Jay Pritzker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jay Arthur Pritzker (26 Agustus 1922 - 23 Januari 1999) adalah pengusaha Amerika Serikat yang dikenal sebagai pendiri jaringan hotel Hyatt. Lahir di Chicago, Illinois sebagai putra dari Abram Nicholas Pritzker, Jay Pritzker berlatar belakang akademik seorang pengacara.

Marmon Group, perusahan keluarga yang dipimpinnya bergerak di bidang industri kayu. Dari kantor pusatnya di Chicago, Pritzker bersama adiknya, Robert Pritzker menjadikan perusahaan keluarga menjadi konglomerasi dalam berbagai bidang. Jaringan hotel Hyatt dibangunnya pada tahun 1957 bersama adik laki-lakinya, Donald Pritzker. Selain itu, perusahaan penerbangan Braniff Airlines juga dimilikinya dari tahun 1983 hingga 1988.

Sejak tahun 1979, Pritzker dan istrinya Cindy memberikan Penghargaan Arsitektur Pritzker bagi arsitek yang telah memberikan kontribusi bagi kemanusiaan dan lingkungan binaan melalui seni arsitektur[1] Pritzker meninggal dunia akibat serangan jantung pada tanggal 23 Januari 1999.

Di tengah-tengah Millennium Park, Chicago terdapat panggung konser di alam terbuka bernama Paviliun Jay Pritzker. Panggung tersebut dirancang arsitek Frank Gehry yang pernah menerima Penghargaan Pritzker.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Brief History Of The Pritzker Architecture Prize". The Hyatt Foundation. Diakses 14 September.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]