Jaume II dari Mallorca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Raja James II dari Mallorca
Lambang Raja Mallorca yang hanya digunakan di luar negeri

James II (bahasa Katalan: Jaume) (31 Mei 1243 – 29 Mei 1311) merupakan seorang Raja Mallorca dan Maharaja Montpellier dari tahun 1276 sampai kematiannya. Ia merupakan putra kedua James I dari Aragon dan istrinya Violant, putri Andrew II dari Hongaria. Pada tahun 1279, oleh Perjanjian Perpignan, ia menjadi pengikut Kerajaan Aragon.

Biografi[sunting | sunting sumber]

James menjadi pewaris sebuah kerajaan yang luas dari ayahnya termasuk tiga dari Kepulauan Balearik (Mallorca, Ibiza dan Formentera), provinsi-provinsi Roussillon dan Cerdanya, wilayah Montpellier, wilayah baron Aumelàs, dan wilayah viscount Carladès. Ia juga mendapatkan upeti dari empat kepulauan Balearik, Minorca, yang tetap berada di bawah kendali Muslim di sepanjang hidupnya. Statusnya sebagai seorang pengikut Kerajaan Aragon yang pada saat itu, merupakan bagian dari kerajaan Mahkota Aragon dan di bawah pemerintahan saudaranya, Peter III, yang berselisih dengan pengelolaannya di Kerajaan Mallorca, yang tersebar di atas sejumlah wilayah yang lebih besar daripada Aragon.

Di dalam Perang Salib Aragon, James bersekutu dengan Paus Martinus IV dan raja Philip III dari Perancis (duda saudarinya, Isabella) melawan saudaranya, namun dikalahkan di medan Perang Les Formigues pada tahun 1285. Keponakannya Alfonso III dari Aragon mencaplok Kepulauan Balearik ke Aragon di dalam sebuah penaklukan, namun mereka dikembalikan oleh Perjanjian Anagni pada tahun 1295.

Dengan reversi berikut ini, James berupaya untuk meningkatkan kelangsungan hidup kerajaan atas domestik ke depan. Ia mengabdikan dirinya menjalankan kerajaannya dengan mereformasi urbanisme, membangun kebijakan pertanian, menekankan pertahanan, dan mereformasi ekonomi. Ia menanamkan sebuah kebijakan luas kolonisasi pertanian dengan menciptakan pusat-pusat pedesaan; menaikkan sewa-sewa kerajaan; memetingkan pembuatan konsulat di Afrika Utara dan Kerajaan Granada; yang membuat sebuah sistem keuangan baru untuk kerajaan; membayukan pembuatan industri tekstil; meningkatkan kekuasaan mahkota atas bangsawan dan Gereja; dan memerintahkan pembangunan beberapa istana dan kastil, termasuk istana di Perpignan, Istana Almudaina, Katedral Santa María di Palma de Mallorca, yang sekarang dikenal sebagai La Seu, dan akhirnya, Kastil Bellver. Pembukaan pelaksanaan kriminal melawan Ordo Bait Allah dan tekanan mereka akan memperbolehkan penyitaan gelar-gelar para Ksatria di atas pulau-pulau tersebut.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

James menikahi Esclaramunda dari Foix pada tahun 1275 melalui sebuah perjodohan yang dilakukannya sendiri dan bukan rencana dari ayahnya. Esclaramunda adalah putri Roger IV dari Foix.

Mereka memiliki 6 orang anak termasuk:

Didahului oleh:
James I dari Aragon
Raja Mallorca
1276-1311
Diteruskan oleh:
Sancho I dari Mallorca
Didahului oleh:
James I dari Aragon
Pangeran Montpellier
1276-1311
Diteruskan oleh:
Sancho I dari Mallorca