Jatim Park

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jatim Park
Jawa Timur Park Group
Slogan"Wisata edukasi keluarga masa kini"
LokasiJl. Kartika No.2, Kota Batu, Malang, Jawa Timur
PemilikPT. Bunga Wangsa Sedjati
Dibuka2001
Musim operasisetiap hari
Luas area22 ha (54 ekar)
Wahana
Total53
Situs webwww.jtp.id

Jatim Park adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Objek wisata ini berada sekitar 20 km barat Kota Malang, dan kini menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Objek wisata ini memiliki 36 wahana, di antaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, dan drop zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian di antaranya adalah Volcano dan Galeri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi. Jatim Park 1 beralamat di Jalan Kartika no. 2, yang berdekatan dengan Klub Bunga

Jatim Park 1 dinobatkan sebagai juara 1 kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional yang dianugerahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, Jumat (27/9/2013), di Jakarta. “Saya tidak menyangka Kota Wisata Batu sedemikian indah. Kita tidak perlu ke Disneyland, Ancol, cukup disini (Batu, Red),” kata Mari Elka Pengestu di Klub Bunga dalam acara Galadinner bersama Muspida Malang Raya, Rabu (2/5/2013).

Jatim Park 2[sunting | sunting sumber]

Lobby depan Museum Satwa, Batu
Patung Lilin Sultan Hasanuddin di dalam area The Legend Star Park, Jawa Timur Park 3

Sedikit berbeda dengan Jatim park 1 yang lebih ditujukan sebagai taman bermain dan hiburan, Jatim Park 2 lebih menunjukan tempat belajar selain tempat bermain. Jatim Park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitatnya. Jawa Timur Park 2 dibangun di wilayah malang Jatim Park 2 terdiri dari Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Pohon Inn Hotel. Harga tiket untuk Jatim Park 2 sendiri berkisar antara Rp 91.000 pada hari Senin-Kamis dan Rp 120.000 pada hari Jumat-Minggu. Jatim Park 2 beralamat di jl. Oro Oro Ombo no.9, yang berdekatan dengan Eco Green Park, Batu Night Spectacular.

Jatim Park 3[sunting | sunting sumber]

Dari wahana sebelumnya yaitu Jatim Park 1 yang menawarkan permainan, pengetahuan hingga hiburan dan Jatim Park 2 dengan kemegahan dari Museum Satwa serta Secret Zoonya, Jatim Park kini menghadirkan wahana menarik buatan berupa replika Dinosaurus.

Jatim Park 3 berada di desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Jatim Park 3 mengusung konsep taman bermain sekaligus edukasi mengenai hewan-hewan purbakala termasuk Dinosaurus di area Dinopark dan area spot foto patung lilin yang lengkap dengan nuansa berbagai negara serta terdapat taman lampu yang luas diarea The Legend Stars serta terdapat 3 lokasi lain yaitu Museum Musik Dunia , Funtech Plaza, dan Milenial Glow Garden. Taman Wisata Jatim Park 3 juga dilengkapi dengan food court di tiap area yang menyajikan aneka masakan tradisional, eropa, jajanan ringan dan minuman segar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]