Javanese Court Gamelan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Java: Court Gamelan)
Javanese Court Gamelan
Sampul rilis 1991
Album studio karya Orkes Gamelan Pura Paku Alaman
Dirilis1971
Direkam10 Januari 1971
GenreGamelan, Musik Rakyat, Tradisional
Durasi47:34
LabelNonesuch Explorer Series/Elektra Records
ProduserTeresa Sterne
CompilerRobert E. Brown
Rekaman Gamelan
Robert E. Brown
Bali: Music from the Shadow Play
(1970)String Module Error: Match not found1970
Javanese Court Gamelan
(1971)
Javanese Court Gamelan, Vol. II
1977)String Module Error: Match not foundString Module Error: Match not found
Templat:Extra album cover 2

Javanese Court Gamelan (BI: "Gamelan Keraton Jawa") adalah rekaman permainan orkes gamelan dari Keraton Paku Alaman di Yogyakarta, Jawa, Indonesia. Musik dalam album ini direkam oleh oleh etnomusikologis Robert E. Brown asal Amerika Serikat. Album ini dirilis dalam bentuk CD tanggal 17 April 1991 beserta dengan isi rekaman aslinya. Album ini di-remaster (induk ulang rekaman) dan diterbitkan kembali dengan nama Java: Court Gamelan (BI: "Jawa: Gamelan Keraton") tanggal 28 Januari 2003 dengan sampul foto relief Candi Borobudur.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Gamelan yang dimainkan dalam rekaman ini adalah gamelan pusaka Keraton Paku Alaman, dibuat pada tahun 1755 untuk Paku Alam I. Bagian laras Slendro gamelan bernama Kyai Pengawé Sari ("Kyai Pengundang Keindahan"), yang dapat didengar di jalur lagu ke-1 dan ke-3, sementara bagian laras pelog, bernama Kyai Telaga Muntjar ("Kyai Air Mancur") pada jalur lagu ke-2 dan ke-4.

Rekaman ini dibuat pada 10 Januari 1971, di pendapa (aula resepsi) Pura Paku Alaman, dengan izin dari Paku Alam VIII, untuk disiarkan dalam siaran radio untuk menghormati hari ulang tahunnya. Orkes gamelan ini dipimpin oleh Ki Cokrowasito, Empu Karawitan yang terkenal dan paling terkemuka dari Yogyakarta saat itu. Suara burung pipit yang bersarang di aula tersebut dan suara-suara ambient (suasana) sekitar aula tersebut ikut terekam dalam album ini dan dianggap normal sehingga tidak dihilangkan dari rekaman.

Pengaruh ke kebudayaan manusia[sunting | sunting sumber]

Rekaman lagu Gamelan "Puspawarna" ("Bermacam-macam Bunga") adalah salah satu rekaman yang dimasukkan di dalam misi luar angkasa Voyager Golden Record ("Rekaman Emas Voyager") dari NASA yang diluncurkan ke luar angkasa tahun 1977. Album ini pernah dinominasikan dalam Grammy Award 1972 untuk "Best Ethnic or Traditional Folk Recording" ("Rekaman Musik Etnis atau Musik Rakyat Terbaik").[1]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Ketawang Puspawarna" - 4:46
  2. "Gending Tejanata / Ladrang Sembawa / Ladrang Playon" - 18:28
  3. "Gending Mandulpati / Ladrang Agun-Agun" - 19:40
  4. "Bubaran Hudan Mas" - 2:07

Formasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "1971 14th Grammy Awards". Los Angeles Times. Diakses tanggal 2007-08-21.