James Curtis Hepburn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James Curtis Hepburn

Dr James Curtis Hepburn (lahir di Pennsylvania, 13 Maret 1815 – meninggal di New Jersey, 11 Juni 1911 pada umur 96 tahun) adalah seorang pendeta Gereja Presbyterian dan dokter lulusan Universitas Pennsylvania pencipta alihaksara bahasa Jepang ke dalam abjad Latin yang dikenal sebagai alihaksara Hepburn.

Lahir di Milton, Pennsylvania, Hepburn memasuki sekolah dokter setelah lulus dari Universitas Princeton. Ia memutuskan untuk pergi ke Siam sebagai dokter misionaris. Pada tahun 1841, sesampainya di Singapura dalam perjalanan menuju Siam , tempat tujuan misionaris diubah menjadi ke Cina. Pelabuhan-pelabuhan di China sedang tidak menerima kedatangan orang asing karena Perang Opium. Hepburn dan istri harus tinggal sementara di Singapura dan baru sampai di Amoy pada tahun 1843.

Setelah menjalani tugas misionaris selama 5 tahun, dokter Hepburn kembali ke Amerika Serikat pada tahun 1846 dan membuka praktik dokter di kota New York. Pada tahun 1859, dokter Hepburn pergi ke Jepang dan sampai di Kanagawa sebagai dokter misionaris. Sambil menjalankan praktik dokter, Hepburn mulai tertarik untuk meneliti bahasa Jepang dan menciptakan sistem alihaksara bahasa Jepang ke dalam abjad Latin. Dokter Hepburn berhasil menyusun kamus bahasa Jepang-Inggris yang pertama dengan judul Wa-eigo Rinshūsei. Selain itu, ia juga menerjemahkan seluruh isi alkitab ke dalam bahasa Jepang. Karya-karya lain termasuk sejumlah kamus bahasa Jepang-Inggris di akhir abad ke-19.

Pada tahun 1863, dokter Hepburn mendirikan Akademi Hepburn di Yokohama dengan maksud memajukan pengajaran agama Protestan di Jepang. Akademi Hepburn merupakan cikal bakal Meiji Gakuin yang sekarang bernama Universitas Meiji Gakuin.

Setelah tinggal di Jepang selama 33 tahun, dokter Hepburn pulang ke Amerika Serikat di musim gugur tahun 1892. Pada bulan September 1911, dokter Hepburn wafat di usia 96 tahun di East Orange, New Jersey.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]