Jazz blues

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jazz
Sumber aliran Blues dan musik marching band Eropa
Sumber kebudayaan Afrika Barat; musik Afrika-Amerika era 1910-an, New Orleans.
Alat musik yang biasa digunakan GitarGitar bassSaksofonTrombonPianoKlarinetTrompetDouble bassDrum – Vokal
Popularitas arus utama Sporadis; kebanyakan dalam bentuk pop seperti swing; juga semakin berpengaruh dalam bentuk-bentuk musik populer seperti yang dinamakan "perpanjangan jazz", misalnya rhythm and blues, soul, neo soul, quiet storm, cool jazz, dan smooth jazz
Bentuk turunan Jazz LatinSwingMini-jazz
Subgenre
Avant-jazzBebopChamber jazzCool jazzCreative jazzDixielandFree jazzGypsy jazzHard bopJazz fusionMilo jazzModal jazzM-BaseSmooth jazzSoul jazzTrad jazz
Genre campuran (fusion)
Acid jazzCalypso jazzJazz bluesJazz fusionJazz rapNu jazzSmooth jazz
Versi-versi regional
AustraliaBrasilBelandaPerancisIndiaItaliaMalawiBritania Raya
Topik lainnya

Standar JazzRoyalti Jazz

Musisi
BandBassisKlarinetisPenabuh drumGitarisPemain organPianisTrombonisPeniup trompet

Jazz blues merupakan aliran musik yang mengkombinasikan musik Jazz dan Blues .

Seperti halnya ragtime blues punya andil dan pengaruh besar pada perkembangan Jazz . Amat expresiv didominasi gaya vokal yang tradisional, lagu blues menampilkan cerita dan emosi dari Afro-Amerika diawal abad 20 . Blues tidak hanya tipe musik tapi juga bentuk pola pikir dan jalan hidup bagi banyak Afro-Amerika diera itu .

Rumit dan tersebar luas keseluruh dunia yang pasti amat tidak kaku . Jazzy blues vokalis diakhir 40an sampai awal 60an berpadu dengan instrumentalis jazz besar tahun 50an dan awal 60an . Perilaku seperti ini terus ditampilkan sampai sekarang dalam kebangkitan seperti oleh Harry Connick Jr., Diana Krall dan Wynton Marsalis.

Lagu blues umumnya berisi kalimat dengan lirik 3 baris (three-line stanze) .

Baris pertama diulangi 2 kali rhytem yang ketiga membentuk bersama yang tadi (bentuk aab) . Melody tampil biasanya pada pengembangan chord 12-bar berisikan tiga bangunan chords pertama not keempat dan kelima diskala besarnya . Tiga chords ini ditulis dengan huruf Romawi (I, IV, dan V) . Bentuk suara yang nyata dari melody blues ada disebagian besar bagian yang seharusnya menggunakan notasi diluar skala besar pada umumnya disebut "blue notes" .
Salah satu tipe awal jazz yang sering melakukan pergerakan repetisi harmoni [sebuah pergerakan chords] berisi 12 bars dengan 44 yang mana di 4 bar pertama amat kuat (chord berdasar pada nada pertama diskala dari tangga naa) . bar 5-8 kurang dominan (chord berdasar pada nada keempat dari skala tangga nada) . bar 9-10 kembali dominan (chord berdasar pada nada kelima dari skalanya) . dan bar 11-12 dimainkan dengan kuat lagi . Blues ada dibagian pokok "blue" notes umumnya dinada ketiga dan ketujuh diskalanya . Chords ketujuh sangat umum (chords dengan kekuata ketiga, dominan dan note ketujuh) sebagaian penggunaan dari belokan pola titi nada . Blues cenderung lebih lambat dan kadang berkharakter sedih . Aslinya blues dimainkan dengan jumlah instrumen yang sedikit sekali . Diwaktu sekarang bisa jadi instrumental lebih banyak .. Blues pertama yang dupublikasikan adalah Memphis Blues oleh bapaknya blues, W.C. Handy .
Terminologinya juga merujuk semua lagu yang menerapkan perubahan chord blues 12-bar yang dimainkan dengan gaya jazz dibanding dengan gaya tradisional blues . Musik Blues mempunyai pengaruh besar pada perkembangan jazz dan seperti komposisi -- "jazz blueses" – amat sangat umum di repertoar repertoar jazz . (Dipenambahan pada progresi chord pemusik jazz meminjam banyak alat & teknik dari gaya blues seperti blue note susunan melodi seperti blues dan blues riffs (celahpatahan)) . Jazz blues akan sering menampilkan sesuatu yang lebih rumit atau dengan kata lain cara memperlakukan harmoni lebih rumit dibandingthan blues tradisional . tapi ciri dasar dari progresi 12-bar standar masih dapat terlihat . Satu cara yang umum digunakan musisi jazz menyempurnakannya melalui penggantian chord sebuah chord diperubahan aslinya dapat digantikan satu atau lebih chords dengan yang serasa atau fungsi tapi yang ditambahkan suatu warna yang lain atau hanya menambahkan saja (jadi secondari gitulah) singkat katanya pergerakan harmoni dalam semua rentang dari semua pergerakan harmoni yang ada .

(Contoh penting dari dari bar ke 9 dan ke 10 dimana biasanya pergerakan blues V --> IV, hampir pasti digantikan oleh gaya jazz dari perubahan cycle-of-fifths . ii minor --> V . Bentuk bar blues ke 12 di Bb sering menjadi Bb7 Eb7 Bb7 Bb7

Eb7  Edim7  Bb7  Dm7-G7
Cm7  F7  Dm7-G7  Cm7-F7

Ketika tiap potongan mewakili ketukan baru, pada jazz blues. Perubahan penting termasuk Edim7, yang mengkreasikan pergerakan, dan iii-VI-ii-V berubah secara halus, bahan penting bagi jazz.)

Umumnya vokalis blues menemani dirinya sendiri dengan gitar atau bernyanyi dengan didampingi instrument seperti gitar, piano, harmonica atau kadangkala instrumen buatan sendiri . Penampilan Blues dengan trumpet atau saxophone sebagai contoh sering menirukan efek vokal dari penyanyinya dengan menekuk pola titiannya serak-kasar dan memproduksi geraman dari suara .

Musisi blues penting diawal abad 20 termasuk Ma Rainey, Bessie Smith, dan W.C. Handy.

Awal dari banyak gaya musikal popular dapat ditarik kebelakang ke "blues." . Perkembangan dari pengalaman Afro-Amerika awal pengaruh bentuknya berakar dari macam macam musik Amerika dari paduan suara gaya gospel dan gaya penyanyi bar didaerah selatan Amerika tentunya keawalnya jazz R&B, rock and roll, dan gaya pop yang ngetrend sekarang . Blues, melewati batas dari generasi ke generasi terus melalui tradisi "oral" awalnya bertindak sebagai musik fungsionil kendaraan Afro-Amerika untuk menyampaikan pengalaman mereka . Bentuk awal dari blues termasuk "field holler" yang memberikan buruh dilapangan untuk tetap kontak antar sesamanya ketika "ring shout" sebagai pengiring jojing .

W.C. Handy, dikenal sebagai bapaknya blues (Father of the Blues) meluncurkan "Memphis Blues" tahunn 1912 menjadi komposisi pertama yang menampilkan blues dalam judulnya . Handy banyak menulis lagu klasik blues termasuk "Beale Street Blues" "Yellow Dog Blues" dan "St. Louis Blues" . Blues menghasilkan banyak secara komersial tahun 1920 ketika vokalis Mamie Smith merilis "The Crazy Blues" menjadi sangat sensasional . Dari Smith — Bessie — yang lain (tidak berhubungan) bisa disebutka "Empress of the Blues" berdasar pada album pertamanya tahun 1923 yang menyumbang sejumlah masterpieces dari awal blues yang menyebabkan keranjingan .

Diakhir 1920-an dan 1930-an, Lonnie Johnson menjadi gitaris modern blues . Permainannya memengaruhi gaya Delta Blues style dari Robert Johnson seperti T-Bone Walker Clarence "Gatemouth" Brown, dan B.B. King . Tambahan referensi hasil kerjanya dengan legenda seperti Louis Armstrong dan Duke Ellington sama baiknya juga album duetnya dengan gitaris Eddie Lang memengaruhi gaya jazz gitaris termasuk Charlie Christian . Muncul selama tahun 1940an "jump blues" menggabungkan upbeat gaya piano boogie-woogie lirik yang cerdas, dan alat musik tiup yang menghentak berbeda dari era big band Artiss seperti saxophonis dan vocalis Louis Jordan melebarkan kependekatan popular dari blues . Penekana tambahan pada lead vokal . lompatan dari perkembangan blues seringkali juga masuk ke "rhythm and blues" (R&B) dari era 1950an yang terpengaruh gaya "rock and roll" dari Chuck Berry dan Bill Haley (Ingat Haley & his Comets) . Di 60an, dengan penambahan akar gospel R&B berkembang menjadi musik "soul" dengan grup grup termasuk James Brown dan Sly and the Family Stone .

Tahun 1950an dan 60an perkembangan populeritas dari Chicago Blues dengan artis termasuk Muddy Waters, Junior Wells, Buddy Guy, dan Willie Dixon . Gitaris seperti Jimi Hendrix dan Eric Clapton mencampurkan gaya blues dengan musik rock 1960an memengaruhi generasi mendatang dari artis pop dan blues . Artis blues yang sangat penting di era 80an dan 90an termasuk Stevie Ray Vaughn, Robert Cray, Lucky Peterson, Robben Ford, Dr. John, Mighty Mo Rodgers, dan Joe Louis Walker.

Playlist:[sunting | sunting sumber]

Colin James, Dinah Washington, Jimmy Smith, Les McCann, Lou Rawls

Tahukah anda?[sunting | sunting sumber]

Banyak pertunjukantour blues hanya bagian dari T.O.B.A. Circuit. (Theater Owners Booking Association) organisasi yang mengakomodasi pertujukan kulit hitam.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]