Jangan Sakiti Hatinya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jangan Sakiti Hatinya
SutradaraRachmat Kartolo
ProduserAlbert Tedjo
Ditulis olehRachmat Kartolo
PemeranLydia Kandou
Junaedi Salat
Iis Sugianto
Grace Zahara
Billy Argo
Aminah Cendrakasih
Harry Tasman
W.D. Mochtar
Rita Zahara
Kiki Amelia
Rachmat Kartolo
KM Bey Arri
Rinto Harahap
Rasyid Subadi
Dolf Damora
Penata musikRinto Harahap
SinematograferSutardjo
PenyuntingBenny MS
Tanggal rilis
1980
Durasi119 menit
NegaraIndonesia

Jangan Sakiti Hatinya adalah film Indonesia tahun 1980 dengan disutradarai oleh Rachmat Kartolo dan dibintangi oleh Lydia Kandou dan Junaedi Salat.

Cerita ini diangkat dari lagu "Jangan sakiti hatinya" karya Rinto Harahap.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Benny (Junaedy Salat) tidak rela ibunya diterlantarkan ayahnya sampai meninggal.Ia lari dari rumah, membawa harta ayahnya, karena ia tidak setuju ayahnya kawin lagi. Ia membeli villa di sebuah desa dan berkawan dengan sepasang kakak-adik yang juga lari dari keluarga demi kebebasan dan hidup dari mencuri dan memeras. Iis (Iis Sugianto) dan Lydia (Lyadia Kandou) adalah dua gadis teman sekelas yang baru lulus dari SMA. Iis berhasil jadi penyanyi, sementara Lydia memilih jadi penyanyi klub malam daripada dikawinkan untuk meringankan hutang keluarga.

Benny naksir Lydia, tetapi langkahnya salah. Ia menguntit Lydia yang hendak kawin lari dengan pacarnya, akibatnya pacar Lydia terbunuh dan Lydia menjadi buta. Untuk menebus kesalahannya Benny membantu pengobatan Lydia dan mengawininya, meskipun Lydia memilih tetap buta. Baru setelah yakin akan kebaikan suaminya, Lydia mau diobati matanya. Giliran Benny yang bingung, karena takut ketahuan jati dirinya. Atas saran temannya, Benny menghilang sementara sampai ia ditangkap polisi dan mengakui semua perbuatannya di hadapan Lydia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]