Jejaring sosial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jaringan Sosial)
Diagram jejaring sosial.

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, gagasan, teman, keturunan, dll. Jejaring sosial lebih mengacu pada situs web yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya orang banyak tanpa dibatasi dan memiliki jalur ikatan seperti keluarga, teman, rekan bisnis dan lain sebagainya.[1]

Analisis jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah pelaku individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antara pelaku tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antara simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa hubungan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai daril semua media hingga nama inisial, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu hubungan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antara simpul yang dikaji. Jejaring tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan akses media sosial langsung pelaku individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jejaring sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Analisis jejaring sosial internasional:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Perbedaan sosial media dan jejaring sosial". facebook.com. Diakses tanggal 2019-11-11.  Teks "languacses" akan diabaikan (bantuan); Teks "editor-last" akan diabaikan (bantuan)