Jan Jacob Karel de Moulin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jan Jacob Karel de Moulin

Jan Jacob Karel de Moulin (13 Desember 1845 – 8 Juli 1896) adalah mayor jenderal, gubernur sipil dan militer Aceh dan Jajahannya. Ia merupakan ksatria dalam Militaire Willems-Orde kelas IV serta Orde Singa Belanda.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

De Moulin diangkat sebagai kadet di Koninklijke Militaire Academie untuk senjata artileri di Hindia Belanda dan pada tanggal 10 Juli 1865 diangkat sebagai letnan dua.

Karier[sunting | sunting sumber]

De Moulin bertolak ke Hindia Belanda pada tahun 1866 dan di sana ditempatkan sebagai instruktur di sekolah militer yang berada di Meester Cornelis (kini Jatinegara, Jakarta Timur). Pada tanggal 24 Oktober 1869 ia diangkat sebagai letnan satu. Dalam pangkat ini, ia turut serta dalam Perang Aceh II dan pada tanggal 10 Maret 1876 naik pangkat sebagai kapiten. Pada tahun 1877 ia kembali ikut dalam ekspedisi militer ke Aceh dan di bulan April 1879, ia mengambil cuti 2 tahun kembali ke Eropa karena masalah kesehatan. Di Den Haag, ia mengikuti kursus studi taktik di sekolah perang divisi II. Pada tanggal 22 April 1882, De Moulin ditempatkan sebagai staf jenderal di Hindia Belanda; di sini ia juga menjadi perwira staf dan kemudian (29 Mei 1883) ia menjadi ketua staf Divisi Militer I di Jawa.

Pada tahun 1886, De Moulin disibukkan dengan manuver Korps XII di Prancis yang setelah itu menteri jajahan mengenalnya ketika bekerja di departemennya. Di sini, De Moulin menulis studinya De infanterie van het Nederlands Indisch Leger (Infanteri Tentara Hindia Belanda; muncul di Militair Blad tahun 1887) dan ditulis sebagai tanggapan terhadap brosur yang ditulis oleh Kol. WA. Coblijn yang muncul saat itu. Ia kembali ke Hindia Belanda pada awal tahun 1889 dan menduduki jabatan komandan artileri di Divisi Militer III di Jawa namun segera dimutasi ke Gubernemen Aceh dan Jajahannya dalam kedudukan itu juga. De Moulin tetap di sana hingga tahun 1891, ketika kembali dimasukkan ke staf jenderal di markas.

Pada tanggal 22 Maret 1892, De Moulin diangkat sebagai letnan kolonel dan pada tanggal 2 September 1894 diangkat sebagai kepala staf jenderal. Setelah Perang Lombok, ia dikirim ke medan tempur sebagai kepala staf oleh Jend. Jacobus Augustinus Vetter. Atas jasanya di Lombok, ia dianugerahi Militaire Willems-Orde Kelas IV (Dekret Kerajaan 9 April 1895, no. 32). Tak lama setelah kembali dari Lombok, De Moulin naik pangkat sebagai MayJend dan pada tanggal 21 Juni 1896 diangkat sebagai Gubernur Sipil dan Militer Aceh dan Jajahannya. Hanya setelah tinggal 4 hari, ia meninggal mendadak.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • 1896. In Memoriam. Jan Jacob Karel de Moulin. Indisch Militair Tijdschrift. Bag. II. Halaman I-V.
  • Köffler GCE. 1940. De Militaire Willemsorde 1815-1940. Den Haag: Algemene Landsdrukkerij.
Didahului oleh:
Jacobus Augustinus Vetter
Gubernur Sipil dan Militer Aceh
1896
Diteruskan oleh:
J.W. Stemfoort