Japan Railways

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo JR

Japan Railways—biasa disingkat JR (JR Jeiāru?)—adalah sekelompok perusahaan yang sejak 1 April 1987 mengambil alih sebagian besar aset dan usaha perusahaan kereta api Jepang Japanese National Railways. JR merupakan operator kereta kecepatan tinggi Shinkansen dan sejumlah besar jasa perkeretaapian antarkota.

Japanese National Railways yang merupakan BUMN terpaksa dipecah karena terlilit utang. Sembilan perusahaan yang dikelompokkan dalam grup Japan Railways masing-masing merupakan perusahaan independen, namun jaringan perkeretaapian masih digunakan bersama oleh seluruh anggota grup. Dari sembilan perusahaan tersebut, tujuh merupakan operator jasa perkeretaapian dan dua lainnya adalah perusahaan riset dan teknologi. Salah satu dari tujuh operator jasa perkeretaapian tersebut merupakan perusahan kargo, sedangkan enam perusahaan sisanya dibagi berdasarkan wilayah yang dilayani.

Tiga perusahaan dalam grup JR—JR East, JR Central, JR West—telah masuk bursa. Perusahaan lainnya masih dimiliki Badan Pembangunan, Transportasi, dan Teknologi Jalur Kereta Api Jepang (JRTT), yang merupakan lembaga independen milik pemerintah.

Daftar perusahaan dalam grup JR[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]