Jan Rudolph van Musschenbroek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jan Rudolph van Musschenbroek (3 Februari 1873 – 25 April 1958) adalah pelukis dan ilustrator Belanda.

Kehidupan dan karya[sunting | sunting sumber]

Jan Rudolph Van Musschenbroek adalah putera Samuel Corneille Jean Wilhelm van Musschenbroek, seorang pejabat pemerintahan, dan jkvr. Wilhelmina Henrietta Teding van Berkhout. Ia menempuh pendidikan teknik sipil di politeknik di Delft, namun kemudian membelok ke bidang seni dan melukis di Delft, Den Haag, Wassenaar, dan Rheden. Jan Rudolph Van Musschenbroek terutama menggambar pemandangan kota.

Pada tahun 1910, ia diangkat sebagai komisaris West-Borneo Cultuur Maatschappij. Sebagai teknisi sipil, ia menerima paten atas mesin pengering pada tahun 1918.

Van Musschenbroek menikah pada tanggal 11 September 1908 dengan pelukis Eliza Petronella de Kuyper.[1] Setelah meninggal, Van Musschenbroek dimakamkan di pemakaman Heiderust.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Puterinya Eliza Wilhelmina juga pelukis. Putranya Jan Rudolph de Lorm bekerja di Museum Kotamadya Den Haag dan Rijksmuseum Amsterdam serta menjabat sebagai direktur Singer Museum pada tahun 2009 (sumber: Rijksbureau voor Kunsthistorische Documentatie: Lorm-van Musschenbroek, Eliza de[pranala nonaktif permanen] dan Lorm, Jan Rudolph de[pranala nonaktif permanen])

Sumber[sunting | sunting sumber]