Japto Soerjosoemarno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yapto S.

KRMH (Kanjeng Raden Mas Haryo) Japto Soelistyo Soerjosoemarno, S.H. (lahir di Solo, Jawa Tengah, 16 Desember 1949; umur 64 tahun) adalah tokoh pemuda di Indonesia, dan populer dengan nama Japto saja. Ia lahir dari pasangan Mayor Jenderal (Purn.) Ir. KPH (Kanjeng Pangeran Haryo) Soetarjo Soerjosoemarno, dan Dolly Zegerius. Sang ayah adalah keturunan ningrat dari Mangkunegaran, yaitu cucu dari Mangkunegoro V,yang menamatkan pendidikan topografi dan geodesi-nya di Technische Delft Universiteit,Nederland, sementara sang ibu adalah seorang Belanda keturunan Yahudi yang pernah menjadi atlet nasional Indonesia dari cabang bridge. Japto juga adalah juga adik kandung K.R.Ay (Kanjeng Raden Ayu) Marini Burhan, aktris senior Indonesia.

Organisasi dan Politik[sunting | sunting sumber]

Japto merupakan salah satu tokoh organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila. Boleh dibilang, dialah satu-satunya tokoh utama organisasi tersebut selama hampir 3 dekade terakhir. Menjabat sebagai Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila sejak Musyawarah Besar Pemuda Pancasila III di cibubur tahun 1981, dan terus memimpin Pemuda Pancasila hingga saat ini. Pada Musyawarah Besar Pemuda Pancasila VIII tahun 2009 di Asrama Haji, Pondok Gede, dirinya kembali dikukuhkan menjadi Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila hingga tahun 2014, namun Japto hanya ingin menjabat selama 3 tahun hingga 2012, karena ia merasa sudah sangat cukup lama memimpin organisasi Pemuda Pancasila, dan perlu adanya penyegaran dalam tampuk kepemimpinan Pemuda Pancasila. Selain aktif di Pemuda Pancasila, dia juga aktif di organisasi FKPPI(Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri ABRI). Didunia politik ia juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Patriot.

Di samping bergelut di dunia politik, dia juga adalah seorang tokoh penyayang dan pelestarian binatang WWF. Ironisnya, dia juga mempunyai hobi berburu yang dapat dilihat dari trophy yang diperolehnya dari "Big Game" di Afrika dan serta koleksi binatang-binatang yang dioffset seperti hidup yang menghiasi interior rumahnya di kawasan Ciganjur, Jakarta.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Japto menikah dengan Retno Suciati, dikaruniai tiga anak:

  1. Golda Nayawitri Betha Ridhuhita Kartika, menikah dengan Adityo Rizal Soeharsono
  2. Sahid Abishalom Benninu Nugroho Nayosatwiko Soerjosoemarno
  3. Jedidiah Shenazar Kertidarpito Soerjosoemarnoo

dan saat ini memiliki tiga cucu dari Golda dan Adityo:

  • Azriel Haryo Brotoseno Taryanto Soeharsono (Jakarta,24/04/1998)
  • Gefanya Pringgita Sasmita Fitri Soeharsono (Boston,17/04/2000)
  • Galya Trisulistiani Sakunkaladewi Soeharsono (Jakarta,07/07/2009)