James Hutton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James Hutton dilukis oleh Abner Lowe

James Hutton (lahir di Edinburgh, Skotlandia, 3 Juni 1726 – meninggal di Edinburgh, Skotlandia, 26 Maret 1797 pada umur 70 tahun) adalah seorang naturalis Skotlandia (geologi). Hutton awalnya cocok di kedokteran dan menjadi dokter dari Universitas Leiden pada tahun 1749. Ia menetap di Edinburgh pada tahun 1768 dan berganti ke penelitian di bidang mineralogi dan gelogi. Hutton melakukan perjalanan riset di Britania Raya.

Pada tahun 1785, ia menulis Theory of the Earth, dengan subjudul an investigation of the laws observable in the composition, dissolution and restoration of land upon the globe, tentang pencarian hukum yang dapat diamati dalam susunan tanah, pemecahan dan penyelesaiannya kembali di bola dunia. Melalui karya itu ia menjelaskan proses dasar seperti kerak bumi dan penentuan jenis gunung serta pembentukannya, di mana dengan cara ini ia mendirikan geologi modern.

Gagasan Hutton pada geologi diklarifikasikan dalam buku karya Charles Lyell, yang dibaca dengan penuh antusias oleh Charles Robert Darwin selama perjalanannya dengan Beagle, dan dari situ Charles Darwin secara independen mengembangkan gagasan seleksi alam untuk menjelaskan Asal-usul Spesies dan memberikannya ke muka publik di saat yang sama.