James Edward Keeler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari James Keeler)
Langsung ke: navigasi, cari

James Edward Keeler (10 September 185712 Agustus 1900) adalah seorang astronom Amerika Serikat.

Ia bekerja di observatorium Lick pada tahun 1888, tetapi akhirnya ia ditunjuk sebagai direktur observatorium Allegheny milik Universtias Pittsburgh tahun 1891. Ia kembali ke observatorium Lick sebagai direkturnya tahun 1898, namun meninggal tidak lama setelah tahun 1900. Ia telah menikah tahun 1891 dan meninggalkan 2 anak.

Bersama dengan George Hale ia mendirikan Jurnal Astrofisik, jurnal utama dari astronomi di dunia hari ini.

Ia melakukan pembelajaran spektroskopik atas cincin Saturnus dan membuktikan bahwa cincin itu bukan benda yang rata karena tidak berotasi dengan rata-rata ynag sama, namun, cincin itu mengandung objek individual yang kecil.

Ia memenangkan Medali Henry Draper tahun 1899.

Ia menemukan 2 asteroid, walaupun yang kedua hilang dan baru diketahui sekitar 100 tahun kemudian.

Pada tahun 1880, direktur observatorium Allegheny Samuel Pierpont Langley, membimbing Keeler dan yang lainnya untuk melakukan ekspedisi di puncak Gunung Whitney. Tujuan ekspedisi ini adalah untuk mengetahui bagaimana radiasi matahari diserap oleh atmosfer Bumi, membandungkan hasil di ketinggian yang tinggi dan ketinggian yang rendah.

Sebagai hasil ekspedisi, "Keeler Needle" (14.240 kaki) didekat Gunung Whitney dinamai dengan namanya. Celah Keeler di cincin Saturnus, lubang meteor di Mars dan Bulan dan asteroid 2261 Keeler dinamai dengan namanya untuk menghormatinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]