James Edward Smith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James Edward Smith

Sir James Edward Smith (lahir di Norwich, 2 Desember 1759 – meninggal 17 Maret 1828 pada umur 68 tahun) adalah seorang ahli botani Inggris dan pendiri Linnean Society.

Smith dilahirkan di Norwich pada tahun 1759, putera dari saudagar wol yang kaya. Dia telah menunjukkan minatnya akan dunia natural, sebuah minat yang terlalu dini. Pada permulaan dasawarsa 1780-an dia terdaftar di perkuliahan kedokteran di Universitas Edinburgh, di sana dia belajar kimia di bawah panduan Joseph Black dan sejarah alam di bawah panduan John Walker. Dia kemudian hijrah ke London pada tahun 1783 untuk melanjutkan studinya. Smith adalah kawan dari Sir Joseph Banks yang memberikan semua koleksi buku, manuskrip, dan spesimen sejarawan alam berbahasa Swedia miliknya dan ahli botani Carolus Linnaeus, setelah kematian puteranya Carolus Linnaeus the Younger. Banks menolak menjual, tetapi Smith membeli koleksi itu dengan harga £1.000. Koleksi itu tiba di London pada tahun 1784 dan pada tahun 1786 Smith terpilih sebagai anggota Royal Society.

Antara tahun 1786 dan 1788, Smith melakukan Perjalanan Besar ke Belanda, Perancis, Italia, dan Swiss untuk mengunjungi para ahli botani, galeria gambar, dan herbaria. Dia mendirikan Linnean Society pada tahun 1788, dan menjadi Presiden pertamanya, sebuah jabatan yang ia emban hingga ajal menjemputnya. Dia pulang ke tempat kelahirannya, Norwich, pada tahun 1796, beserta semua koleksi Linnean. Perpustakaan dan koleksi botaninya termasyhur di Eropa dan dikunjungi oleh banyak ahli entomologi dan botani dari berbagai pelosok benua itu. Pada tahun 1792, dia terpilih menjadi anggota internasional Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia.

Smith menghabiskan 30 tahun sisa umurnya dengan menulis buku dan artikel tentang botani. Bukunya termasuk Flora Britannica dan The English Flora (4 jilid, 1824 – 1828). Dia menyumbangkan 3.348 artikel botani ke Rees's Cyclopædia dari tahun 1808 sampai 1819, meneruskan rintisan karya William Wood yang mangkat. Dia menyumbangkan tujuh jilid kepada satu-satunya penerbitan utama botani pada abad ke-18, Flora Graeca, penerbitan dimulakan oleh John Sibthorp. Kolaborasi yang berbuah manis ditemukan pada penjelasan Smith yang diberikan kepada penerbit dan ilustrator, James Sowerby. Pelukisan flora di Inggris sebelumnya hanya ditemukan sebagai perlindungan bagi nilai estetika, tetapi minat terhadap pertamanan dan sejarah alam melihat penerbitan yang berilustrasi, misalnya A Specimen of the Botany of New Holland yang eksotik dan English Botany setebal 36 jilid, berhasil meraih pembaca.[1]

Pada tahun 1797 Smith menerbitkan The Natural History of the Rarer Lepidopterous Insects of Georgia, buku terdini tentang serangga Amerika. Buku itu mencantumkan ilustrasi dan keterangan yang dibikin oleh John Abbot, dengan penjelasan spesies baru oleh Smith yang didasarkan pada hasil lukisan Abbot.[2]

Persahabatan Smith dan William Roscoe menjadi saksi bagi sumbangsih yang diberikannya, sebanyak 5.000 tumbuhan dari tahun 1806 sampai 1817 untuk melengkapi Herbarium Royle. Kejadian inilah yang menjadikan Smith Herbarium dikelola oleh Taman Botani Liverpool.[3] Setelah Smith mangkat, Koleksi Linnean, bersama-sama koleksi Smith sendiri, dibeli oleh Linnean Society seharga £3.150.

Dia menikahi Pleasance Reeve (1773–1877). Istrinya bertahan bersama suaminya selama 49 tahun dan menyunting memoirnya dan berkas surat-menyuratnya. Mereka dikuburkan dalam satu liang di St Margaret's, Lowestoft.[4]

Templat:Botanist

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Icones pictae plantarum rariorum descriptionibus et observationibus illustratae. London, 1790-93
  • Linneaeus, Carl von, Disquisitio de sexu plantarum. (1786) - (Bahasa Inggris) Sebuah disertasi tentang jenis kelamin tumbuhan dialihbahasakan dari tulisan Linnaeus (berbahasa Latin) oleh James Edward Smith. London : Dicetak untuk penulis, dan dijual oleh George Nicol ..., (rincian buku: xv, [1], 62, [2] p. ; 22 cm. (8vo))
  • Botani Inggris: Atau, Gambar-Gambar Tumbuhan Inggris Berwarna, dengan Karakter Esensial mereka, Sinonim, dan Tempat Tumbuhnya, penjelasan diberikan oleh Smith, dikeluarkan sebagai bagian dari karya selama 23 tahun sampai selesai pada tahun 1813. Karya ini diterbitkan dalam wujud 36 jilid dengan 2.592 pelat lukisan tangan berwarna tumbuhan Inggris. Diterbitkan dan diilustriasikan oleh James Sowerby.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walsh, Huber M. (2003). "James Sowerby". Buku langka - Penulis. Missouri Botanical Garden. Diakses 2007-07-26. "Tidak seperti pelukis tumbuhan pada masa itu, yang karyanya bergantung pada restu penyokong yang kaya, dia bekerja secara langsung dengan para ilmuwan."  More than one of |author= and |last= specified (help)
  2. ^ Robert Erickson. "Smith, James Edward". Authors. Botanicus. Diakses 2007-07-25. 
  3. ^ "Botany; Historic herbaria". Situs web Resmi. herbarium Museum Dunia Liverpool. Diakses 2007-07-18. "Sebagai akibat dari persahabatannya dengan William Roscoe, Smith mengirim kira-kira 5.000 spesimen sebagai tukar guling dengan Taman itu, dan berjaya memperkuat cakupan herbarium yang mendunia dan mengikutsertakan ratusan jenis spesimen. [emph.]" 
  4. ^ Ogilvie, Marilyn Bailey; Harvey, Joy Dorothy (2000). Kamus Biografi Perempuan dalam Ilmu Pengetahuan: Kehidupan Perintis dari Zaman Kuno sampai Pertengahan Abad ke-20. Taylor & Francis. ISBN 9780415920407. 
  5. ^ Conklin Lawrence H. (1995). "James Sowerby, his publications and works". Cetak Ulang artikel Conklin. Diakses 2007-07-16. "N.B.: Artikel ini muncul dalam Mineralogical Record, jilid 26, Juli-Agustus, 1995." 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]