard VII, Pangeran Armagnac dan karena aliansi ini fraksi mereka menjadi dikenal sebagai Armagnac. Dengan perjanjian yang dibuat pada tahun 1410, Jean kembali ke Burgundi dan Bernard tinggal di Paris dimana ia dilaporkan tidur di ranjang ratu. Partai Armagnac tidak senang dengan kekuasaan politik, dan setelah serangkaian pemberontakan dan serangan melawan penduduk, Jean dipanggil kembali ke ibukota, kemudian dikirim kembali ke Burgundia pada tahun 1413. Pada saat ini Raja Henry V dari Inggris menyerang wilayah Perancis dan mengancam akan menyerang Paris. Selama negosiasi damai dengan Armagnac, Henry juga berhubungan dengan Jean yang bermaksud untuk merebut kendali Perancis dari Charles VI. Meskipun demikian ia terus waspada dalam membentuk aliansi dengan Inggris karena takut menghancurkan popularitas besar dengan warga Perancis. Ketika Henry meminta dukungan Burgundia atas tuntutannya sebagai Raja yang sah dari Perancis, Jean mundur dan memutuskan bersekutu dengan Armagnac. Meskipun ia berbicara membantu kedaulatan, pasukannya tidak ambil bagian didalam Perang Agincourt (pada tahun 1415), meskipun dua saudaranya, Antoine, Adipati Brabant, dan Philip II, Pangeran Nevers, tewas di medan perang.

Konflik dengan Dauphin[sunting | sunting sumber]

Dua tahun kemudian, dengan persaingan di antara Burgundia dan Armagnac yang meningkat karena kekalahan menghancurkan Agincourt, pasukan Jean mengatur tugas untuk mendapatkan Paris. Pada tanggal 30 Mei 1418, ia merebut kota, namun tidak sebelum Dauphin (calon pewaris tahta Perancis), calon Charles VII dari Perancis, melarikan diri. Jean kemudian menempatkan dirinya di dalam kota dan membuat dirinya sendiri sebagai pelindung Raja. Meskipun bukan seorang sekutu terbuka Inggris, Jean tidak berbuat apa-apa untuk menghindari penyerahan Rouen pada tahun 1419. Dengan seluruh Perancis utara di tangan Inggris dan Paris diduduki oleh Burgundia, Dauphin mencoba untuk membawa rekonsiliasi dengan Jean. Mereka bertemu di bulan Juli dan bersumpah damai di atas jembatan Pouilly, di dekat Melun. Atas dasar kedamaian tidak cukup terjamin oleh pertemuan Pouilly, sebuah wawancara diajukan oleh Dauphin yang dilakukan pada tanggal 10 September 1419 di atas jembatan Montereau. Jean dari Burgundia hadir dengan pengawalnya untuk apa yang ia anggap sebuah pertemuan diplomatik. Akan tetapi, ia tewas terbunuh ditangan para pengikut Dauphin. Ia kemudian dimakamkan di Dijon. Pewarisnya, Philippe le Bon, membentuk aliansi dengan Inggris.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Silsilah Jean dalam tiga generasi
Jean sans Peur Ayah:
Philippe le Hardi
Kakek Paternal:
Jean le Bon
Kakek Moyang Paternal:
Philip VI dari Perancis
Nenek Moyang Paternal:
Jeanne de Bourgogne
Nenek Paternal:
Bonne dari Bohemia
Kakek Moyang Paternal:
John I dari Bohemia
Nenek Moyang Paternal:
Elisabeth dari Bohemia
Ibu:
Margaret III, Comtesse Flandria
Kakek Maternal:
Louis II dari Flandria
Kakek Moyang Maternal:
Louis I dari Flandria
Nenek Moyang Maternal:
Margaret I, Comtesse Burgundia
Nenek Maternal:
Margaret dari Brabant
Kakek Moyang Maternal:
John III, Adipati Brabant
Nenek Moyang Maternal:
Marie d'Évreux

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Jean dan Margaret dari Bayern memiliki keturunan sebagai berikut:

John juga memiliki beberapa anak haram, termasuk John dari Burgundia, Uskup Cambrai, melalui gundiknya Agnes de Croy, putri Jean I de Croÿ.

Gelar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jean sans Peur
Cabang kadet Wangsa Valois
Lahir: 28 Mei 1371 Wafat: 10 September 1419
Didahului oleh:
Philippe le Hardi
Adipati Burgundia Blason fr Bourgogne.svg
27 April 1404 – 10 September 1419
Diteruskan oleh:
Philippe le Hardi
Pangeran Charolais Blason Charolais.svg
27 April 1404 – 28 Januari 1405
Didahului oleh:
Margaret III & II
Pangeran Artois Artois Arms.svg dan Flandria Blason Comte-de-Flandre.svg, Pangeran Palatine dari Burgundia Blason comte fr Nevers.svg
21 Maret 1405 – 10 September 1419
Pangeran Nevers Blason comte fr Nevers.svg
1384–1404
Diteruskan oleh:
Philip II