Jan Toorop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jan Toorop
O Grave, Where Is Thy Victory? oleh Jan Toorop (1892)
De Drie Bruiden oleh Jan Toorop (1893)

Johannes Theodorus (juga Jean Theodor) "Jan" Toorop atau Toorup (lahir di Purworejo, Hindia-Belanda, 20 Desember 1858 – meninggal di Den Haag, Belanda, 3 Maret 1928 pada umur 69 tahun) ialah pelukis Belanda yang karyanya melintas batas antara Simbolis dan Art Nouveau.

Toorop lahir dari ayah seorang Indo Eropa-Belanda dan ibu Inggris. Pada tahun 1869 ia dikirim ke Belanda untuk studi.[1] Keluarga ini pindah ke Belanda pada tahun 1872, dan belajar di Delft dan Amsterdam. Pada tahun 1880, ia menjadi mahasiswa di Rijksakademie voor Beeldende Kunsten, Amsterdam. Antara tahun 1882-1886 ia tinggal di Bruxelles, di mana ia bergabung dengan Les XX (Les Vingts), sekelompok seniman yang berpusat sekitar James Ensor. Toorop berkarya dalam sejumlah gaya yang berbeda selama masa itu, seperti realisme, impresionisme, neo-impresionisme, dan pascaimpresionisme.

Setelah menikah dengan seorang wanita Inggris bernama Annie Hall pada tahun 1886, Toorop membagi waktunya antara Den Haag, Inggris, dan Brussel, dan setelah tahun 1890 juga di Katwijk aan Zee, sebuah kota pesisir di Belanda. Selama masa ini ia mengembangkan gaya simbolisnya yang unik dengan garis yang dinamis dan tak terkirakan berdasarkan pada motif Jawa, yang amat bergaya langsing dan berancangan kurvilinear.

Kemudian ia kembali ke gaya Art Nouveau, di mana permainan garis serupa digunakan untuk tujuan dekoratif, tanpa arti simbolik nyata apapun. Pada tahun 1905 ia masuk Katolik dan mulai memproduksi karya keagamaan. Ia juga menciptakan ilustrasi buku, poster, dan desain kaca berwarna.

Sepanjang hidupnya, Toorop juga memproduksi potret berformat sketsa dan sebagai lukisan, yang gayanya berkisar dari amat realistik ke impresionistik.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ van der Veur P.W. 1968. Cultural aspects of the eurasian community in Indonesian colonial society. Indonesia 6:38-53

Pranala luar[sunting | sunting sumber]